Dermatitis Numular – Eksim Diskoid

Dermatitis Numular – Eksim Diskoid

Apa itu penyakit kulit eksim nummular? Eksim nummular, juga dikenal sebagai eksim diskoid atau dermatitis numular. Kata “nummular” berasal dari kata Latin yang berarti koin, karena bintik-bintik yang muncul seperti koin di kulit.

Bintik-bintik koin kulit terasa sangat gatal atau kadang tidak gatal sama sekali, kulit sangat kering dan bersisik, atau kadang basah dan membuat luka terbuka.

Penyebab penyakit kulit eksim nummular

Gambar penyakit kulit eksim nummular
 Eksim Nummular; Copyright: Skinsight.com

Penyebab eksim atau dermatitis nummular tidak diketahui, tapi bukan penyakit warisan. Terkadang, eksim dipicu dipicu oleh:

– Gigitan serangga
– Reaksi peradangan
– Kulit kering di musim dingin

Karena eksim nummular (dermatitis nummular) bisa terlihat seperti kurap, penting untuk memastikan bahwa itu bukan infeksi jamur, terutama jika tidak merespons pengobatan.

Seperti dermatitis atopik, eksim nummular (dermatitis nummular) bisa disebabkan terinfeksi bakteri staph. Periksakan ke dokter jika Anda merasa memiliki infeksi pada kulit dan Anda curiga bahwa itu adalah dermatitis/eksim nummular

Gejala dan tanda-tanda

Gejala eksim nummular meliputi:

– Terbentuk koin pada kulit lengan, tungkai
– Sangat gatal serasa terbakar
– Lesi basah oleh cairan nanah jika kulit mengelupas
– Kulit merah, bersisik dan meradang di sekitar lesi

Perawatan

Seperti dermatitis lainnya, penyakit kulit dermatitis nummular butuh pelembab kulit untuk menenangkan dan melindungi kulit dari kerusakan. Obat steroid untuk mengurangi peradangan.

Untuk beberapa alasan, krim steroid dosis ringan dan menengah mungkin kurang membantu, dibutuhkan krim/salep dengan dosis lebih kuat.

Dermatitis atau Eksim nummular bisa disembuhkan dan cenderung hilang sama sekali setelah mendapat pengobatan yang tepat. Jika steroid tidak membantu, dokter mungkin meresepkan obat topikal non kortikosteroid seperti tacrolimus (Protopic) atau pimecrolimus (Elidel).

Obat-obat ini disebut penghambat kalsineurin topikal, bisa digunakan untuk digunakan orang dewasa dan anak-anak berusia dua tahun atau di atasnya. Antibiotik topikal atau oral dapat digunakan bila ada infeksi bakteri pada kulit.

Pada kasus yang sangat parah, steroid sistemik (diambil melalui mulut atau suntikan) dapat digunakan dalam waktu singkat untuk mengurangi gejala.

Banyak orang yang memiliki eksim nummular parah bisa sembuh total dan tampaknya tidak memiliki masalah jangka panjang, tidak seperti bentuk eksim lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Eksim Neurodermatitis Apa itu neurodermatitis (lichen simpleks chronicus)? Penyakit Kulit Eksim Neurodermatitis adalah salah satu bentuk eksim yang dimulai gatal-gatal, kulit bersisik dan menebal yang biasanya muncul di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, […]
  • Dermatitis Varikosa Dermatitis atau eksim varikosa adalah penyakit kulit dermatitis jangka panjang yang mempengaruhi kaki bagian bawah, sering terjadi pada orang dengan varises. Dermatitis varicose (dibaca:varikosa) juga dikenal sebagai venous, salah satu […]
  • Actinic Keratoses Pengertian Actinic keratoses (dibaca: Keratosis aktinik, juga dikenal sebagai solar keratosis, atau keratosis matahari) adalah kulit kasar yang disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Biasanya, […]
  • Acanthosis Nigricans (Akantosis Nigrikans) Pengertian Acanthosis nigricans (dibaca: Akantosis Nigrikans) adalah istilah medis untuk mengambarkan bentuk pat kulit yang kusam, menebal, keriput, kebiruan seperti beludru, biasanya berkembang di lipatan kulit seperti ketiak, […]
  • Dermatitis Kontak Apa itu dermatitis kontak? Bila kulit Anda bersentuhan dengan substansi alergen di lingkungan Anda, mungkin kulit akan bereaksi, menyebabkan kulit gatal dan merah. Ini disebut dermatitis kontak. Jenis-jenis penyakit kulit dermatitis […]