Eksim Pada Telapak Atau Jari Tangan Dan Tips Mengatasinya

Eksim Pada Telapak Atau Jari Tangan Dan Tips Mengatasinya

Apa itu eksim tangan? Eksim tangan juga dikenal sebagai dermatitis tangan, sering muncul pada telapak tangan dan jari-jari tangan. Baik genetika atau kontak alergen dengan zat iritasi berperan penting sebagai “pemicu” bentuk eksim ini.

Eksim Pada Telapak Atau Jari Tangan
Copyright: nationaleczema.org

Ada jenis lain dari eksim tangan yang disebut pompholyx atau eksim dyshidrotic, yang menyebabkan lecet kecil dan gatal muncul di telapak tangan. Eksim Dyshidrotic cenderung lebih mempengaruhi wanita daripada pria.

Penyebab

Eksim Pada Telapak Atau Jari Tangan disebabkan oleh alergen atau iritan yang sering mempengaruhi orang-orang yang bekerja sebagai cleaning service (tukang bersih-bersih), pekerja katering, perawatan rambut, perawatan kesehatan dan pekerjaan mekanis dimana mereka dapat berhubungan dengan bahan kimia atau iritasi lainnya.

Apakah menular?

Eksim tangan tidak menular. Anda tidak bisa tertular dari orang lain, atau menularkannya kepada orang lain. Meski begitu, gejala eksim tangan bisa berdampak pada citra penampilan diri seseorang dan aktifitas mereka untuk tampil di tempat kerja.

Gejala

Semua jenis eksim, baik eksim telapak dan jari tangan menyebabkan gejala gatal dan kemerahan pada kulit. Beberapa gejala eksim tangan:

– Kemerahan
– Gatal
– Rasa sakit
– Kulit tangan kering, terkelupas dan goresan
– Retak kulit
– Kadang melepuh

Pengobatan dan tips mengatasi

Pengobatan terbaik untuk eksim tangan adalah menghindari penyebabnya. Mengetahui zat memicu eksim tangan dan melindungi tangan Anda di rumah dan di tempat kerja, dapat membantu menjaga kulit Anda agar tidak mengalami iritasi lebih lanjut – rutinitas sehari-hari untuk perawatan dan pengendalian adalah pertahanan terbaik.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi eksim tangan Anda:

– Jika Anda mencuci tangan, gunakan air hangat dan tidak berbau harum.
– Oleskan pelembab segera setelah Anda mencuci tangan.
Pelembab yang paling efektif adalah yang memiliki kandungan minyak lebih tinggi, seperti minyak bunga matahari atau minyak kelapa virgin (salep dan krim).
– Hindari bahan kimia yang mengandung alk0hol atau pelarut keras di tangan Anda (terutama saat flare-up).
– Pastikan untuk mencuci tangan atau baju dengan menggunakan detergen tanpa pewangi dan bebas pewarna.
– Jika Anda bekerja di perusahaan makanan seperti kentang, bawang, paprika, daging, atau buah asam (seperti tomat, atau jeruk), gunakan sarung tangan sekali pakai, buang bekasnya.
– Selalu membawa pembersih tangan Anda sendiri, pelembab dan obat-obatan, ke manapun Anda pergi.
– Jaga pakaian kerja, perlengkapan pelindung kerja, peralatan dan ruang pekerjaan Anda agar bersih dan bebas dari residu atau zat-zat alergen.
– Lepas cincin dari jari Anda saat melakukan pekerjaan rumah tangga, karena iritan bisa terjebak di bawahnya. Bersihkan cincin lebih sering.
– Jangan mencuci piring atau pakaian dengan tangan. Sebagai gantinya, gunakan mesin pencuci piring dan mesin cuci baju. Jika Anda ingin mencuci dengan tangan, lakukan di bawah air mengalir
– Segera obati luka di tangan Anda meskipun luka kecil, lalu membalutnya untuk menghindari iritasi dari alergen atau zat kimia.
– Gunakan krim steroid topikal yang telah diresepkan Dokter untuk mempercepat penyembuhan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Dermatitis Numular – Eksim Diskoid Apa itu penyakit kulit eksim nummular? Eksim nummular, juga dikenal sebagai eksim diskoid atau dermatitis numular. Kata "nummular" berasal dari kata Latin yang berarti koin, karena bintik-bintik yang muncul seperti koin di […]
  • Eksim Neurodermatitis Apa itu neurodermatitis (lichen simpleks chronicus)? Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis adalah salah satu bentuk eksim yang dimulai gatal-gatal, kulit bersisik dan menebal yang biasanya muncul di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, […]
  • Dermatitis Atopik Dermatitis atopik adalah salah satu tipe eksim yang paling umum dan parah sering muncul sebagai ruam merah dan gatal pada pipi, lengan dan kaki. Dermatitis atopik memiliki dua kondisi alergi: asma dan demam (rhinitis alergi). Orang yang […]
  • Acanthosis Nigricans (Akantosis Nigrikans) Pengertian Acanthosis nigricans (dibaca: Akantosis Nigrikans) adalah istilah medis untuk mengambarkan bentuk pat kulit yang kusam, menebal, keriput, kebiruan seperti beludru, biasanya berkembang di lipatan kulit seperti ketiak, […]
  • Dermatitis Varikosa Dermatitis atau eksim varikosa adalah penyakit kulit dermatitis jangka panjang yang mempengaruhi kaki bagian bawah, sering terjadi pada orang dengan varises. Dermatitis varicose (dibaca:varikosa) juga dikenal sebagai venous, salah satu […]