Acanthosis Nigricans (Akantosis Nigrikans)

Pengertian Akantosis nigrikans

Pengertian Acanthosis nigricans (dibaca: Akantosis Nigrikans) adalah istilah medis untuk mengambarkan bentuk pat kulit yang kusam, menebal, keriput, kebiruan seperti beludru, biasanya berkembang di lipatan kulit seperti ketiak, selangkangan dan leher.

Akantosis Nigrikans ini bukan kondisi penyakit tersendiri, tapi bisa menjadi pertanda ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Kondisi mendasar ini biasanya tidak serius, meski terkadang acanthosis nigricans bisa jadi tanda kanker.

Ciri-ciri dan gejala Akantosis Nigrikans

Jika Anda memiliki acanthosis nigricans, Anda akan memiliki kulit tebal, berwarna abu-abu atau kehitaman. Pat kulit akan kering dan kasar, terasa seperti beludru, kadang gatal, seperti gambar di bawah ini

Pengertian Akantosis nigrikans
Akantosis nigrikans

Pat kulit ini bisa terjadi dimana saja, tapi biasanya terlihat di sekitar leher, di ketiak, di sekitar pangkal paha dan terkadang di lipatan kulit lainnya. Kadang-kadang, pat kulit di atas sendi jari tangan dan jari kaki mungkin terpengaruh, begitu pula bibir, telapak tangan dan telapak kaki.

Bentuk pat kulit Akantosis Nigrikans biasanya berkembang perlahan seiring berjalannya waktu yang tumbuh dan menyebar dengan cepat lebih cenderung dikaitkan dengan kanker. Dalam kasus ini, mulut, lidah, hidung dan tenggorokan mungkin juga akan terpengaruh.

Apa penyebab acanthosis nigricans?

Akantosis Nigrikans kadang terjadi pada orang-orang yang berada dalam kesehatan yang baik, terutama orang berkulit gelap keturunan Afrika.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ini adalah pertanda masalah atau kondisi mendasar seperti obesitas, diabetes atau kadar hormon abnormal.

Beberapa penyebab utama acanthosis nigricans diuraikan di bawah ini.

1. Kegemukan

Akanthosis nigricans biasanya merupakan akibat dari obesitas. Ini dikenal sebagai obesitas terkait acanthosis nigricans (obesity-associated acanthosis nigricans)

Obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin (bila tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan benar), yang dapat menyebabkan tingginya kadar insulin dalam darah, yang mempengaruhi sel kulit.

Resistensi insulin juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2, jadi acanthosis nigricans bisa menjadi tanda awal bahwa Anda menderita atau berisiko mengembangkan diabetes.

2. Sindrom hormon

Acanthosis nigricans kadang dikaitkan dengan sindroma atau masalah hormon yang disebut acanthosis nigricans sindromik, seperti:

a) Sindrom ovarium polikistik – suatu kondisi yang mempengaruhi bagaimana kerja ovarium wanita, menyebabkan rambut tubuh berlebihan, haid tidak teratur, ketidaksuburan, jerawat dan penambahan berat badan.
b) Sindrom Cushing – penambahan berat badan, memar dan stretch mark yang disebabkan oleh tingginya kadar hormon kortisol di tubuh.
c) akromegali – di mana tubuh memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak, yang menyebabkan kelebihan pertumbuhan jaringan tubuh tertentu dari waktu ke waktu
d) Tiroid pasif (hipotiroidisme) – dimana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon, menyebabkan gejala seperti kelelahan dan penambahan berat badan.

3. Induksi Obat

Acanthosis nigricans kadang dipicu oleh obat-obatan, termasuk insulin, kortikosteroid, dan perawatan hormon seperti hormon pertumbuhan manusia atau pil kontrasepsi, yang dikenal sebagai Acanthosis nigricans terinduksi obat

4. Gen

Dalam kasus yang jarang terjadi, acanthosis nigricans dapat disebabkan oleh kesalahan gen yang diwarisi langsung dari orang tua, kondisi ini dikenal sebagai kanker jinak akanthosis nigricans (benign genetic acanthosis nigricans)

5. Jenis Kanker tertentu

Jika bercak kulit gelap terangkat dengan tiba-tiba dan menyebar dengan cepat, itu mungkin pertanda Anda terkena kanker (biasanya kanker perut), disebut sebagai kanker ganas akantosis nigricans.

Kanker ganas akantosis nigricans adalah kondisi langka yang cenderung mempengaruhi orang paruh baya atau lanjut usia, terlepas dari berat badan, atau latar belakang etnis.

Ciri-ciri akantosis nigricans akibat kanker adalah pat kulit lebih parah, biasanya muncul di mulut, lidah dan bibir. Kulit bisa menjadi sangat gatal.

Kapan memeriksakan ke dokter?

Acanthosis nigricans biasanya tidak berbahaya, tapi karena ini bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang serius, ada baiknya Anda menemui dokter.

Jika penyebabnya tidak jelas, Anda mungkin menjalani tes darah untuk memeriksa kadar gula darah atau hormon Anda, dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti endoskopi atau sinar-X.

Pengobatan dan pencegahan

Pengobatan acanthosis nigricans didasarkan dengan memperbaiki penyebab. Perawatan yang direkomendasikan meliputi:

– Menurunkan berat badan, membuat perubahan pada diet Anda dan minum obat untuk mengurangi tingkat insulin dalam darah Anda
– Minum obat untuk memperbaiki kadar hormon Anda, termasuk obat sindrom Cushing, obat sindrom ovarium polikistik dan obat hipotiroid.
– Jika penyebabnya adalah kanker, pengobatan umum biasanya operasi, kemoterapi, atau radioterapi.

Tidak ada perawatan khusus untuk acanthosis nigricans, namun dokter kulit (spesialis kulit) mungkin dapat merekomendasikan perawatan seperti krim atau tablet yang dapat membantu memperbaiki tampilan kulit Anda.

Prognosis – masa depan

Sebagian besar kasus acanthosis nigricans tidak berbahaya dan bukan pertanda sesuatu yang serius. Pat kulit sering memudar seiring berjalannya waktu jika penyebab yang mendasarinya telah diobati.

Hanya dalam kasus tertentu, seperti kanker adalah situasi yang sangat serius. Jika tumor berhasil diobati, tampilan kulit bisa hilang, namun sayang jenis kanker acanthosis nigricans cenderung menyebar dengan cepat dan penyembuhan seringkali kurang berhasil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Actinic Keratoses Pengertian Actinic keratoses (dibaca: Keratosis aktinik, juga dikenal sebagai solar keratosis, atau keratosis matahari) adalah kulit kasar yang disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Biasanya, […]
  • Dermatitis Varikosa Dermatitis atau eksim varikosa adalah penyakit kulit dermatitis jangka panjang yang mempengaruhi kaki bagian bawah, sering terjadi pada orang dengan varises. Dermatitis varicose (dibaca:varikosa) juga dikenal sebagai venous, salah satu […]
  • Dermatitis Numular – Eksim Diskoid Apa itu penyakit kulit eksim nummular? Eksim nummular, juga dikenal sebagai eksim diskoid atau dermatitis numular. Kata "nummular" berasal dari kata Latin yang berarti koin, karena bintik-bintik yang muncul seperti koin di […]
  • Eksim Neurodermatitis Apa itu neurodermatitis (lichen simpleks chronicus)? Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis adalah salah satu bentuk eksim yang dimulai gatal-gatal, kulit bersisik dan menebal yang biasanya muncul di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, […]
  • Penyakit Eksim Dermatitis Seboroik Pada Orang Tua, Anak Kecil & Bayi Penyakit kulit dermatitis seboroik adalah bentuk eksim kronis yang ditandai peradangan menyebabkan kulit bersisik kekuningan, berminyak; dan terbentuk ketombe di kulit kepala dan wajah, sepanjang garis rambut, di sekitar telinga, dan […]