Apa Itu Tes Status HER2?

Apa Itu Tes Status HER2?

Tes status HER2 Kanker Payudara adalah sebuah uji laboratorium untuk mencari jenis protein tertentu yang ditemukan pada beberapa jenis sel kanker dan gen yang menghasilkannya.

HER2 kependekan dari Human Epidermal Growth Factor Receptor 2. HER2 adalah sejenis protein gen yang merupakan reseptor faktor pertumbuhan epidermal manusia. Protein ini adalah reseptor pada sel payudara.

Apa hubungan reseptor HER2 dan kanker payudara?

Reseptor HER2 yang sehat adalah protein yang membantu mengatur bagaimana sel payudara tumbuh, membelah, dan memperbaiki dirinya sendiri secara normal.

Namun, sekitar seperempat dari semua pasien kanker payudara, gen HER2 tampaknya tidak berfungsi dengan baik.

Kesalahan gen HER2 terlalu banyak bereplikasi atau membuat jumlah salinan dirinya yang berlebihan dalam proses yang dikenal sebagai “amplifikasi gen HER2.”

Kemudian, gen tambahan ini menginstruksikan sel untuk membuat terlalu banyak reseptor HER2, yang disebut “over ekpresi protein HER2.” Hasil akhirnya adalah sel kanker yang tumbuh dan membelah tidak terkendali.

Tes HER2 / neu dapat menemukan jumlah replikasi yang terlalu banyak atau jumlah salinan gen yang berlebihan. Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker payudara ganas atau mengalami kanker payudara rekuren, dokter akan merekomendasikan tes ini.

Biasanya, tes HER2 bersamaan dengan tes hormon reseptor. Selama prosedur, sampel jaringan kanker payudara dari biopsi atau tumor dikeluarkan selama mastektomi.

Jenis-jenis tes HER2 kanker payudara dan hasil tes

Ada empat tes untuk HER2 kanker payudara, dan hasilnya dalam laporan patologi Anda, mungkin memerlukan waktu beberapa minggu.

  1. Tes IHC

IHC singkatan dari “ImmunoHistoChemistry.”. Tujuan tes IHC untuk melihat apakah ada kelebihan protein HER2 pada sel kanker.

Hasil 0 atau 1 + menunjukkan tidak ada kelebihan, 2+ adalah batas, dan 3+ berarti sel-selnya bereaksi positif terhadap over ekspresi protein HER2.

Kemudian, tiga tes di bawah ini untuk memeriksa apakah sel mengandung terlalu banyak salinan gen HER2. Tes ini meliputi:

2. Tes FISH ( Fluorescence In Situ Hybridization)

3. Uji SPoT-Light HER2 CISH (Subtraction Probe Technology Chromogenic In Situ Hybridization)

4. Tes Inform HER2 Dual ISH test (Inform Dual In Situ Hybridization)

Hanya ada dua kemungkinan hasil untuk ketiga tes ini:

– Positif, berarti ada amplifikasi gen HER2
– Negatif, berarti jumlah gen HER2 tidak berlebihan.

Dalam laporan patologi, ca mammae dengan overekspresi protein HER2 dan amplifikasi gen HER2 disebut HER2-positif.

Jenis kanker payudara HER2 positif sering tumbuh lebih cepat, menyebar ke daerah lain dengan lebih mudah, dan memiliki kemungkinan kanker metastasis atau kanker payudara rekuren yang lebih tinggi, dibanding HER2-negatif.

Sampel serum darah untuk tes status HER2 kanker payudara

Jika tidak cukup jaringan tumor yang tersedia untuk melakukan tes, sampel darah diambil dari lengan pasien untuk mengumpulkan data patologi.

Tes darah ini disebut tes serum HER2. Pengambilan serum adalah bagian dari awal diagnosis kanker atau untuk memantau keefektifan pengobatan.

Jika awalnya kadar serum HER2 meningkat lebih dari 15ng / mL dan kemudian turun, ini menandakan pengobatan bisa bekerja.

Namun, jika kadar serum tetap tinggi, ini mengindikasikan pengobatan tidak bekerja.

Jika tingkat serum menurun tapi kemudian meningkat lagi, ini adalah tanda bahwa breast cancer bersifat rekuren (kanker berulang, sering berpindah tempat).

Bagikan Pada Temanmu!