Puting Susu Keluar Cairan Bening Lengket? Apa Artinya?

Puting payu*dar* keluar cairan bening lengket (nipple discharge) bisa mengindikasikan gejala breast cancer. Namun, payu*dar* keluar cairan bening lengket tidak selalu berarti itu gejala breast cancer.

Jika Anda tidak sedang hamil, ada beberapa penyebab utama mengapa payu*dar* keluar cairan bening lengket seperti dijelaskan di bawah ini.

Jika itu adalah gejala breast cancer

Nipple discharge atau payu*dar* keluar cairan lebih cenderung menjadi gejala breast cancer jika:

– Anda juga memiliki benjolan payu*dar* atau perubahan pada kulit payu*dar* Anda
– Debit cairan mengandung darah dan hanya berasal dari 1 puting susu
– Anda berusia lebih dari 50

Kunjungi dokter jika Anda khawatir menderita breast cancer, sebaiknya pastikan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat

Jika itu bukan gejala breast cancer

Ada kemungkinan kondisi yang menjadi penyebab keluarnya cairan bening lengket dari payu*dar* Anda, akibat oleh salah satu kondisi berikut:

Papilloma duktus

Jika debitnya mengandung darah dan dari satu payu*dar*, penyebabnya kemungkinan adalah adanya penyakit di saluran papiloma.

Papiloma adalah pertumbuhan seperti bisul yang tidak berbahaya, biasanya sekitar 1 sampai 2 cm, ditemukan di dalam salah satu saluran payu*dar*.

Papilloma biasanya berada tepat di belakang puting susu dan bisa menyebabkan cairan nanah atau darah merembes keluar ke bra.

Meskipun mungkin mengkhawatirkan, yakinlah bahwa papiloma bukan kanker dan sangat tidak mungkin berubah menjadi kanker.

Ektasia duktus

Jika cairan berwarna coklat, hijau atau kekuningan, kemungkinan Anda memiliki penyakit yang tidak berbahaya yang disebut duktus ektasia.

Penyakit saluran ektasia cenderung mempengaruhi wanita menjelang menopause.

Seiring bertambahnya usia, saluran susu di belakang puting akan memendek dan lebih lebar, dan bisa mengeluarkan cairan. Ini adalah perubahan normal yang berhubungan dengan usia dan tidak perlu dikhawatirkan.

Kadang, ada benjolan yang bisa dirasakan di belakang puting susu, itu hanya jaringan parut atau mungkin saluran melebar, dan puting susu kadang menjadi berubah.

Penyakit duktus ektasia tidak berbahaya dan cenderung sembuh sendiri meski tanpa perawatan.Penyakit Ini tidak meningkatkan risiko Anda terkena breast cancer di masa depan.

Abses payu*dar*

Jika cairan bening lengket dan mengandung nanah, penyebabnya mungkin adalah abses payu*dar* atau abses di sekitar puting susu. Kulit di sekitarnya akan berwarna merah, hangat dan bengkak.

Abses payu*dar* sering dikaitkan dengan mastitis, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri payu*dar* dan pembengkakan (radang) dan biasanya menyerang wanita yang sedang menyusui.

Jika Anda pernah ke dokter umum karena mastitis, Anda mungkin sudah diberi antibiotik. Jika diagnosis dikonfirmasi, prosedur sederhana untuk menguras abses mungkin direkomendasikan.

Penyebab lain

Penyebab puting payu*dar* keluar cairan bening lengket lainnya

– hormon berfluktuasi dari pubertas atau menopause
– obat yang menyebabkan peningkatan kadar prolaktin hormon penghasil susu – ini termasuk antidepresan SSRI dan obat penenang
– sejenis tumor otak non-kanker yang disebut prolaktinoma, yang menyebabkan tingkat prolaktin meningkat
– masalah hormon – seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif atau sindrom Cushing
– Penyumbatan saluran susu yang disebut galaktocele – yang biasanya terkait dengan persalinan dan dapat menyebabkan cairan susu atau cairan disertai dengan benjolan.
– sebuah bentuk gejala awal breast cancer yang disebut karsinoma in situ, yang ditemukan di dalam duktus namun belum menyebar.

Puting Susu Keluar Cairan Bening Lengket? Apa Artinya?
5 (100%) 1 vote[s]