Terapi Pengobatan Herpes Genitalis Dengan Obat AntiVirus Asiklovir

Terapi Pengobatan Herpes Genitalis Dengan Obat AntiVirus Asiklovir

Terapi Pengobatan Herpes Genitalis Dengan AntiVirus Asiklovir dapat meringankan gejala wabah dan membuat hidup nyaman bagi penderita.

Obat ini juga bisa mengurangi keparahan dan durasi gejala saat herpes menyerang. Meskipun Terapi obat tidak bersifat menyembuhkan total, tapi bisa membuat hidup pasien dengan kondisi lebih baik

Ada tiga obat utama yang biasa digunakan untuk terapi pengobatan herpes genitalis: asiklovir (Zovirax), famciclovir (Famvir), dan valacyclovir (Valtrex). Semua ini diambil dalam bentuk pil. Kasus herpes parah dapat diobati dengan asiklovir intravena (IV).

Terapi pengobatan tahap awal

Pengobatan herpes genitalis tahap awal. Jika Anda pertama kali didiagnosis dengan herpes genital, dokter akan memberi Anda terapi antiviral asiklovir singkat (tujuh sampai 10 hari) untuk mengobati atau mencegah tingkat keparahan herpes. Dokter mungkin akan menambah durasi obat jika herpes tidak sembuh pada saat itu.

Terapi pengobatan secara intermiten

Dokter akan meresepkan obat antiviral asiklovir untuk untuk terapi pengobatan herpes disebut terapi intermiten. Anda bisa minum pil dua sampai lima hari setelah Anda mendapat luka atau saat Anda merasakan gejala herpes.

Umumnya, rasa sakit akibat herpes akan sembuh dan hilang sendiri, tapi mengonsumsi obat bisa mencegah gejala semakin parah dan membuat penyakit untuk segera hilang.

Terapi pengobatan secara supresif.

Untuk gejala herpes yang semakin parah atau sering kambuh, Anda mungkin dianjurkan memakai obat antiviral setiap hari yang disebut terapi supresif.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit herpes lebih dari enam kali dalam setahun, terapi supresif dapat mengurangi tingkat herpes hingga 70% sampai 80%. Banyak orang yang memakai terapi obat antiviral setiap hari tidak memiliki gejala sama sekali.

Namun, dokter akan memutuskan kapan seseorang harus memulai terapi supresif. Faktor yang lebih penting adalah seberapa sering wabah herpes terjadi dan cukup parah untuk mengganggu kehidupan Anda.

Mengambil terapi supresif harian juga dapat mengurangi risiko penularan virus ke pasangan Anda. Obat antiviral juga mengurangi penyebaran atau penularan virus, saat virus membuat salinan baru di permukaan kulit.

Sebuah studi terbaru tentang orang-orang yang memakai dosis harian terapi valacyclovir menunjukkan bahwa obat tersebut dapat mencegah penularan herpes ke pasangan Anda agar tidak terinfeksi, Anda harus tetap menggunakan kondom lateks.

Efek Samping

Efek samping asiklovir untuk terapi obat herpes ini tergolong ringan, dan ahli kesehatan yakin obat ini aman dalam jangka panjang. Asiklovir adalah obat antivirus yang tertua dan keamanannya telah didokumentasikan pada orang-orang yang menggunakan terapi supresif selama beberapa tahun.

Orang yang memakai terapi supresif harus menemui dokter mereka setidaknya setahun sekali untuk memutuskan apakah penggunaan obat terapi harus terus berlanjut, atau dihentikan untuk sementara.

Anda mungkin merasa tidak nyaman akibat mengonsumsi pil asiklovir setiap hari. Dokter dapat membantu Anda membuat pilihan pengobatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • Herpes Genitalis Dampak dan bahaya herpes genitalis ibu hamil. Wanita hamil dengan herpes genital harus berhati-hati - tapi jangan terlalu khawatir berlebihan terkait masalah penularan virus HSV ke tubuh bayi. Seorang ibu hamil dengan virus herpes bisa […]
  • 3 Herbal Ampuh Untuk Obat Alami Herpes Genitalis Herbal Ampuh Untuk Obat Alami Herpes Genitalis. Para ilmuwan telah mempelajari semua pengobatan alternatif atau solusi alami, seperti ekstrak herbal dan suplemen, berdasarkan beberapa klaim pasien herpes genitalis bahwa beberapa herbal […]
  • Eksim Herpetikum Penyakit eksim herpetikum merupakan salah satu jenis penyakit herpes yang ditandai ruam kulit dan melepuh. Penyakit ini sering menyerang anak-anak penderita eksim atopik Apa itu penyakit eksim herpetikum? Eksim herpetikum adalah penyakit […]
  • Herpes Labialis Herpes Labialis, Herpes Pada Mulut dan Bibir Luar (herpes oral). Herpes labialis merupakan penyakit umum akibat infeksi pada daerah mulut oleh virus herpes simpleks tipe 1, sering menyerang orang usia muda pada 20 th-an. Apa itu herpes […]