Bagaimana Prosedur USG Kanker Payudara

Apa itu USG kanker payudara? USG kanker payudara adalah pemindaian jaringan menggunakan alat yang mengandung gelombang suara. Gelombang suara diolah oleh komputer menjadi sebuah gambar yang disebut sonogram.

Bila ada situs yang dicurigai sebagai kanker payudara melalui pemeriksaan mammogram rutin, dokter mungkin menyarankan ultrasonografi kanker Payudara.

Dalam pemindai USG, komputer membuat gambar tentang apa yang terjadi di dalam jaringan payudara. Massa berisi cairan berbeda dari massa padat.

USG atau Ultrasound sangat membantu bila benjolan cukup besar agar mudah dirasakan, dan gambar dapat digunakan untuk mengevaluasi kelainan lebih lanjut.

USG kanker payudara bisa memberikan bukti apakah benjolan itu padat, cairan kista, atau kombinasi keduanya. Kista biasanya tidak bersifat kanker, namun benjolan padat bisa jadi pertanda tumor kanker.

Profesional kesehatan menggunakan metode diagnostik untuk melihat ukuran dan lokasi benjolan dengan tepat dan bisa melihat lebih dekat jaringan sekitarnya.

Bagaimana proses menjalani USG kanker Payudara?

Anda tidak perlu melakukan persiapan apapun untuk ultrasound. Namun, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan

– Anda akan diminta memakai gaun rumah sakit
– Anda disuruh berbaring di meja periksa.
– Sejumlah kecil gel warna biru dioleskan ke kulit situs yang akan diperiksa.
– Dokter akan menggerakan probe USG diatas situs periksa.
– Anda mungkin diminta menahan napas sebentar beberapa kali.

Ultrasonografi kanker Payudara bisa memakan waktu sekitar 10-20 menit. Setelah tes, gel akan dihapus dari kulit Anda. Dokter akan memberi tahu hasilnya dan juga memberi informasi apakah memerlukan pengujian lebih lanjut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!