Eksim Herpetikum

Eksim Herpetikum

Penyakit eksim herpetikum merupakan salah satu jenis penyakit herpes yang ditandai ruam kulit dan melepuh. Penyakit ini sering menyerang anak-anak penderita eksim atopik

Apa itu penyakit eksim herpetikum?

Eksim herpetikum adalah penyakit herpes dengan ciri-ciri ruam kulit yang melepuh akibat infeksi virus herpes simpleks tipe 1 sehingga penyakit ini bisa cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Biasanya virus ini menular dari seseorang yang memiliki infeksi herpes. Setelah 5-12 hari terinfeksi, muncul ruam kulit dan lepuhan.

Siapa saja yang mendapat eksim herpetikum?

Eksim herpetikum bisa terjadi pada usia berapapun. Namun, virus ini sering terjadi pada anak kecil hingga remaja belasan tahun yang menderita eksim atopik.

Eksim menyebabkan pecahnya kulit yang memungkinkan virus herpes masuk. Jadi, juga bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki kerusakan kulit – misalnya, luka bakar, luka umum atau jenis penyakit kulit lainnya.

Gejala eksim herpetikum

Seorang anak atau remaja yang menderita eksim herpetikum mengalami ruam kulit yang terlihat bintik-bintik seperti lecet kecil yang muncul di daerah di mana telah terjadi penyakit kulit (biasanya eksim atopik).

Bintik-bintik ini cukup sakit dan kadang gatal yang dengan cepat menyebar ke area kulit lainnya. Eksim herpetikum dapat berkembang pada bagian tubuh mana pun namun paling sering terjadi pada wajah atau leher.

Lepuhan biasanya berukuran sama yang berisi cairan bening atau cairan kekuning-kuningan yang disebut nanah. Kadang, cairan ini berisi darah.

Tanda-tanda awal eksim herpetikum yang lain: Anda merasa tidak enak badan seperti demam atau suhu badan tinggi.

Anda mungkin mendapat ciri-ciri seperti ada benjolan di leher, ketiak atau selangkangan. Ini muncul sebagai respons imun tubuh untuk melawan infeksi virus eksim herpetikum.

Pengobatan eksim herpetikum

Obat antiviral seperti asiklovir dalam bentuk salep, tablet atau melalui intravena, biasanya mampu mengobati eksim herpetikum.

Terkadang antibiotik mungkin dibutuhkan juga karena kerusakan kulit membuat Anda lebih mungkin terinfeksi oleh bakteri disebut infeksi bakteri sekunder.

Eksim herpetikum dianggap darurat karena bisa menyebar begitu cepat. Jadi harus segera diobati dengan benar dan cepat.

Jika Anda atau anak Anda didiagnosis eksim herpetikum, Anda biasanya akan dikirim ke rumah sakit pada hari itu untuk mendapatkan saran dari seorang spesialis.

Apakah eksim herpetikum bisa menular?

Cara penularan eksim herperikum tidak secara langsung  dari satu orang ke orang lain. Namun, penularan terjadi pada orang-orang yang lebih rentan.

Jika Anda atau anak-anak Anda memiliki eksim herpetikum, hindari kontak dengan:

– Anak-anak dengan eksim atopik.
– Orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh mereka (imunosupresi).
– Orang-orang yang baru saja menjalani kemoterapi atau orang-orang yang menggunakan obat steroid.
– Bayi baru lahir

Prognosis –  harapan hidup penderita eksim herpetikum

Selama eksim herpetikum diobati dengan cepat, bintik-bintik biasanya sembuh dan hilang dalam 2-6 minggu.

Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit bisa menyebar dengan cepat dan mungkin memiliki komplikasi.

Salah satu komplikasi eksim herpetikum adalah kerusakan penglihatan. Kadang, ada infeksi sekunder dengan kuman lain seperti bakteri.

Untuk orang-orang yang sistem kekebalan lemah, eksim herpetikum bisa menyebabkan kematian.

Virus eksim herpetikum juga bisa menyebar ke otak, hati atau paru-paru sehingga menyebabkan komplikasi.

Biasanya eksim herpetikum bisa disembuhkan dengan obat antivirus. Terkadang eksim herpetikum bisa kambuh kembali dan perlu pengobatan lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Herpes Labialis Herpes Labialis, Herpes Pada Mulut dan Bibir Luar (herpes oral). Herpes labialis merupakan penyakit umum akibat infeksi pada daerah mulut oleh virus herpes simpleks tipe 1, sering menyerang orang usia muda pada 20 th-an. Apa itu herpes […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • Gejala Tertular Herpes Genitalis Pada Pria Dan Wanita Gejala Tertular Herpes Genitalis. Gejala Tertular Virus Herpes Simpleks Yang Umum Pada Pria Dan Wanita. Herpes genitalis adalah salah satu penyakit se*ksual menular yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Sebagian besar kasus […]
  • Mengapa Wanita Mudah Terkena Herpes Ketimbang Pria? Hampir selalu wanita menjadi paling sering terkena wabah herpes karena se*ks yang tidak aman. Dia mungkin memiliki lesi pada serviks, di dalam miss V, di vulva atau bahkan uretra. Beberapa lesi mungkin ditemukan di paha atau […]
  • Herpes Genitalis Dampak dan bahaya herpes genitalis ibu hamil. Wanita hamil dengan herpes genital harus berhati-hati - tapi jangan terlalu khawatir berlebihan terkait masalah penularan virus HSV ke tubuh bayi. Seorang ibu hamil dengan virus herpes bisa […]