Herpes Genitalis

Dampak dan bahaya herpes genitalis ibu hamil. Wanita hamil dengan herpes genital harus berhati-hati – tapi jangan terlalu khawatir berlebihan terkait masalah penularan virus HSV ke tubuh bayi.

Seorang ibu hamil dengan virus herpes bisa menginfeksi bayinya saat melahirkan, seringkali berakibat fatal. Tetapi jika seorang wanita dengan herpes genital sebelum hamil, atau jika dia pertama kali terinfeksi virus HSV pada awal kehamilan, kemungkinan bayinya terinfeksi sangat rendah – kurang dari 1%.

Wanita dengan herpes genitalis harus diperiksa dengan seksama setelah mengalami gejala sebelum melahirkan. Jika luka atau tanda-tanda wabah herpes itu muncul pada saat persalinan, bayi mungkin dilahirkan melalui operasi caesar (C-section).

Wanita dengan sejarah medis herpes genitalis, berisiko tinggi untuk menularkan herpes untuk bayi sekitar 30% sampai 50%, yang terjadi saat menjelang akhir kehamilan.

Cara penularan herpes ibu hamil ke bayi

Cara penularan herpes ke bayi terjadi karena sistem kekebalan tubuh ibu belum mengembangkan antibodi pelindung terhadap virus.

Wanita dengan infeksi herpes yang lebih tua memiliki antibodi terhadap virus, yang membantu melindungi bayi. Jika Anda hamil dan mengira Anda baru saja terinfeksi virus HSV, beritahu dokter Anda segera.

Cara Mencegah Penularan Herpes ke Bayi

Wanita yang belum memiliki herpes genitalis harus berhati-hati dalam hubungan se*ks selama trimester ketiga, kecuali Anda tahu pasti bahwa suami Anda tidak mengidap herpes.

Hindari se*ks sama sekali selama trimester ketiga untuk mencegah bayi tertular virus HSV. Jika suami Anda menderita herpes oral (herpes simpleks tipe 1 – HSV 1), sebaiknya jangan melakukan oral se*ks selama ini.

Beberapa dokter menganggap semua wanita harus diuji herpes saat mereka hamil, terutama jika pasangan mereka memiliki herpes. Tanyakan kepada dokter Anda, apakah Anda atau pasangan Anda harus menjalani tes.

Perawatan Herpes Genital Selama Kehamilan

Wanita yang memakai obat antiviral untuk herpes – baik terapi supresif harian atau terapi berkala – harus berkonsultasi dengan dokter mereka apakah minum obat selama masa kehamilan bisa mempengaruhi bayi.

Anda dan dokter Anda harus mendiskusikan risiko dan manfaatnya untuk memutuskan obat antivirus apa yang tepat selama kehamilan.

Bahaya Infeksi herpes pada bayi baru lahir adalah sangat serius. Jangan biarkan orang dengan sakit herpes oral di mulut mencium bayi Anda. Jika Anda menderita herpes oral, jangan cium bayi, dan cuci tangan dengan sabun dan air sebelum menyentuh bayi.