Darah Tinggi Tak Kunjung Turun? Begini Cara Alami Menurunkannya!

Darah Tinggi Tak Kunjung Turun

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan naiknya tekanan darah di pembuluh darah dalam waktu yang cukup lama. Dan kenaikan dari tekanan darah ini bisa diakibatkan oleh penyempitan pada pembuluh darah sehingga bisa menimbulkan terjadinya penimbunan lemak dan juga zat-zat yang lainnya.

Untuk bisa mengetahui apakah seseorang terkena penyakit hipertensi atau tidak, maka bisa dilakukan kontrol tekanan darah. Terdapat dua tipe pengukuran pada tekanan darah waktu jangan sedang berkontradiksi, tetapi diastol yakni tekanan darah waktu jantung sedang istirahat atau juga sedang relaksasi.

Biasanya, tekanan darah normal pada wanita terjadi sekitar 90-120 untuk sistolik dan 60-80 untuk diastolik. Jika tekanan darah tersebut sudah melebihi angka normal, maka bisa dipastikan bahwa mereka mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Biasanya kontrol tekanan darah akan dikerjakan oleh dokter dengan menggunakan alat shpigmomanometer atau juga lebih sering dikenal dengan nama tensimeter. Dan penyakit hipertensi adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner, gagal ginjal, serta masih banyak lagi.

Gejala penyakit hipertensi adalah :

  1. Munculnya sakit kepala
  2. Terasa pegal pada daerah tengkuk kepala
  3. Pusing dan terasa berputar putar rasanya seperti ingin jatuh
  4. Jantung berdebar dengan sangat cepat dan kencang
  5. Telinga berdenging.

Penyakit hipertensi bisa disebabkan karena adanya penyakit yang mendasarinya. Beberapa penyakit yang mendasari terjadinya penyakit hipertensi adalah :

  1. Penyakit diabetes
    Penyakit diabetes terjadi disaat insulin mengalami gangguan. Insulin harus dikendalikan supaya gula darah bisa terkendali dengan baik. dan cara mengaturnya adalah dengan memperbaiki pola makan, melakukan latihan fisik, dan menggunakan obat-obatan. Komplikasi yang bisa saja muncul adalah kehilangan kesadaran, kerusakan di pembuluh darah yang bisa menimbulkan sakit ginjal, dan lainnya.
  2. Rematik
    Penyakit rematika dalah salah satu jenis penyakit yang berhubungan erar dengan imunitas tubuh, sehingga penyebab rematik hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas. Jenis dari penyakit rematik bisa menyerang bagian organ tubuh misalnya dibagian hati, ginjal, limpa, jantung, serta bagian tubuh yang lain.
  3. Kadar lemak darah yang tinggi
    Kadar lemak darah yang tinggi yang bisa menimbulkan berbagai gangguan penyakit adalah penimbunan pada pembuluh darah. sehingga bisa berdampak terjadinya penyakit jantung koroner.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tak Kunjung Turun

Cara menurunkan darah tinggi atau hipertensi secara  tradisional adalah :

  1. Jus seledri
    Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang bisa membantu untuk mengobati penyakit hipertensi secara alami. seledri sudah digunakan sejak lama sebagai obat untuk membantu cara menurunkan hipertensi secara tradisional. Hal ini didukung karena adanya kandungan kalium, mineral, dan juga antioksidan yang sangat baik. seledri juga mengandung kandungan senyawa 3-n-butil-pethalide yang bisa bermanfaat dalam membantu merenggangkan serta membantu melebarkan otot dinding arteri sehingga akan membantu mengalurkan darah lebih lancar lagi. Selain itu, pthalides yang ada didalamnya juga berguna dalam membantu mengurangi hormon stress yang pada akhirnya berdampak dari terjadinya pembuluh darah mengerut.
  2. Bawang putih
    Cara menurunkan hipertensi dengan bawang putih adalah bisa berguna karena adanya kandungan senyawa alisin didalamnya yang akan membantu melebarkan serta mencegah terjadinya pembekuan darah, penyebab yang menjadi terjadinya penyakit hipertensi. Selain itu, karakter dari bawnag putih yang menghindari darah tinggi adalah kemampuannya yang bisa bekerja untuk lemak serta juga membantu menurunkan kandungan kolesterol jahat didalam tubuh.
  3. Melakukan diet tekanan darah tinggi
    Yang harus dilakukan sebagai cara menurunkan hipertensi adalah dengan melakukan diet konsumsii garam. Jangan meletakkan garam diatas meja makan Anda hal ini bertujuan untuk bisa menghindari tambahan asupan garam saat Anda sedang menyantap makanan. Dan disamping itu juga, tentukanlah makanan yang mengandung sodium rendah. Membatasi asupan makan daging serta keju, dan menjauhi makanan ringan dengan cita rasa asin didalamnya.
  4. Mengonsumsi suplemen yang mengandung potasium/kalium 2-4 gram/hari. Potasium yang biasa ada didalam buah-buahan dan juga sayuran misalnya adalah seperti buah alpukat, buah melon, pare, labu siam, bligo, labu parang, mentiimun, lidah buaya dan masih banyak lagi.
  5. Makanan dengan kandungan unsur omega-3
    Cara menurunkan hipertensi dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung unsur omega-3. Makanan yang mengandung unsur omega-3 didalamnya juga bsia bekerja untuk membantu menurunkan hipertensi dan juga bisa membantu menyembuhkan hipertensi. Biasanya yang digabungkan dengan sebagian dari obat diuretik misalnya adalah seperti talet hydrochlorothiazide (hct) serta lasix (furosemide). Obat-obatan ini adalah jenis golongan obat hipertensi yang bsia bekerja untuk merangsang terjadinya pengeluaran dari cairan tubuh yang melewati urin. Dan ada juga jenis beta blockers misalnya seperti atenolol, dan capoten. Obat-obatan ini kebanyakan digunakan untuk usaha membantu mengendalikan tekanan darah dan juga sebagai langkah awal untuk membantu melanbatkan kinerja jantung dan juga membantu memperlebar vasodilatasi pada pembuluh darah.

Lakukanlah cara diatas dengan teratur untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Itulah infomarsi mengenai cara menurunkan hipertensi secara tradisional. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Tips Menurunkan Darah Tinggi Dengan Alami, Cepat Dan Ampuh Menurunkan Darah Tinggi Dengan Alami, Cepat Dan Ampuh. Silakan dibuktikan! Hipertensi sering menjadi masalah dalam kalangan masyarat saat ini penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor empat selain HIV aids dan jantung jadi anda […]
  • Hubungan Diabetes Dan Hipertensi Diabetes Dan Hipertensi. Apa hubungan antara diabetes dan hipertensi? Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, merupakan kondisi yang sering mempengaruhi orang-orang dengan penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2. Tidak diketahui secara […]
  • Hipertensi (Darah Tinggi) Penyakit hipertensi adalah kondisi dimana ada peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah arteri. penyakit hipertensi juga sering disebut dengan darah tinggi, karena apabila di ukur maka tekanan darah memang melebihi batas normal. […]
  • Penyebab Penyakit Hipertensi Hipertensi adalah penyakit yang menyerang pada bagian darah yang mengalami penaikkan dan penyakit ini disebut dengan tekanan darah tinggi. jika membahas tentang penyakit penderita hipertensi, penyebabnya pun sangat banyak dan nanti akan […]
  • Obat Metformin HCL Merk pasaran: Glucophage. Nama generik: metformin. Apa manfaat obat metformin? Bagaimana cara kerja obat metformin? Apa saja efek sampingnya? Apa saja gejala jika overdosis metformin? Metformin adalah obat diabetes untuk mengontrol […]