Studi Ilmiah: Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Kanker Payudara

Studi Ilmiah: Khasiat Teh Hijau Untuk Terapi Kanker Payudara

Sebagian besar penelitian mengeksplorasi kaitan antara teh hijau (Camellia sinesis) dan pencegahan kanker karena sifat anti oksidan yang menangkal radikal bebas.

Dibanding teh hijau, daun teh hitam oolong mungkin memiliki lebih sedikit antioksidan karena mengalami fermentasi. Diyakini, Antioksidan tinggi dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel dan mutasi DNA

Jika Anda seorang peminum teh hijau, Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa penelitian tentang sifat melawan kankernya cukup menjanjikan.

Studi tentang teh hijau sebagai obat kanker

Berikut adalah hasil dua ulasan terbaru dari beberapa penelitian:

1. Lima cangkir teh hijau sehari dapat membantu mencegah kekambuhan kanker payudara dan kanker usus, menurut sebuah penelitian di Journal of Cancer Research and Clinical Oncology.
2. Teh hijau dapat mencegah risiko kanker ovarium, prostat dan payudara, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Journal of American College of Nutrition.

Dua tinjauan penelitian menyimpulkan:

– Pertama, wanita Asia Amerika yang minum teh hijau memiliki tingkat rendah risiko kanker payudara
– Kedua, Teh hijau mampu mencegah kekambuhan kanker pada pasien Jepang yang minum setidaknya tiga cangkir teh setiap hari.

Daniel Kellman, Direktur Klinik Naturopathic Medicine di rumah sakit Atlanta, mengatakan bahwa penelitian yang melibatkan orang Asia mungkin memberikan efek langsung dibanding orang Amerika.

Genetika bisa mejadi faktor utama karena orang Asia memiliki tingkat risiko kanker payudara yang lebih rendah, namun tingkat penyakit keputihan dan kanker esofagus mungkin lebih tinggi.

Sejak tahun 2006, lebih dari 50 penelitian membandingkan kelompok yang minum teh hijau dengan yang tidak. Menurut National Cancer Institute, penelitian telah menghubungkan teh hijau dengan menurunnya risiko kanker usus besar, payudara, ovarium, prostat dan paru-paru.

Mekanisme teh hijau sebagai anti kanker

Teh hijau menjadi obat alternatif kanker dapat bertindak dengan dua cara:

1. Mengubah ekspresi genetika:

Teh hijau dapat meningkatkan aktivitas gen supresor tumor p53, menyebabkan opoptosis – kematian sel kanker terprogram.

2. Efek antiangiogenik

Teh hijau dapat mencegah pembentukan pembuluh darah baru yang berhubungan dengan tumor, sehingga mengurangi pengiriman nutrisi ke sel kanker.

Daniel Kellman merekomendasikan untuk penderita kanker payudara memilih teh hijau organik yang bebas pestisida.

Pasien kanker payudara yang memilih teh hijau organik mengalami penurunan enzim hati – peningkatan enzim hati dikaitkan dengan peradangan dan kerusakan sel.

Dosis teh hijau untuk obat kanker payudara

Satu kapsul 275 mg ekstrak teh hijau setara dengan dua cangkir teh. Studi terhadap kelompok besar orang telah menemukan bahwa mereka yang minum 8 – 12 cangkir teh hijau setiap hari mereka memiliki tingkat risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Kontraindikasi

Pasien kanker payudara yang minum teh hijau harus waspada terhadap kemungkinan interaksi dengan obat-obatan, termasuk obat pengencer darah Coumadin; dan obat kemoterapi Velcade.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait