Vit B12 dan Asam Folat Mencegah Kerusakan DNA & Kanker Payudara

Vit B12 dan Asam Folat Mencegah Kerusakan DNA & Kanker Payudara

Vitamin B (Cobalamin) dan asam folat telah terbukti melindungi dari kerusakan DNA sebagai indikator penyebab kanker payudara. Vitamin B12 dikenal sebagai “kofaktor alami,” karena struktur kristalnya berwarna merah tua yang menakjubkan, seperti batu permata rubi.

Vitamin B12 bekerja sama dengan asam folat, merupakan bagian mendasar dari tim konstruksi dan perbaikan DNA. Tanpa itu, kualitas DNA tidak akan pernah lolos uji.

Vit B12 sangat penting untuk menjaga struktur DNA Anda dengan benar dan bebas dari kesalahan yang menyebabkan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat B12 terendah memiliki tingkat risiko kanker payudara tertinggi.

Vitamin B12 mungkin juga sangat dibutuhkan bagi wanita yang sudah memiliki kanker payudara. Di laboratorium, para ilmuwan menemukan bahwa ketika B12 diterapkan langsung ke sel kanker payudara, maka menghentikan replikasi sel kanker.

Vitamin B12 umumnya berasal dari hewan hasil sintesis bakteri, jadi, tidak mengherankan, sumber vitamin B12 terbanyak adalah protein hewani – terutama organ spesifik seperti hati, otak, dan ginjal.

Kerang, tiram, sarden, dan salmon juga memiliki jumlah B12 yang signifikan. Tapi sayangnya, penderita kanker harus membatasi makan daging dan ikan karena tingkat toksin dalam daging akan meningkatkan risiko kanker.

Ini memberi petunjuk untuk Anda untuk mendapatkan vit B12 dengan cara lain; misalnya, vit B12 pada kuning telur ayam kampung atau produk kedelai fermentasi, seperti tempe.

Diet vegetarian adalah penting disarankan karena penelitian menunjukkan bahwa itu adalah diet paling sehat dan terkait dengan penurunan risiko terendah atas kanker payudara.

Karena tingkat vit B12 umumnya dalam jumlah rendah pada makanan nabati, sehingga diet vegetarian sering kekurangan. Oleh karena itu, jika Anda mengikuti diet vegetarian – mungkin  dosis B12 kurang mencukupi sehingga Anda butuh suplemen B12 sekitar 3-30 mikrogram (mcg) sehari. Ini adalah jumlah mencukupi untuk kebutuhan B12 Anda.

Agar mudah diserap ke dalam tubuh, vitamin B12 memerlukan sesuatu yang disebut “faktor intrinsik,” dimana faktor ini secara alami disekresikan oleh sel-sel di perut Anda sendiri.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membuat lebih sedikit faktor intrinsik sehingga tubuh menyerap sedikit B12. Jadi, Anda harus mengkonsumsi lebih banyak B12 untuk memenuhi kebutuhan seperti yang Anda dapatkan saat Anda muda.

Untuk alasan ini, suplemen B12 adalah ide bagus untuk setiap orang yang berusia 50 atau lebih.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti kelainan autoimun yang disebut “anemia pernisiosa,” atau jika Anda pernah menjalani operasi pengangkatan sebagian perut, jumlah faktor intrinsik yang Anda buat akan lebih rendah.

Penyakit gangguan pankreas, gangguan pada usus halus, obat-obatan tertentu, dan berbagai kondisi lain juga dapat mengganggu penyerapan B12.

Atas semua keadaan ini, sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B12, terutama saat musim panas karena secara signifikan menurunkan risiko kanker payudara.

Selama musim panas (kemarau), memakan makanan lezat yang kaya akan asam folat, atau mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin B12, membantu Anda melindungi dari kerusakan DNA yang menjadi pemicu kanker payudara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait