Trombositopenia Pada Penderita Kanker Payudara, Pelajari Lebih Lanjut!

Trombositopenia Pada Kanker Payudara

Trombosit berperan membantu penggumpalan darah saat Anda mengalami pendarahan akibat luka atau pembuluh darah pecah. Umumnya, orang memiliki sekitar 150.000 sampai 450.000 trombosit di tubuh mereka. Sumsum tulang belakang meningkatkan produksi trombosit baru untuk menggantikan trombosit usang karena sel-sel ini hanya berumur sekitar 10 hari.

Gejala

Tingkat trombosit rendah yang disebut trombositopenia yang ditandai mudah memar dan sering pendarahan. Perdarahan bisa lebih sulit dihentikan jika Anda mengalami trombositopenia.

Jumlah trombosit sangat rendah juga menyebabkan perdarahan internal serius dan berpotensi mengancam jiwa, ditandai seperti batuk atau muntah darah, mimisan, mulut berdarah, berak darah di tinja, dan kencing berdarah.

Penyebab

Trombositopenia disebabkan beberapa penyakit seperti gangguan sistem kekebalan tubuh atau leukemia. Selain itu, juga disebabkan oleh efek samping pengobatan kanker, seperti kemoterapi (misalnya doksorubisin), terapi hormon tertentu (yaitu toremifene), dan terapi tertarget (yaitu T-DM1, ado-trastuzumab emtansine, atau lapatinib).

Dalam kebanyakan kasus, trombositopenia sebagian besar tidak berbahaya asalkan Anda dan dokter Anda menyadarinya; dan Anda bisa merawat luka dengan benar.

Tips mengatasi trombositopenia

Jika Anda terluka, gunakan kain bersih untuk menekan lokasi pendarahan dan menahan tekanan sampai pendarahan berhenti. Cobalah membuat kain kompres es untuk membantu darah membeku.

Hindari alk0hol dan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau ibuprofen yang memperburuk situasi dengan mengurangi kemampuan trombosit untuk menghentikan perdarahan.

Jika Anda mengalami trombositopenia terkait kanker payudara dan Anda tidak mampu mengubah rencana perawatan, Anda tidak mengetahui cara untuk menghentikannya, cobalah bersikap hati-hati terhadap kemungkinan luka.

Anda bisa membatasi penggunaan benda tajam, memakai sepatu untuk menghindari sandungan, gunakan lotion di area tubuh yang rawan pengeringan dan keretakan, dan bahkan hingga memilih sikat gigi lebih lembut sangat penting untuk mencegah perdarahan di mulut Anda.

Kunjungi dokter

Jika Anda yakin memiliki trombositopenia karena pengobatan kanker payudara, biacarakan pada dokter Anda. Tes darah sederhana atau pemeriksaan fisik akan menentukan apakah Anda menderita trombositopenia atau tidak.

Dokter mungkin akan memodifikasi rencana pengobatan kanker payudara Anda. Sekalipun itu bukan sebuah kemungkinan, masih penting bagi tim perawatan kesehatan untuk mengetahui masalah serius ini.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang risiko pendarahan atau trombositopenia sebelum memulai terapi komplementer yang melibatkan tekanan ekstra pada bagian tubuh tertentu, seperti perawatan chiropractic, akupunktur, atau pijat.

Bagikan Pada Temanmu!