Jika sebelumnya telah dibahas bagaimana cara untuk cepat menaikan trombosit, saat gigitan nyamuk aides aigepti menyerang Anda, saat ini akan dibahas bagaimana cara praktis untuk menghindari gigitan nyamuk, untuk mencegah dari penularan penyakit yang berbahaya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali dijual anti nyamuk, dalam bentuk krim, spray atau cairan. Hampir semua anti nyamuk tersebut menggunakan bahan kimia DEET, yang memiliki efek samping jika digunakan secara rutin dalam jangka waktu lama. Untuk mengatasinya, sebenrnya ada beberapa cara menghindari gigitan nyamuk yang terbilang aman.

Pilih Minyak Lemon Eucaliptus Yang Mengandung Cineolo

Menurut beberapa orang ahli kesehatan, minyak lemon dapat membantu sseorang untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain sehat, minyak lemon juga tidak mengandung DEET.

Dalam minyak lemon eucaliptus, terkandung zat cineolo, yang merupakan zat yang memiliki sifat terapi aktif, termasuk digunakan untuk menghindari gigitan nyamuk. Dalam sebuah lemon eucaliptus, terdapat 70% kandungan cineolo. Karena minyak lemon ini terbilan sangat efektif dibanding minyak terapi alami lain, untuk membantu menghinddari gigitan nyamuk.

Hindari Parfum Beraroma Bunga

Menurut beberapa peneliti, nyamuk sangat suka sekali dengan harum bunga. Nyamuk sangat menyukai kandungan nectar yang terdapat dalam bunga. Karenanya ketika seseorang menggunakan parfum bunga, terutama bunga mawar, maka akan meningkatkan kecenderungan nyamuk datang kepada Anda.

Ada baiknya, di musim nyamuk demam berdarah saat ini, Anda mengganti wangi parfum Anda, dengan keharuman selain harum bunga.

Hindari Pakaian Berwarna Hitam dan Gelap

Memakai baju berwarna hitam sebaiknya Anda hindari. Nyamuk akan mengira warna gelap tersebut sebagai tempat mereka berkumpul. Menggunakan warna terang atau warna putih akan membantu Anda untuk menghindari datangnya nyamuk kepada Anda.

Minyak Kayu Putih Aman Untuk Anak

Jika Anda memiliki bayi atau anak-anak yang juga membutuhkan perlindungan dari nyamuk, minyak kayu putih bisa membantu Anda untuk menghindari gigitan nyamuk di kulit  halus mereka.

Beberapa orang juga terbiasa menanam tanaman minyak kayu putih, sebagai cara yang berbeda untuk menangkal nyamuk, sehingga bukan hanya bisa menghindari gigitan nyamuk, tetapi juga bisa mengusir nyamuk dari rumah.

Kelambu Membantu Menghidari Gigitan Nyamuk

Walaupun terlihat tidak lagi zaman, kelambu masih terbilang efektif untuk menghindari gigitan nyamu. Selain aman dan tanpa bahan kimia, kelambu juga terbilang praktis. Aanda cukup membeli sekali, dan bisa Anda gunakan kapan saja Anda mau.

Saat ini banyak jenis kelambu yang dijual di pasaran, dengan bentuk yang menarik dan praktis saat penggunaannya. Mungkin Anda bisa mencoba sesekali waktu.

Nah, itulah beberapa cara efektif untuk menghindari gigitan nyamuk. Namun, yang lebih penting dari semuanya adalah, lakukan kegaiatan 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur. Tiga kegiatan ini bukan hanya membantu mengindari gigitan nyamuk, namun juga berfungsi untuk memutus perkembang biakan nyamuk.

154
RSS255
Follow by Email208
Facebook258
Twitter579
Pinterest423
LinkedIn268
Share
Instagram202

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.