Herpes Zoster Oftalmikus

herpes pada mata

Penyakit Mata Herpetik atau Herpes Pada Mata. Penyakit mata herpetik adalah infeksi virus herpes yang menyerang mata oleh dua jenis virus herpes yaitu herpes zoster oftalmikus dan herpes simplex keratitis , menyebabkan lepuhan dan cacar air.

Namun, penyakit mata herpetik tidak menular melalui hubungan sek*sual, tidak seperti herpes genital.

Salah satu virus yang menyebabkan penyakit mata herpetik disebut varicella – virus zoster. Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air dan ruam kulit. Bila virus ini mempengaruhi mata, itu disebut herpes zoster oftalmikus.

Virus lain yang menyebabkan penyakit mata herpetik disebut herpes simpleks tipe 1. Herpes simpleks tipe 1 adalah virus yang sama yang menyebabkan lepuhan dingin di bibir dan mulut. Di mata, Herpes simpleks tipe 1 menyebabkan infeksi kornea. Infeksi ini disebut herpes simplex keratitis.

Bagaimana herpes mempengaruhi mata?

Seperti banyak virus, virus herpes simpleks 1 dan varicella-zoster hadir pada kebanyakan orang dewasa. Keluarga virus herpes biasanya hidup di sekitar serabut saraf pada manusia tanpa pernah menimbulkan masalah.

Kadang-kadang, virus akan mulai berkembang biak, atau mereka akan berpindah dari satu area ke area tubuh lainnya, dan saat itulah wabah herpes terjadi. Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah akibat ada beberapa masalah kesehatan lainnya.

Gejala penyakit mata herpetik

Dua jenis virus menyebabkan penyakit mata herpetik dengan gejala yang berbeda.

1. Gejala infeksi herpes zoster oftalmikus

Gejala penyakit mata yang terinfeksi herpes zoster oftalmik:

– Rasa sakit hanya ada di satu mata
– Sakit kepala dan demam
– Kelopak Mata Kemerahan, ruam, atau luka pada kelopak mata dan sekitar mata, terutama di dahi. Terkadang ruam pecah di ujung hidung.
– Kemerahan kornea mata
– Pandangan kabur
– Kornea Bengkak dan keruh

2. Gejala infeksi virus herpes simpleks keratitis

Masalah herpes pada mata kemungkinan adalah infeksi herpes simpleks keratitis jika Anda melihat gejala ini:

– Rasa sakit hanya ada satu mata
– Kemerahan pada mata
– Merasa seperti kelilipan atau ada kotoran di mata
– Sering mengeluarkan air mata banyak
– Sakit saat melihat cahaya terang
– Kornea bengkak atau keruh

Diagnosa penyakit mata herpetik

Dokter Anda mungkin ingin menggunakan tes khusus jika terlihat seperti penyakit mata herpetik. Tekanan di dalam mata mungkin akan diperiksa.

Ada pewarna khusus yang disebut fluorescein. Pewarna ini bersinar di bawah sinar ultraviolet dan akan menunjukkan kepada dokter jika virus tersebut menyebabkan masalah pada permukaan mata.

Bagaimana herpes zoster oftalmikus diobati?

Karena herpes adalah virus, antibiotik seperti penisilin bukanlah pengobatan yang efektif. Satu-satunya obat yang akan bekerja melawan infeksi herpes adalah obat antiviral.

Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan pil antivirus untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi keparahan kondisi. Penting untuk tetap menggunakan obat ini selama dokter Anda merekomendasikan. Meskipun mata mulai bisa melihat atau merasa lebih baik, infeksi bisa kembali jika Anda berhenti minum obat terlalu cepat.

Jika infeksi tersebut mempengaruhi kornea, tetes mata yang disebut kortikosteroid mungkin juga dianjurkan. Kortikosteroid akan membantu mengendalikan penyakit ini, namun juga dapat meningkatkan tekanan di mata beberapa orang.

Jika kortikosteroid digunakan, penting bagi pasien untuk kembali memeriksa diri ke dokter untuk memeriksa penyebab takanan.

Jenis drop mata lainnya mungkin juga diresepkan agar pupilnya melebar. Ini akan membantu aliran cairan mata untuk mencegah tekanan meningkat.

Sayangnya, penyakit mata herpetik bisa terasa sakit hingga setelah beberapa hari pengobatan dan bahkan saat mata mulai terlihat lebih baik.

Hal ini bisa mengecilkan hati Anda, tapi bukan berarti pengobatan itu gagal. Obat-obatan ini masih bekerja, dan rasa sakitnya akan hilang pada akhirnya.

Bagaimana Herpes Simplex Keratitis Diobati?

Jenis tetes mata dan pil yang sama yang digunakan untuk mengobati herpes zoster oftalmik sering diresepkan untuk mengobati keratitis herpes simpleks.

Hal ini juga sama pentingnya ketika Anda menggunakan obat-obatan yang direkomendasikan dan penuhi janji dengan dokter Anda

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Mengapa Wanita Mudah Terkena Herpes Ketimbang Pria? Hampir selalu wanita menjadi paling sering terkena wabah herpes karena se*ks yang tidak aman. Dia mungkin memiliki lesi pada serviks, di dalam miss V, di vulva atau bahkan uretra. Beberapa lesi mungkin ditemukan di paha atau […]
  • Herpes Labialis Herpes Labialis, Herpes Pada Mulut dan Bibir Luar (herpes oral). Herpes labialis merupakan penyakit umum akibat infeksi pada daerah mulut oleh virus herpes simpleks tipe 1, sering menyerang orang usia muda pada 20 th-an. Apa itu herpes […]
  • Herpes Simpleks Perbedaan Herpes Simpleks Tipe 1 dan 2. Virus herpes simpleks dibedakan menjadi dua jenis: tipe 1 (HSV-1 atau herpes oral) dan tipe 2 (herpes HSV-2 atau genitalis). HSV-1 menyebabkan luka (kadang-kadang disebut lepuh demam atau cold […]
  • Penderita Herpes Genitalis Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus HIV AIDS Penderita Herpes Genitalis Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus HIV AIDS. Memiliki herpes genital dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus HIV yang menyebabkan menyebabkan penyakit AIDS, sebuah masalah serius bagi kelangsungan hidup […]
  • Herpes Genitalis Dampak dan bahaya herpes genitalis ibu hamil. Wanita hamil dengan herpes genital harus berhati-hati - tapi jangan terlalu khawatir berlebihan terkait masalah penularan virus HSV ke tubuh bayi. Seorang ibu hamil dengan virus herpes bisa […]