2 Infeksi Bakteri Yg Sering Memicu Penyakit Ginjal Pada Anak Kecil

Banyak orang tua kurang mengetahuinya bahwa infeksi umum pada masa kanak-kanak bisa menyebabkan penyakit ginjal dan gagal ginjal. Dua infeksi bakteri masa kecil yang harus diperhatikan adalah

1. Infeksi bakteri Streptococcus, penyebab radang tenggorokan dan impetigo (infeksi kulit)
2. Infeksi nakteri E. Coli, penyebab infeksi saluran kemih.

Kondisi ini perlu segera diperhatikan dan harus diobati dengan antibiotik untuk mencegah masalah jangka panjang. Infeksi bakteri tidak bisa hilang dengan sendirinya, tidak sebagaimana cara hilangnya virus.

Hubungan infeksi radang tenggorokan dan penyakit ginjal

Hubungan antara infeksi bakteri Streptococcus dan penyakit ginjal adalah bahwa setelah anak Anda terkena infeksi tenggorokan atau infeksi kulit (impetigo), anak-anak dapat mengembangkan penyakit glomerulonefritis post streptococcal (PSGN), sering terjadi pada anak kecil usia 6 – 10 tahun

Bakteri strep melakukan perjalanan ke ginjal dan membuat peradangan di unit penyaringan ginjal (glomeruli), menyebabkan ginjal kurang mampu menyaring urin. Untungnya, insiden penyakit PSGN jarang terjadi saat ini karena antibiotik.

PSGN dapat berkembang 1 – 2 minggu setelah infeksi tenggorokan yang tidak diobati, atau 3 – 4 minggu setelah infeksi kulit impetigo yang tidak diobati. Jika Anak Anda mengalami radang tenggorokan, segera hubungi dokter Anak untuk memulai antibiotik.

Hubungan infeksi saluran kemih dan penyakit ginjal

Infeksi saluran kemih (ISK) juga harus ditindaklanjuti dan ditangani segera. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri E. coli. Semua anak bisa terkena ISK, lebih sering terjadi pada anak perempuan; dan anak laki-laki berusia kurang dari enam bulan yang belum disunat.

Sebagian besar ISK tidak serius, namun beberapa dapat menyebabkan jaringan parut/bekas luka di ginjal, mengakibatkan penyakit ginjal jika tidak diobati dengan segera.

Beberapa tipe ISK bisa terjadi mendadak dapat mengancam nyawa anak-anak, terutama jika bakteri masuk ke aliran darah. Sangat berbahaya jika Anda memberi antibiotik yang salah.

Sangat penting, kunjungi dokter. Dokter lebih dulu memeriksa jenis bakteri penyebab ISK dan memilih antibiotik mana yang akan efektif untuk bakteri.

Anak kecil yang menderita infeksi saluran kemih, diperlukan banyak tes untuk memastikan bahwa infeksi tersebut tidak disebabkan oleh reflux urine atau penyumbatan saluran kemih.

Reflux urine terjadi ketika urin yang dikeluarkan dari kandung kemih masuk kembali ke dalam ginjal. Situasi ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen jika tidak ditangani dengan segera.