Virus Dengue – Demam Berdarah

Virus Dengue – Demam Berdarah

Dengue adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti (untuk tingkat umum) dan Aedes albopictus (untuk tingkat lebih rendah).

Menurut WHO; Ke dua Nyamuk ini juga menularkan chikungunya, demam kuning dan infeksi virus Zika. Demam berdarah meluas di seluruh daerah tropis, dengan variasi risiko lokal dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, dan percepatan urbanisasi tidak terencana.

DBD adalah demam berdarah parah (juga dikenal sebagai Demam Berdarah Dengue) pertama kali dikenal pada 1950-an, semasa epidemi dengue di Filipina dan Thailand. Saat ini, demam berdarah parah mempengaruhi sebagian besar negara-negara Asia (termasuk Indonesia) dan Amerika Latin.

4 Jenis virus dengue

Menurut WHO; Ada 4 serotipe berbeda, tetapi terkait erat, dari virus yang menyebabkan demam berdarah, yaitu tipe DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Pemulihan dari infeksi oleh seseorang memberikan kekebalan seumur hidup terhadap serotipe tertentu.

Namun, kekebalan silang terhadap serotipe lain setelah pemulihan hanya sebagian dan sementara. Infeksi berikutnya oleh serotipe lain meningkatkan risiko terkena demam berdarah dengue.

Penularan Virus Dengue

Nyamuk Aedes aegypti

Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor utama demam berdarah. Virus ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Setelah inkubasi virus selama 4-10 hari, nyamuk yang terinfeksi mampu menularkan virus selama sisa hidupnya.

Penularan infeksi dengan gejala (simptomatik) atau tanpa gejala (asimptomatik) dari yang terinfeksi adalah pembawa utama virus, sebagai sumber virus bagi nyamuk yang tidak terinfeksi. Pasien yang sudah terinfeksi virus dengue dapat menularkan infeksi (selama 4-5 hari; maksimum 12) melalui nyamuk Aedes setelah gejala pertama mereka muncul.

Ae. aegypti adalah nyamuk yang mencari makan siang hari; periode puncaknya adalah awal pagi dan sore hari sebelum senja. Ae aegypti betina menggigit banyak orang setiap periode menyusui. Nyamuk Aedes aegypti hidup di habitat perkotaan dan berkembang biak sebagian besar dalam wadah sisa sampah.

Nyamuk Aedes albopictus

Aedes albopictus, vektor demam berdarah sekunder di Asia, telah menyebar ke Amerika Utara dan lebih dari 25 negara di Wilayah Eropa, sebagian besar disebabkan oleh perdagangan internasional ban bekas (habitat penangkaran) dan barang-barang lainnya (mis. perdagangan Bambu lucky).

Ae. albopictus sangat adaptif dan, karenanya, dapat bertahan hidup di daerah beriklim dingin Eropa. Penyebarannya disebabkan oleh toleransinya terhadap suhu di bawah titik beku, hibernasi, dan kemampuan berteduh di habitat mikro.

Kesimpulan

Dengue adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk.

Infeksi virus dengue menyebabkan penyakit seperti demam dan flu, terkadang berkembang menjadi komplikasi berbahaya yang berpotensi mematikan yang disebut Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam berdarah ditemukan di daerah beriklim tropis dan sub tropis di seluruh dunia, sebagian besar di daerah perkotaan dan semi-perkotaan.

Demem berdarah dengue adalah penyebab utama penyakit serius dan kematian pada anak-anak di beberapa negara Asia (termasuk Indonesia) dan Amerika Latin.

Tidak ada pengobatan khusus untuk demam berdarah / dengue berat, tetapi deteksi dini dan perawatan medis cepat darurat tepat bisa menurunkan angka kematian di bawah 1%.

Pencegahan dan pengendalian demam berdarah tergantung pada tindakan pengendalian vektor yang efektif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Hati-Hati! Nyamuk Demam Berdarah Intai Anda Saat Tidur Siang! Artikel ini mungkin menjadi artikel ke sekian yang membahas tentang penyakit demam berdarah. Tetapi, berhubung saat ini penyakit demam berdarah mulai lagi mewabah,terutama akibat perubahan cuaca dan memasuki musim hujan, maka artikel […]
  • Demam Chikungunya Nama penyakit Demam Chikungunya tentu bukan hal asing lagi terutama bagi warga Indonesia sendiri. penyakit ini merupakan virus yang dibawah oleh jenis nyamuk Aedes Sp. baik jenis Aegypti maupun Albopictus. Fungsi dari […]
  • Pelajari! Gejala DBD Pada Anak Dan Balita, Dan Tips Pertolongan Pertama Hampir 20% dari semua pasien demam berdarah adalah anak-anak, balita dan bayi. Demam berdarah jarang terjadi pada bayi baru lahir, tetapi ibu terinfeksi virus dengue cenderung menularkan ke bayi nya selama persalinan. Demam berdarah […]
  • Gejala DBD Dan Pertolongan Pertama Menurut WHO Demam berdarah adalah penyakit demam ditandai gejala mirip flu yang menyerang bayi, anak kecil dan orang dewasa, tetapi jarang menyebabkan kematian. Demam berdarah parah adalah komplikasi yang berpotensi merenggut jiwa penderitanya […]
  • Inilah Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda Temulawak memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza, tanaman dengan banyak manfaat ini tumbuh subur di iklim Indonesia yang merupakan tanah kelahiran dari tanaman tersebut. Ya indonesia khususnya pulau jawa adalah asal dari tanaman […]