Albinisme – Albino

albinisme

Albinisme adalah salah satu penyakit keturunan yang memang jarang ditemukan dimana tubuh tersebut tidak bisa membentuk melanin. Orang yang menderita penyakit ini  mengalami kekurangan dan bahkan sama sekali tidak memiliki pigmen di dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, seluruh tubuhnya bewarna putih pucat dan memang terlihat sangat pucat. Kondisi inilah yang dapat menjadikan rambut, kulit serta mata penderita bewarna putih pucat.  Orang yang menderita masalah ini disebut dengan albino.

Banyak orang menyebutnya albino jika ada orang yang menjangkit penyakit seperti ini. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Walaupun albinisme tidak dapat disembuhkan secara keseluruhan dan bahkan seumur hidup, namun kondisi seperti ini tidak akan mencegah penderitanya untuk menjalani aktifitas sehari-hari secara normal seperti halnya orang pada umumnya.

Gejala Albinisme

Penderita albinisme cenderung memiliki warna kulit yang pucat dan berambut pirang, namun ada juga penderita penyakit ini yang memiliki rambut yang bewarna coklat. Semua itu tergantung dari tingkat melanin yang dihasilkan oleh tubuh karena warna kulit seta rambut yang mengalami penyakit ini tidak sama.

Kulit penderita albinisme sangat mudah sekali terbakar jika terkena panas matahari secara langsung, hal ini dikarenakan orang yang menderita penyakit ini termasuk orang yang kekurangan pigmen melanin. Nah harus lebih diwaspadai bagi orang yang menderita penyakit ini karena dengan adanya terik panas matahari tidak boleh diremehkan kehadiranya karena hal tersebut dapat mengarah pada komplikasi yang lebih serius yaitu kanker kulit. Jika di luar panas sedang terik, sebaiknya di dalam rumah saja.

Kekurangan melanin pada area mata dapat mengubah warna iris mata yaitu berubah menjadi warna abu-abu atau biru pucat. Bukan hanya itu, abinisme juga bisa menyebabkan pandangan mata menjadi terganggu dan juga sensitif terhadap cahaya. Adapun beberapa contoh kondisi mata yang dapat muncul akibat penyakit albinisme adalah mata silindris, rabun jauh, rabun dekat, dan nistagmus (gerakan ritmik tanpa kontrol) dari sisi ke sisi.

Jika pada usia balita, gangguan penglihatan ini bisa berpengaruh pada kemampuan bayi dalam mempelajari gerakan. Seperti contoh pada saat merangkak atau mengambil suatu objek. Rata-rata anak-anak yang menderita albinisme ini akan terlihat kabur pada penglihatanya.

Penyebab Albinisme

Penyakit ini disebabkan oleh adanya perubahan pada salah satu gen dan gen tersebut yang membantu memproduksi melanin oleh sel-sel melanocytes yang ada di dalam kulit dan mata. Jika gen ini berubah maka secara otomatis produksi melanin akan menjadi terganggu yaitu berkurang secara drastis atau bahkan tidak sama sekali. Pada dasarnya ada dua jenis albinisme yang paling utama yaitu albinisme okular dan okulokutaneus.

Jenis albinisme okular ini merupakan suatu kondisi yang lebih berdampak pada penglihatan daripada pada perubahan warna kulit dan warna rambut. Sehingga penderita gangguan okular hanya mengalami gangguan pada penglihatan saja. Orang yang mengalami penyakit jenis ini secara penampilan, warna rambut, warna kulit dan juga mata sama halnya seperti orang-orang normal pada umumnya tapi ada sedikit yang terlihat lebih pucat. Penyakit albinisme okular ini dikarenakan oleh mutasi gen pada kromoson-X. Rata-rata penderita penyakit jenis ini adalah laki-laki.

Sedangkan penyakit albinisme okulokutaneus adalah jenis albino yang paling umum terjadi. Nah kondisi penyakit jenis ini yang berdampak pada perubahan rambut, kulit dan mata. Albinisme okulokutaneus disebut juga dengan albino komplit.

Cara pengobatan

Albinisme tidak dapat disembuhkan dengan jenis obat apapun, walaupun demikian perawatan serta pengobatan ini dilakukan agar bisa lebih maksimal dalam penglihatan pada penderita albino dan juga dapat melindungi kulit mereka yang sensitif. Kulit serta mata pada penderita gangguan ini harus dilindungi dari sengatan panas matahari.

Penderita albinisme pada bayi biasanya akan mengalami gangguan penglihatan parah pasca lahir. Dengan seiring berjalanya waktu penglihatan tersebut akan dengan sendirinya berkembang secara signifikan walaupun tidak akan pernah mencapai level penglihatan yang normal. Oleh karena itu, penderita penyakit jenis ini diharuskan memakai kacamata atau lensa kontak yang sudah diresepkan oleh dokter ahli atau dokter spesialis mata. Pemeriksaan tersebut bisa dikondisikan dengan keadaan yang terkait seperti khusus untuk rabun jauh, rabun dekat atau bahkan silinder. Penderita masalah ini sebaiknya melakukan pemeriksaan mata secara rutin tiap tahunya.

Jika anda salah satu orang yang menderita penyakit albinisme dan mengalami penglihatan yang sensitif pada sinar matahari, dokter dapat menyarankan pemakaian kacamata yang dapat menangkall ultraviolet atau dapat memakai kacamata yang berlensa gelap agar dapat terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Penanganan melalui jalur operasi hampir jarang digunakan tapi untuk beberapa kondisi seperti mata juling dan nistagmus, sangat direkomendasikan melakukan operasi perbaikan otot-otot pada mata agar kondisi tersebut tidak terlihat secara jelas dari luar.

Penderita albinisme juga harus melakukan pemeriksaan kulit karena jika tidak ditangani secara khusus akan beresiko terjadinya kanker kulit. Bagi penderitanya, sebaiknya tidak melakukan aktifitas sehari-hari di luar rumah terutama ketika panas metahari sedang menyengat. Jika memang ada kepentingan khusus yang mengharuskan keluar rumah, sebaiknya gunakan krim tabir surya dan memakai pakaian yang dapat melindungi dari sengatan matahari secara langsung.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Folikulitis Folikulitis adalah penyakit umum pada kulit dengan keadaan dimana folikel rambut (lubang tempat tumbuhnya rambut) mengalami radang  dan biasanya disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang […]
  • Pruritus, Gatal- Gatal Di Kulit Badan Apa itu pruritus? Pruritus atau gatal kulit adalah sensasi gatal yang menjengkelkan dan tak terkendali yang membuat Anda ingin menggaruk untuk meredakan rasa, disebabkan oleh penyakit […]
  • Kulit Dan Mata Menjadi Kuning, Apa Artinya? Kenapa kulit dan mata menjadi kuning? Sirosis hepatis ditandai mata kuning yang memberi sinyal bahwa telah terjadi kerusakan hati serius pada tubuh penderita nya dimana hati tidak bisa […]
  • Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi Kulit bayi yang begitu tipis, sangat lembut dan sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bayi terlalu sering menggunakan diapers atau popok sekali pakai yang terlalu […]
  • Tips Atasi Kulit Wajah Rusak Akibat Efek Kosmetik Keinginan mendapatkan kulit cantik dengan hasil instan seringkali memaksa wanita untuk berusaha mencari beragam produk untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan tersebut. Akan tetapi tidak […]