Dermatitis Kontak

Dermatitis Kontak

Apa itu dermatitis kontak?

Bila kulit Anda bersentuhan dengan substansi alergen di lingkungan Anda, mungkin kulit akan bereaksi, menyebabkan kulit gatal dan merah. Ini disebut dermatitis kontak.

Jenis-jenis penyakit kulit dermatitis kontak

Ada banyak jenis dermatitis kontak. Tiga jenis yang paling umum adalah iritasi, alergi dan urtikaria.

1. Dermatitis kontak iritan

Dermatitis kontak iritan adalah jenis dermatitis kontak yang paling umum, berkembang cepat saat kulit menyentuh bahan kimia menyengat. Zat ini menembus penghalang kulit dan bisa menyebabkan radang.

Jika kulit sudah terbuka dengan luka, atau jika Anda memiliki dermatitis atopik aktif, lebih mudah bagi iritan ini untuk masuk dan menyebabkan dermatitis kontak iritan.

2. Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi adalah jenis dermatitis kontak kedua yang paling umum setelah iritan. Namun, kulit bereaksi butuh waktu 48 sampai 96 jam untuk mengembangkan peradangan.

Pertama kali kulit bersentuhan dengan alergen, ia mengirimkan sinyal ke sistem kekebalan tubuh untuk dianalisis dan disimpan di memori sistem immun, namun belum menimbulkan reaksi. Proses ini disebut sensitisasi.

Saat kulit bersentuhan dengan zat alergen berulang kali, sistem kekebalan tubuh “mengingatnya” dan mengembangkan melalui respons kulit berupa gatal-gatal. Gejala gatal kulit bisa muncul beberapa hari setelah terpapar.

3. Dermatitis kontak urticaria

penyakit dermatitis utikaria, hives
Dermatitis Utikaria, Copyright: www.allergyuk.org

Dermatitis urtikaria, juga dikenal sebagai hives (kulit yang sangat gatal-gatal, biduran), adalah bentuk dermatitis kontak yang kurang umum. Pembengkakan dan kemerahan biasanya terjadi segera setelah kulit bersentuhan dengan zat pemicu.

Ada risiko jarang tapi serius, disebut reaksi anafilaksis, yaitu reaksi alergi parah dengan gejala tenggorokan membengkak, sesak dada, dan gejala lainnya, hadir bersamaan dengan dermatitis kontak urtikaria.

Apa saja penyebab dermatitis kontak?

Ada banyak pemicu infeksi dermatitis kontak, termasuk air, gesekan kulit berulang, perubahan cuaca, suhu dan kelembaban yang ekstrem.

Ada sejumlah besar bahan kimia penghasil alergen yang sangat potensial.

Logam

Alergi nikel sangat umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Nikel ditemukan dalam berbagai barang logam, seperti perhiasan, ritsleting, kancing baju, gesper ikat pinggang.

ALergen nikel juga ditemukan di beberapa tempat yang kurang jelas seperti, telepon seluler, emas putih, plat besi sendi ortopedi dan kadang hadir pada makanan tertentu.

Kobalt juga ditemukan pada logam, dan orang-orang yang alergi terhadap nikel sering alergi terhadap kobalt. Kobalt juga digunakan dalam produk pribadi seperti pewarna rambut dan antiperspirant.

Garam kromium, sering ditemukan pada cat, semen, dan produk kosmetik kulit, bisa menyebabkan dermatitis kontak alergi dan terkadang gejala dermatitis kontak iritan.

Wewangian

Wewangian adalah pemicu dermatitis kontak alergen. Zat ini bisa ditemukan di berbagai kosmetik, parfum, penguat rasa makanan dan pasta gigi.

Salep antibakteri

Salep antibakteri seperti neomisin dan bacitracin sering digunakan untuk mengobati goresan luka, namun beberapa orang mengembangkan reaksi alergi.

Formaldehida

Dermatitis kontak terjadi bila alergen atau iritasi bersentuhan dengan kulit. Dermatitis kontak di bawah lutut disebabkan elastis nilon pada kaus kaki wanita

Formaldehid adalah bahan pengawet. Formaldehida ada di banyak tempat termasuk desinfektan rumah tangga, vaksin, lem, asap tembakau dan kadang cairan pembalseman.

Isothiazolinones

Isotiazolinon, termasuk methylchloroisothiazolinone dan methylisothiazolinone (MCI / MI) digunakan di banyak produk perawatan pribadi untuk mencegah bakteri tumbuh.

Mereka sering ditemukan di shampo, body wash dan kosmetik. Selain itu, mereka ditemukan di beberapa tisu basah, tisu bayi dan tisu toilet basah.

Cocamidopropil betaine

Cocamidopropil betaine (CAPB) adalah deterjen yang digunakan untuk shampo, sabun dan lotion, dan kadang pada cairan pewangi pakaian.

Paraphenylene-diamine

Paraphenylene-diamine (PPD) adalah zat kimia kuat yang digunakan dalam pewarna rambut atau tatoo. Sebetulnya ini tidak diperbolehkan, karena berpotensi alergi.

PPD juga sering digunakan untuk semir sepatu hitam, pewarna pakaian dan beberapa obat seperti antihistamin.

Pengobatan dermatitis kontak

Pengobatan terbaik untuk dermatitis kontak adalah penghindaran zat yang menyebabkan reaksi. Jika gejala terus berlanjut, hubngi penyedia layanan kesehatan.

Dokter mungkin meresepkan obat topikal (corticosteroids) atau fototerapi PUVA (Psoralen and UVA) untuk meredakan peradangan dan mengurangi gatal-gatal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Dermatitis Varikosa Dermatitis atau eksim varikosa adalah penyakit kulit dermatitis jangka panjang yang mempengaruhi kaki bagian bawah, sering terjadi pada orang dengan varises. Dermatitis varicose (dibaca:varikosa) juga dikenal sebagai venous, salah satu […]
  • Dermatitis Numular – Eksim Diskoid Apa itu penyakit kulit eksim nummular? Eksim nummular, juga dikenal sebagai eksim diskoid atau dermatitis numular. Kata "nummular" berasal dari kata Latin yang berarti koin, karena bintik-bintik yang muncul seperti koin di […]
  • Dermatitis Atopik Dermatitis atopik adalah salah satu tipe eksim yang paling umum dan parah sering muncul sebagai ruam merah dan gatal pada pipi, lengan dan kaki. Dermatitis atopik memiliki dua kondisi alergi: asma dan demam (rhinitis alergi). Orang yang […]
  • Eksim Neurodermatitis Apa itu neurodermatitis (lichen simpleks chronicus)? Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis adalah salah satu bentuk eksim yang dimulai gatal-gatal, kulit bersisik dan menebal yang biasanya muncul di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, […]
  • Actinic Keratoses Pengertian Actinic keratoses (dibaca: Keratosis aktinik, juga dikenal sebagai solar keratosis, atau keratosis matahari) adalah kulit kasar yang disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Biasanya, […]