Riwayat Hidup Dan Lingkungan Yang Meningkatkan Resiko Ca Mammae

Riwayat Hidup

Obesitas dan menopause

Jika Anda pernah mengalami menopause dan kelebihan berat badan atau obesitas, Anda mungkin lebih berisiko terkena kanker payudara.

Alasannya, hal ini dianggap terkait dengan jumlah estrogen di tubuh Anda, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause menyebabkan lebih banyak estrogen diproduksi.

Riwayat penyakit Hodgkin

Kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita yang sebelumnya telah didiagnosis menderita penyakit Hodgkin. Risiko kanker payudara paling besar terjadi pada wanita yang didiagnosis menderita penyakit Hodgkin saat berusia di bawah 30 tahun.

Peningkatan risiko kanker payudara pada umumnya dianggap sebagai konsekuensi pengobatan dengan radiasi dan / atau kemoterapi untuk penyakit Hodgkin.

Kanker payudara memang terjadi pada wanita yang sebelumnya dirawat karena penyakit Hodgkin, mereka lebih mungkin didiagnosis pada usia lebih muda.

Penyalahgunaan Alkohol

Risiko Anda terkena kanker payudara bisa meningkat dengan penyalahgunaan alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan gaya hidup buruk ini, memiliki tiga kali risiko carcinoma mammae dibandingkan dengan wanita yang tidak minum sama sekali.

Faktor lingkungan

Radiasi

Prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi, seperti sinar X dan pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT), dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Jika Anda memiliki radioterapi ke daerah dada karena suatu kondisi penyakit yang disebut limfoma Hodgkin saat Anda masih kecil, Anda memiliki risiko terkena kanker payudara.

Jika saat ini Anda membutuhkan radioterapi untuk limfoma Hodgkin, diskusikan dengan dokter terkait masalah risiko kanker payudara sebelum perawatan dimulai.

Paparan radiasi pengion tingkat tinggi

Radiasi pengion dosis tinggi, seperti yang dialami beberapa perawatan kanker dan di lingkungan tertentu, dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Paparan asap rokok

Penelitian terbaru meningkatkan kemungkinan bahwa paparan asap tembakau dari lingkungan atau perokok pasif dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada beberapa subkelompok wanita.

Faktor Usia

Berapakah Usia Yang Sering Terkena Kanker Payudara? Risiko terkena kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun yang telah mengalami menopause.

Sekitar 8 dari 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun. Semua wanita berusia 50 sampai 70 tahun harus diskrining untuk kanker payudara setiap tiga tahun sebagai bagian dari Program Skrining Mammogram

Wanita berusia di atas 70 tahun yang memenuhi syarat untuk diskrining bisa menjadwalkannya melalui unit perawat kesehatan di rumah sakit terdekat.