12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik

Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda.

Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang berkembang dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu, sementara bagi orang lain, mungkin gejala datang dan pergi.

Sebuah periode gejala ketika penyakit memburuk dikenal sebagai “relaps”. Dan ketika periode gejala mulai membaik atau hilang dikenal sebagai “remisi”.

Beberapa gejala dan ciri-ciri penyakit multiple sclerosis yang paling umum termasuk:

1. Kelelahan

Merasa lelah adalah salah satu ciri-ciri penyakit MS yang paling umum dan menyulitkan.

Ini sering digambarkan sebagai rasa kelelahan yang luar biasa yang berarti bahwa ini butuh perjuangan dan tenaga untuk melakukan aktivitas yang paling ringan sekalipun.

Kelelahan dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda dan cenderung memburuk menjelang akhir hari, terutama saat cuaca panas, setelah berolahraga, atau saat sakit.

2. Masalah visi

Pada sekitar satu dari empat kasus MS, gejala pertama yang terlihat adalah masalah dengan salah satu mata Anda (neuritis optik). Anda mungkin mengalami ciri-ciri sebagai berikut

– kehilangan penglihatan sementara di salah satu mata yang terkena, biasanya berlangsung berhari-hari sampai berminggu-minggu
– buta warna
– Nyeri mata, yang biasanya lebih parah saat menggerakkan mata
– seperti ada kilatan cahaya saat menggerakkan mata

Masalah lain yang bisa terjadi pada mata meliputi:

– penglihatan ganda
– Gerakan mata yang tidak disengaja, seolah-olah ada benda yang hendak masuk di depan mata

Terkadang, kedua mata Anda mungkin terpengaruh.

3. Sensasi abnormal

Sensasi abnormal bisa menjadi gejala awal Multiple sclerosis yang spesifik, termasuk mati rasa atau kesemutan di berbagai bagian tubuh Anda, seperti lengan, tungkai atau batang tubuh, yang biasanya menyebar beberapa hari.

4. Kejang otot, kekakuan dan kelemahan

Multiple sclerosis dapat menyebabkan otot Anda untuk:

– kejang-kejang dan menyakitkan
– menjadi kaku dan tertahan terhadap gerakan (spastisitas)
– merasa lemah

5. Masalah mobilitas

Multiple sclerosis menyulitkan saat berjalan atau bergerak, terutama jika Anda juga memiliki kelemahan otot dan spastisitas (lihat di atas). Anda mungkin mengalami:

– kecanggungan
– Kesulitan keseimbangan dan koordinasi (ataksia)
– Kaku dan gemetar anggota badan (tremor)
– pusing dan vertigo, seperti ada sesuatu yang berputar di sekitar Anda

6. Rasa sakit

Beberapa orang dengan MS mengalami rasa sakit, yang bisa mengambil dua bentuk:

– Rasa sakit secara langsung

Nyeri neuropatik adalah rasa sakit yang disebabkan oleh MS itu sendiri akibat kerusakan pada sistem saraf; dengan ciri-ciri rasa sakit menusuk di wajah dan berbagai sensasi pada batang tubuh dan anggota badan, termasuk sensasi terbakar, seperti ditusuk, merasa ada yang menekan; kadang jika saat otot kejang akan terasa menyakitkan

– Rasa sakit secara tidak langsung

Nyeri otot – punggung, leher dan nyeri sendi secara tidak langsung dapat disebabkan oleh MS, terutama bagi orang yang memiliki masalah berjalan atau gerakan yang memberi tekanan pada punggung bagian bawah atau pinggulnya.

7. Disfungsi kognitif

Beberapa orang dengan MS memiliki masalah dengan pemikiran, pembelajaran dan perencanaan – yang dikenal sebagai disfungsi kognitif. Ini bisa meliputi:

– Kesulitan mempelajari dan mengingat hal baru
– lamban dalam mengolah binformasi atau multi tasking
– rentang perhatian yang pendek
– masalah dengan pemahaman dan pengolahan informasi visual, seperti membaca peta
– Kesulitan dalam perencanaan dan pemecahan masalah
– Kesulitan dengan penalaran, seperti memahami matematika atau pemecahan teka-teki

Namun, banyak dari masalah tidak spesifik untuk MS dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi lain, termasuk depresi dan kecemasan, atau bahkan beberapa efek pengobatan.

8. Masalah kesehatan mental

Banyak orang dengan Multiple sclerosis mengalami masa depresi. Tidak jelas apakah ini langsung disebabkan oleh MS, atau karena stres karena harus hidup dengan kondisi penyakit jangka panjang, atau keduanya.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penderita MS dapat mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan parah, tiba-tiba menangis, tertawa atau berteriak marah tanpa alasan yang jelas.

9. Disfungsi seksual

Multiple sclerosis bisa berpengaruh pada fungsi se*ksual. Pria dengan MS sering mendapat disfungsi ereksi. Bagi wanita, masalah meliputi kesulitan mencapai org4sme, serta terjadi penurunan pelumas pada v4gina mereka.

Baik pria maupun wanita dengan Multiple sclerosis, rasa ketertarikan pada lain jenis menurun. Hal ini bisa langsung berhubungan dengan penyakit, atau bisa juga akibat depresi dalam hidup dengan kondisinya.

10. Masalah kandung kemih

Masalah kandung kemih bagian dari ciri-ciri penyakit Multiple sclerosis, termasuk:

– Beser, atau anyang-ayangen, buang air kecil lebih sering
– Tiba-tiba kebelet untuk buang air kecil, yang bisa menyebabkan ngompol (buang air kecil secara tidak sengaja) disebut incontinence urgensi
– Kandung kemih tidak bisa mengosongkan sepenuhnya
– Sering bangun malam hari untuk buang air kecil
– sering mangalami infeksi saluran kemih

11. Gangguan usus dan sembelit

Banyak orang dengan Multiple sclerosis juga memiliki masalah dengan fungsi usus mereka. Anda mungkin juga sulit buang air besar

Inkontinensia usus kurang umum, namun sering dikaitkan dengan konstipasi. Jika tinja menempel, bisa mengiritasi dinding usus, menyebabkannya produksi banyak cairan dan lendir yang bisa bocor keluar dari tubuh bagian bawah.

12. Disfagia dan disartria

Disfagia dan dysarthria adalah ciri-ciri penyakit Multiple sclerosis yang spesifik. Disfagia adalah kesulitan menelan dan mengunyah makanan, sedangkan dysarthria adalah kesulitan berbicara atau komunikasi.

Beberapa penderita Multiple sclerosis mengalami disfagia ketika menelan makanan atau cairan tertentu, sementara penderita lainnya bahkan tidak bisa menelan sama sekali.

Penderita Multiple sclerosis yang mengalami dysarthria, bicaranya sulit dimengerti. Dalam beberapa kasus, mereka mengalami cadel, ucapan gagap, mengeluarkan kata-kata tunggal yang sama sekali tidak bisa dimengerti.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!