Mengapa Wanita Mudah Terkena Herpes Ketimbang Pria?

herpes vagina

Hampir selalu wanita menjadi paling sering terkena wabah herpes karena se*ks yang tidak aman. Dia mungkin memiliki lesi pada serviks, di dalam miss V, di vulva atau bahkan uretra. Beberapa lesi mungkin ditemukan di paha atau bokong.

Beberapa faktor yang menjadi alasan lain, mengapa wanita lebih mudah terkena virus herpes ketimbang pria, yaitu

– Anda sedang haid.
– Anda Stres atau kelelahan
– Anda menderita penyakit atau punya riwayat bedah
– Anda menderita HIV / AIDS
– Anda menggunakan obat penekan sistem kekebalan tubuh seperti steroid atau kemoterapi
– Luka akibat gesekan terlalu keras selama hubungan sek*sual yang gencar

Vagina-herpes adalah penyakit seksual menular yang menyerang wanita akibat virus herpes simplex (HSV), virus memasuki tubuh melalui kontak kulit ke kulit, di lapisan mulut mukosa atau alat kelamin wanita.

Virus masuk dari orang yang terinfeksi ke dalam tubuh wanita, kemudian virus menetap di akar saraf dekat sumsum tulang belakang.

Penularan herpes pada wanita sangat terkait dengan berfungsinya sistem kekebalan tubuh mereka. Wanita-wanita itu mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh karena stres, infeksi atau dampak supressan.

Wabah herpes bisa berlangsung selama 3 minggu karena lepuhan mengandung sejumlah besar partikel virus menular. Setelah itu, virus mengendap ke dalam sel saraf, ia akan melakukan perjalanan melalui serabut sarafnya ke tempat infeksi asli pada saat terjadi penularan.

Setelah virus HSV masuk ke sel kulit, ia mulai bereproduksi dan membuat salinan banyak. Gejala yang muncul biasanya ditandai kulitnya meradang, gatal, keputihan, dan muncul lesi herpes.

Lesi atau luka bisa menyebar ke leher rahim dan saluran kencing. Mereka terlihat seperti benjolan merah pada awalnya tapi kemudian berkembang menjadi lecet dan luka mengandung cairan atau darah.

Setelah beberapa hari, luka menjadi berkulit dan sembuh, bahkan tidak meninggalkan bekas luka apapun. AKan tetapi, bekas luka tersebut menjadi jalur akses utama untuk penyakit menular sek*sual lainnya karena jaringan kulit yang rentan

Jika seorang wanita menderita herpes, menghindari sek*s dan menyerah bukanlah sebuah solusi. Anda harus mengambil langkah untuk mencegah penyebaran penyakit.

Pasangan Anda harus memakai kondom selama berhubungan, namun itu tidak dijamin. Jika Anda melihat ada luka pada alat kelam1n pasangan, dihindari.

Banyak wanita merasa malu dan mengalami tekanan emosional akibat herpes. Meskipun demikian, mereka harus mencari pemeriksaan medis dan pengobatan yang tepat untuk penyakit virus.

Ada beberapa tes yang harus dilakukan untuk mengetahui penyakit. Setelah dokter meresepkan obat, gejala akan hilang.

Perawatan dengan obat antivirus telah menunjukkan keefektifan karena mengurangi penumpahan virus dan membantu mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Obat antiviral yang paling umum yang diresepkan oleh dokter adalah asiklovir (Zovirax), famciclovir (Famvir) dan valacyclovir (Valtrex).

Asiklovir diresepkan tergantung pada lokasi infeksi baik melalui pil, suntikan atau krim topikal. Pil dengan dosis berulang dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, ruam, mual dan kejang.

Suntikan dapat menyebabkan pembekuan darah dan meningkatkan risiko masalah ginjal sementara krim topikal tidak efektif dalam mengobati infeksi meskipun dapat menenangkan gejala.

Valacyclovir terkonversi menjadi asiklovir saat mencapai hati dan usus. Diperlukan dosis yang lebih sedikit jika konsentrasi obat meningkat. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu dapat mengalami penggumpalan darah karena penggunaan obat ini.

Famciclovir tidak terlalu efektif dalam mencegah gejala herpes tipe  2 dibandingkan dengan Asiklovir. Ketika obat tersebut masuk ke dalam kontak dengan enzim yang diproduksi oleh virus HSV, ternyata berubah menjadi Penciclovir, padahal ini adalah salep yang digunakan untuk mengobati masalah kulit.