Herpes Simpleks

Herpes Simpleks

Perbedaan Herpes Simpleks Tipe 1 dan 2. Virus herpes simpleks dibedakan menjadi dua jenis: tipe 1 (HSV-1 atau herpes oral) dan tipe 2 (herpes HSV-2 atau genitalis). HSV-1 menyebabkan luka (kadang-kadang disebut lepuh demam atau cold sores) di sekitar mulut dan bibir.

HSV-1 dapat menyebabkan herpes genitalis, namun kebanyakan kasus herpes genitalis disebabkan oleh HSV-2.

Pada HSV-2, orang yang terinfeksi mungkin mengalami luka di sekitar alat kelamin atau anus. Meskipun HSV-2 dapat terjadi di lokasi lain, luka ini juga muncul di bawah pinggang.

Perbedaan virus HSV 1 dan virus HSV 2 berdasar cara penularan

HSV-1 ditularkan melalui sekresi atau luka mulut pada kulit, dapat menyebar melalui ciuman atau berbagi benda seperti sikat gigi atau peralatan makan.

Pada HSV-2, orang bisa tertular melalui kontak sek-sual dengan seseorang yang memiliki infeksi HSV-2 genitalis.

HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebar meski salah satu dari mereka tidak ada luka. Wanita hamil dengan herpes genitalis harus berbicara dengan dokter karena herpes genitalis dapat menular ke bayi saat melahirkan.

Kondisi tubuh lemah bisa tertular virus herpes simpleks

Bagi banyak orang dengan herpes, serangan (wabah) herpes dapat diakibatkan oleh kondisi berikut:

– Memiliki penyakit umum (dari penyakit ringan hingga kondisi serius)
– Kelelahan
– Tekanan fisik atau emosional
– Imunisasi karena AIDS atau obat-obatan seperti kemoterapi atau steroid
– Trauma di daerah yang terkena, termasuk aktivitas sek-sual
– Anda sedang haid

Apa saja gejala HSV?

Gejala HSV biasanya muncul sebagai lepuhan berisi air atau banyak lepuh pada atau di sekitar daerah yang terkena seperti mulut, alat kelamin, atau dubur. Lepuh yang pecah meninggalkan luka yang menyakitkan.

Baca lebih lengkap : gejala herpes simpleks

Bagaimana HSV Didiagnosis?

Seringkali, penampilan HSV khas dan tidak diperlukan pengujian untuk memastikan diagnosisnya. Jika penyedia layanan kesehatan tidak yakin, HSV dapat didiagnosis dengan tes laboratorium, termasuk tes DNA dan uji kultur virus.

Bagaimana Herpes Diobati?

Meski belum obat untuk herpes, perawatan bisa meredakan gejalanya. Obat dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan wabah dan bisa memperpendek waktu penyembuhan.

Obat-obatan termasuk Famvir, Zovirax, Acyclovir, dan Valtrex adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengobati gejala herpes. Mandi air hangat dan krim pengurang rasa sakit bisa menghilangkan penderitaan Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Gejala Tertular Herpes Genitalis Pada Pria Dan Wanita Gejala Tertular Herpes Genitalis. Gejala Tertular Virus Herpes Simpleks Yang Umum Pada Pria Dan Wanita. Herpes genitalis adalah salah satu penyakit se*ksual menular yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Sebagian besar kasus […]
  • Herpes Genitalis Dampak dan bahaya herpes genitalis ibu hamil. Wanita hamil dengan herpes genital harus berhati-hati - tapi jangan terlalu khawatir berlebihan terkait masalah penularan virus HSV ke tubuh bayi. Seorang ibu hamil dengan virus herpes bisa […]
  • Mengapa Wanita Mudah Terkena Herpes Ketimbang Pria? Hampir selalu wanita menjadi paling sering terkena wabah herpes karena se*ks yang tidak aman. Dia mungkin memiliki lesi pada serviks, di dalam miss V, di vulva atau bahkan uretra. Beberapa lesi mungkin ditemukan di paha atau […]
  • Herpes Labialis Herpes Labialis, Herpes Pada Mulut dan Bibir Luar (herpes oral). Herpes labialis merupakan penyakit umum akibat infeksi pada daerah mulut oleh virus herpes simpleks tipe 1, sering menyerang orang usia muda pada 20 th-an. Apa itu herpes […]
  • Herpes Zoster Oftalmikus Penyakit Mata Herpetik atau Herpes Pada Mata. Penyakit mata herpetik adalah infeksi virus herpes yang menyerang mata oleh dua jenis virus herpes yaitu herpes zoster oftalmikus dan herpes simplex keratitis , menyebabkan lepuhan dan cacar […]