Apa Itu Hipopituitarisme? Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Apa Itu Hipopituitarisme? Kelenjar pituitari menghasilkan sejumlah hormon atau bahan kimia yang dilepaskan ke dalam darah untuk mengendalikan kelenjar lain di dalam tubuh. Jika hipofisis tidak memproduksi satu atau lebih dari hormon ini, atau tidak menghasilkan dengan jumlah cukup, maka kondisi ini dikenal sebagai hipopituitarisme.

Apa definisi hipopituitarisme?

Hipopituitarisme adalah kurang aktifnya kelenjar pituitary sebagai akibat defisiensi satu atau lebih hormon hipofisis. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk gangguan inflamasi tertentu, tumor pituitari, atau suplai darah yang tidak mencukupi ke kelenjar pituitari.

Istilah Multiple Pituitary Hormone Deficiency (MPHD) kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika hipofisis tidak memproduksi dua atau lebih hormon.

Sedangkan istilah panhypopituitarism adalah jika semua hormon atau produksi hormon oleh hipofisis anterior dianggap tidak adekuat atau tidak ada sama sekali, sehingga mempengaruhi fungsi kelenjar pituitari serta mengganggu sekresi hipotalamus.

Apa penyebab hipopituitarisme

Penyebabnya utama yang mempengaruhi pituitari

– Tumor hipofisis
– Pasokan darah yang tidak memadai ke hipofisis (karena pendarahan hebat, pembekuan darah, anemia, atau kondisi lainnya)
– Infeksi
– Gangguan inflamasi seperti sarkoidosis (penyakit yang menyerupai tuberkulosis).
– Peradangan kelenjar di bawah otak akibat obat antibodi monoklonal antikanker (ipilimumab atau obat terkait)
– Iradiasi (termasuk untuk tumor otak)
– Operasi pengangkatan jaringan pituitari
– Gangguan autoimun

Penyebabnya utama mempengaruhi hipotalamus, yang kemudian mempengaruhi pituitari

– Tumor hipotalamus
– Gangguan inflamasi
– Cedera kepala
– Kekurangan hormon hipotalamus

Apa gejala hipopituitarisme?

Meskipun gejala kadang-kadang dimulai secara tiba-tiba dan dramatis, biasanya dibarengi berbagai komplikasi yang muncul dan dimulai secara bertahap, mungkin tidak dikenali untuk waktu yang lama.

Gejala tergantung pada hormon hipofisis mana yang kurang. Dalam beberapa kasus, biasanya, tingkat beberapa hormon menurun pada secara bersamaan (panhypopituitarism).

Pada anak-anak, kekurangan hormon pertumbuhan biasanya menyebabkan pertumbuhan buruk dan tinggi badan pendek.

Pada orang dewasa, defisiensi hormon pertumbuhan tidak mempengaruhi tinggi badan, karena tulangnya sudah tumbuh. Orang dewasa biasanya tidak memiliki gejala selain kadang mengurangi energi.

Gejala hipopituitarisme khas

– kelelahan berlebih dan penurunan energi
– kelemahan otot
– pengurangan rambut tubuh
– Pada wanita, periode menstruasi tidak teratur (oligomenorrhoea) atau kehilangan fungsi menstruasi normal (amenorrhoea)
– Pada pria: disfungsi er*ksi
– Infertilitas atau mengurangi kesuburan
– penurunan libido
– penambahan berat badan
– Sensitivitas meningkat terhadap dingin
– sembelit
– kulit kering
– penampilan pucat
– Tekanan darah rendah dan pusing pada posisi berdiri (hipotensi postural)
– sakit kepala
– gangguan penglihatan
– Mendapat diabetes insipidus

Setiap gejala yang digambarkan di atas terjadi sebagai respons terhadap hilangnya satu atau lebih hormon yang diproduksi oleh hipofisis. Penurunan produksi hanya satu hormon tidak akan menyebabkan semua gejala yang dijelaskan di atas.

Baca artikel lanjutannya: Komplikasi-komplikasi hipopituitarisme

Beri Vote Jika Bermanfaat
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!