Eksim Neurodermatitis

Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis

Apa itu neurodermatitis (lichen simpleks chronicus)? Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis adalah salah satu bentuk eksim yang dimulai gatal-gatal, kulit bersisik dan menebal yang biasanya muncul di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, paha, pergelangan kaki atau alat kelamin.

Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis
Eksim Neurodermatitis; Image Copyright: skinsight.com

Dikenal sebagai neurodermatitis karena kelainan kulit neurologis yang dipicu oleh siklus gatal. Liken simpleks chronicus (neurodermatitis) muncul sebagai tambalan tebal pada leher, kulit kepala, bahu, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan tangan. Perform kulit yang terkena menjadi tebal, kasar dan bahkan bertambah sangat gatal jika semakin digaruk.

Gejala dan tanda-tanda

Gejala lichen simpleks chronicus (Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis) meliputi:

– Penebalan kulit
– Perform kulit lebih gelap
– Batas kulit mirip tambalan

Penyebab neurodermatitis

Penyebab tidak diketahui, namun pemicu tertentu seperti gigitan serangga, alergi dan stres nampaknya berperan. Pada lichen simplex chronicus (neurodermatitis), saraf di kulit sering mengirim sinyal gatal ke otak.

Perawatan

Tahan untuk tidak menggaruk dan menggosok daerah yang terkena adalah kunci penyembuhan kulit. Memotong kuku jari lebih pendek, kompres es, atau sediaan obat anti gatal bisa membantu mencegah rasa ingin menggaruk.

Penambahan pelembab kulit akan bermanfaat untuk menenangkan dan melindungi kulit yang rusak, juga dapat membantu melindungi area dari goresan atau garukan yang berlebihan. Lindungi kulit dengan kaus kaki, sarung tangan, dan pembalut untuk membantu kulit sembuh dari luka.

Menggosok atau menggaruk terus-menerus pada daerah yang sama menyebabkan lichen simpleks chronicus (neurodermatitis), dengan area kulit tebal, kasar, dan terkadang pecah.

Obat steroid topikal dapat membantu menenangkan peradangan dan gatal. Karena kulit cenderung sangat tebal dan bersisik, mungkin diperlukan steroid yang lebih kuat.

Jika kortikosteroid tidak membantu, atau bila sudah lama digunakan, pengobatan topikal non kortikosteroid seperti tacrolimus (Protopic) atau pimecrolimus (Elidel) bisa digunakan. Pada kasus yang parah, steroid cair dapat disuntikkan ke dalam lesi kulit yang menebal

Bagikan Pada Temanmu!