Pengobatan Hipopituitarisme: Obat, Terapi & Mengganti Hormon

Pengobatan Hipopituitarisme: Obat, Terapi & Mengganti Hormon

Pengobatan hipopituitarisme didasarkan pada penanganan penyebab kelainan pituitari dan mengganti defisiensi/ kekurangan hormon.

Pengobatan penyebab

Bila penyebab kekurangan hormon hipofisis adalah tumor, operasi pengangkatan tumor seringkali merupakan pengobatan pertama yang paling tepat.

Penghapusan tumor juga biasanya mengurangi gejala tekanan dan masalah penglihatan yang disebabkan oleh tumor. Untuk semua bentuk operasi, kecuali tumor besar, operasi biasanya bisa dilakukan melalui hidung (transphenoidal).

Radiasi sinar proton pada kelenjar pituitary dapat digunakan untuk menghancurkan tumor. Untuk tumor besar yang telah melampaui struktur tulang di dasar otak dimana hipofisis berada (sella turcica) tidak mungkin dihilangkan dengan pembedahan saja. Jika demikian, dokter menggunakan radiasi super tegangan tinggi yang dilakukan setelah operasi untuk membunuh sel tumor yang tersisa.

Efek samping Iradiasi kelenjar pituitari cenderung menyebabkan kelambatan fungsi hipofisis. Kerugiannya mungkin sebagian atau seluruhnya. Oleh karena itu, fungsi kelenjar target umumnya dievaluasi setiap 3 sampai 6 bulan untuk tahun pertama dan setelahnya paling sedikit 10 tahun setelah perawatan.

Tumor yang memproduksi prolaktin dapat diobati dengan obat yang cepat bertindak seperti dopamin, termasuk bromocriptine atau cabergoline. Obat ini bisa mengecilkan tumor sekaligus menurunkan kadar prolaktin.

Penggantian hormon

Pengobatan juga berfokus pada penggantian hormon yang mengalami defisiensi, biasanya bukan dengan mengganti hormon hipofisis, melainkan dengan mengganti hormon targetnya.

Misalnya, orang yang kekurangan hormon stimulan tiroid, maka diberi hormon tiroid. Mereka yang kekurangan ACTH, bisa diberi hormon adrenokortikal seperti hidrokortison. Mereka yang kekurangan hormon luteinizing dan hormon stimulan folikel, bisa diberi estrogen, progesteron, atau testosteron.

Pengobatan hormon pertumbuhan harus diberikan dengan suntikan. Ketika itu diberikan kepada anak-anak yang memiliki defisiensi hormon pertumbuhan sebelum perkembangan tulang berhenti, hormon pengganti bisa mencegahnya dari pertumbuhan badan yang pendek(kerdil)

Hormon pertumbuhan sekarang juga digunakan untuk mengobati untuk orang dewasa yang memiliki defisiensi hormon pertumbuhan dalam rangka memperbaiki komposisi tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan energi, dan menjaga kualitas hidup.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Pituitari Masalah yang paling umum terjadi pada penyakit kelenjar pituitari adalah ketika tumor jinak yang juga disebut adenoma, berkembang. Tumor hipofisis bukan berarti 'tumor otak'. Istilah tumor jinak digunakan oleh dokter untuk menggambarkan […]
  • Diagnosa Dan Pemeriksaan Fisik Hipopituitarisme Karena kelenjar pituitari menstimulan kelenjar-kelenjar lain, kekurangan hormon hipofisis sering mengurangi jumlah hormon yang diproduksi kelenjar lainnya. Oleh karena itu, dokter mempertimbangkan kemungkinan terjadinya malfungsi […]
  • Akromegali Apa itu akromegali? Nama Akromegali berasal dari bahasa Yunani, akro berarti ekstremitas; dan megali bermakna berlebihan. Akromegali adalah kelainan hormonal yang diakibatkan oleh terlalu banyak hormon pertumbuhan (Growth Hormone -GH) […]
  • Apa Itu Sindrom Nelson? Pelajari Lebih Lanjut…. Sindrom Nelson adalah istilah untuk menggambarkan pembesaran tumor penghasil hormon adrenokortikotropik di kelenjar pituitari, setelah operasi pengangkatan kedua kelenjar adrenal pada pasien dengan penyakit Cushing. Penyakit cushing […]
  • Hipopituitarisme Apa Itu Hipopituitarisme? Kelenjar pituitari menghasilkan sejumlah hormon atau bahan kimia yang dilepaskan ke dalam darah untuk mengendalikan kelenjar lain di dalam tubuh. Jika hipofisis tidak memproduksi satu atau lebih dari hormon ini, […]