Hipospadia

Hipospadia

Kenalkan anda dengan istilah medis tentang hipospadia. Ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada uretra atau biasa disebut dengan saluran kemih dan penis. Tahukah bahwa gangguan ini dapat terjadi pada kondisi bayi yang baru lahir. Gangguan dimana adanya kelainan secara genetika yang dapat diderita semenjak kelahiran seorang bayi laki-laki. Kelainan yang hanya diderita oleh laki-laki ini sebaiknya dapat dideteksi sejak awal dan segera dilakukan pengobatan.

Kondisi ini terjadi apabila lubang pengeluaran urine terletak di bawah pen1s, lain dengan kondisi normal yang berada di ujung peni*s. Kondisi ini pula yang dapat mengganggu proses buang air kecil pada anak laki-laki.

Untuk pembahasan yang lebih jelas tentang gangguan saluran kemih ini, mungkin anda dapat menyempatkan waktu untuk sejenak membaca artikel ini sebagai bahan informasi. Berikut ulasan lengkapnya:

Apakah itu sebenarnya hipospadia? Merupakan sebuah kelainan yang hanya diderita oleh laki-laki. kelainan ini adalah kelainan bawaan pada laki-laki di area saluran kemih dan p3nis. Selain sebagai saluran untuk sistem kemih, juga berfungsi dalam reproduksi. Pada fungsi reproduksi inilah saluran kemih dapat mengeluarkan sperma pada seorang pria. Menurut data yang ada, perbandingan antara kulit hitam dengan kulit putih, bahwa orang dengan kulit putih lebih cenderung mudah menderita kelainan ini dibandingkan dengan orang kulit hitam.

Gejala  Hipospadia

Berikut beberapa gejala yang dapat diketahui bila seorang bayi laki-laki mengalami gangguan penyakit anak ini, antara lain:

  1. Tidak ada gangguan pada pengeluaran urinenya (proses buang air kecil normal dan baik), hanya saja letak dari lubang saluran uretra ini tidak pada semestinya.
  2. Aliran urin yang dikeluarkan tidak seperti pada kondisi normalnya sehingga mengharuskan penderitanya dalam posisi duduk saat buang air kecil.
  3. Pada kondisi seorang pria, akan ada gangguan ejakulasi dan saat ereksi pe*nis tidak dapat berdiri tegak. Kondisi ini juga yang membuat pria tidak subur dalam reproduksinya.
  4. Gejala tak akan dirasakan pada usia bayi dan anak-anak, namun akan terasa saat usia beranjak dewasa karena ada gangguan terhadap proses ereksi dan pengeluaran urine. Pada kondisi hubungan seksual, cairan sperma tidak akan masuk pada rahim wanita. Sehingga dalam proses tersebut, sperma tidak bertemu dengan sel telurnya dan tidak terjadi adanya pembuahan.
  5. Parah atau tidaknya gangguan ini tergantung pada letak saluran uretra. Sehingga yang dialami pria satu dengan lainnya tidaklah sama.
  6. Gangguan ini dapat dianggap parah apabila lubang saluran kemih ada pada bagian tengah atau pangkal p*enis.
  7. Kulup berada pada ujung p3nis.
  8. Adanya jaringan di bawah peni5 yang kencang membuat pe*n*is melengkung ke arah bawah.

Penyebab Hipospadia

Sebenarnya apa saja faktor penyebab kelainan ini sehingga bayi laki-laki bisa terjadi kelainan ini, diantaranya karena faktor:

  1. Adanya faktor genetik atau keturunan, sehingga kondisi ini dapat terjadi pada anak yang baru lahir dengan riwayat anggota keluarga yang mengalami hal serupa. Sejauh ini, masih belum benar-benar jelas dan pasti penyebab utama dari kelainan ini.
  2. Selain itu, pakar juga menyatakan bahwa kelainan ini diakibatkan oleh terhambatnya hormon pembentukan pen**is pada janin dalam masa masih di perut ibunya. Contoh hormon yang terhambat, seperti hormon testosteron.
  3. Faktor usia ibu: ibu yang hamil diatas usia 40 tahun, karena di usia tersebut risiko terjadinya kelainan lebih besar dibanding hamil dibawah usia tersebut.
  4. Adanya konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia di saat ibu sedang dalam masa kehamilan seperti merokok atau makanan yang masih mengandung pestisida.

Cara Mengobati

Pengobatan terbaik adalah dengan menangani kondisi di atas dengan cepat dan benar. Bila seorang anak laki-laki mengalami kondisi diatas, terutama permasalahan tentang lubang uretra yang tidak sesuai pada posisi normalnya, segera periksakan kepada dokter sehingga dilakukan penanganan sesuai gejala yang terjadi tersebut.

Pada waktu kelahiran, diagnosis dokter dapat dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Hanya dilihat dari kondisi fisik dari p@enis bayi tersebut tanpa dilakukan tes-tes seperti penyakit lainnya. Ini terjadi pada penderita yang tidak parah.

Sementara pada kondisi yang parah, perlu dilakukan tes kromosom dan proses untuk memindahi area genital. Penanganan medis sangat diperlukan guna mencegah kelainan yang berakhir lebih fatal dan parah.

Penanganan medis yang lainnya adalah dengan cara operasi uretra, dengan diagnosis dimana lubang saluran kemih jauh dari posisi normalnya. Dokter perlu merekonstruksi lubang dari uretra tersebut dan syaratnya jangan sampai anak disunat terlebih dahulu.

Mungkin demikian sedikit informasi tentang hipospadia ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi ibu hamil yang perlu melakukan pola hidup sehat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Impetigo Menjaga kebersihan memang sangat perlu demi tetap sehatnya badan kita. Banyak sekali penyakit yang menyerang seseorang yang disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan. yang harus diperhatikan pada konteks ini adalah menjaga […]
  • Gastroschisis Gastroschisis merupakan cacat lahir pada bagian dinding perut, Pada kasusnya di mana usus bayi tergantung keluar dari tubuh tanpa lapisan daripada pelindung melalui lubang di dekat bagian pusar. Penyakit ini adalah cacat lahir yang […]
  • 12 Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Multiple Sklerosis (MS) Yang Spesifik Multiple sclerosis (MS) dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun. Setiap orang dengan kondisi ini terpengaruh secara berbeda. Gejala Multiple sclerosis tidak bisa ditebak. Beberapa gejala orang […]
  • Gastritis Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, […]
  • Manfaat Magnesium Sitrat Bagi Tubuh Diabetes Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh penderita diabetes. Hypomagnesaemia atau kekurangan magnesium sering terlihat pada pasien diabetes sehingga mereka butuh tambahan suplementasi magnesium untuk melengkapi kebutuhan […]