Gejala DBD Dan Pertolongan Pertama Menurut WHO

Demam berdarah adalah penyakit demam ditandai gejala mirip flu yang menyerang bayi, anak kecil dan orang dewasa, tetapi jarang menyebabkan kematian.

Demam berdarah parah adalah komplikasi yang berpotensi merenggut jiwa penderitanya karena kebocoran plasma, akumulasi cairan, gangguan pernapasan, perdarahan hebat, atau kerusakan organ.

Gejala Awal

Menurut WHO, gejala awal demam dengue ditandai ketika orang mengalami demam tinggi (40 ° C / 104 ° F) disertai dengan gejala-gejala berikut: sakit kepala parah, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan persendian, mual, muntah, kelenjar bengkak atau ruam. Gejala biasanya berlangsung selama 2-7 hari, setelah masa inkubasi 4-10 hari setelah gigitan nyamuk terinfeksi.

Gejala parah

Tanda-tanda peringatan dari demam berdarah parah terjadi 3–7 hari setelah gejala pertama bersamaan dengan penurunan suhu (di bawah 38 ° C / 100 ° F) ditandai: sakit perut parah, muntah terus-menerus, pernapasan cepat, gusi berdarah, kelelahan, gelisah, dan muntah darah.

Pada 24-48 kemudian adalah tahap kritis yang bisa mematikan sehingga butuh perawatan medis yang cepat dan tepat untuk menghindari komplikasi dan risiko kematian.

Pertolongan pertama

• Beri banyak cairan. Penderita diberi banyak minuman sebagai tindak lanjut pemeliharaan volume cairan tubuh pasien untuk pertolongan pertama dari demam berdarah parah.
  • Pengobatan. Belum ada pengobatan spesifik untuk demam berdarah.
  • Bawa ke dokter spesialis. Untuk demam berdarah yang parah, perawatan medis oleh dokter dan perawat berpengalaman, dapat menyelamatkan nyawa – menurunkan angka kematian dari lebih dari 20% menjadi kurang dari 1%.
  • Imunisasi. Vaksin demam berdarah pertama, Dengvaxia® (CYD-TDV) yang dikembangkan oleh Sanofi Pasteur dilisensikan pada bulan Desember 2015 dan sekarang telah disetujui oleh otoritas pengawas di 20 negara untuk digunakan di daerah endemis demam berdarah pada orang yang berusia mulai 9-45 tahun.

Pada bulan April 2016, WHO mengeluarkan rekomendasi bersyarat tentang penggunaan vaksin untuk daerah endemik demam berdarah sebagaimana didefinisikan oleh seroprevalensi 70% atau lebih.