Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Definisi Penyakit / Leukemia Mieloid Kronik

Leukemia Mieloid Kronik

(0)

Leukemia mieloid kronik (CML – Chronic myeloid leukaemia) adalah salah satu bentuk dari kanker darah yang berkembang secara perlahan dan mempengaruhi sel darah putih sebagai sel myeloid.

Leukemia myeloid kronis (CML) mempengaruhi sel induk penghasil sel myeloid. Sel induk myeloid menjadi satu dari tiga jenis sel darah matang:

– Sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
– Trombosit untuk proses pembekuan ketika ada pendarahan
– Granulosit (sel darah putih) yang melawan infeksi dan penyakit.

Orang dengan Leukemia mieloid kronis menghasilkan terlalu banyak granulosit. Granulosit tidak dikembangkan sepenuhnya dan berfungsi dengan buruk. Seiring waktu, sel-sel yang tidak sehat menumpuk dan mulai mengisi sumsum tulang, mencegahnya memproduksi sel darah sehat.

Leukemia mieloid kronik berlangsung perlahan tapi pasti, meski bisa diobati, biasanya perawatan standar belum tentu dapat menyembuhkan penyakit secara totalitas.

Gejala Leukemia mieloid kronik

Banyak pasien dengan CML tidak memiliki gejala pada saat mereka didiagnosis. CML ditemukan setelah tes darah sebagai bagian dari pemeriksaan fisik rutin atau untuk kondisi lain.

Tidak ada tanda atau gejala khusus yang memungkinkan diagnosis CML dibuat. Tanda dan gejala yang paling umum disebabkan oleh sumsum tulang karena tidak mampu menghasilkan sel darah normal yang cukup, termasuk

– Anemia
– Kelemahan, kelelahan, sesak napas, pusing, jantung berdebar
– Infeksi lebih sering, lebih parah dan bertahan lama
– Demam, malaise dan berkeringat
– Purpura (memar kecil di kulit), mimisan, gusi berdarah
– Perdarahan dan memar – karena kekurangan platelet
– Pembengkakan limfa (sekitar setengah dari semua pasien) atau pembengkakan hati

Diagnosa leukemia mieloid kronis

CML sering didiagnosa saat sampel darah diambil untuk kondisi lain atau sebagai bagian dari pemeriksaan rutin. Sebagian besar pasien dengan CML akan diambil sampel sumsum tulang untuk mengkonfirmasi diagnosis dan membantu menentukan jenis leukemia yang sebenarnya dimiliki pasien.

Kromosom Philadelphia

Pemeriksaan penting dalam CML adalah mencari kelainan spesifik pada kromosom sel CML. Ini bukan kelainan genetik bawaan karena tidak ditemukan pada sel non-leukemia. Ini disebut kromosom Philadelphia yang terbentuk saat kromosom 9 dan kromosom 22 bertukar bagian DNA mereka.

Ada pembentukan gen “fusi” abnormal yang disebut BCR-ABL. Gen BCR-ABL bertanggung jawab atas perilaku abnormal sel CML.

BCR-ABL juga menjadi target untuk jenis perawatan terbaru. Hanya sekitar 1 dari 20 pasien dengan CML yang tidak memiliki gen BCR-ABL – ini disebut CML atipikal.

Jumlah protein yang dihasilkan oleh gen BCR-ABL dapat diukur dalam darah dan merupakan cara yang sangat baik untuk memantau respons terhadap pengobatan.

Biasanya, x-ray dada akan dipindai untuk mencari kelenjar getah bening bengkak. Sampel darah juga diambil untuk menguji adanya masalah dengan hati, ginjal atau organ lainnya.

Beberapa tes darah dan scan akan diulang untuk memeriksa respons terhadap pengobatan dan adanya komplikasi apapun.

Tes lainnya biasanya juga dilakukan saat diagnosis. Tes lain itu meliputi: Sinar-X, ultrasound atau scan (CT atau MRI) untuk memantau dampak kanker darah pada organ tubuh.

Pengobatan

Pengobatan dan penanganan CML adalah:

– Kemoterapi
– Terapi yang ditargetkan
– Terapi radiasi
– Transplantasi sel induk

Sebagian kecil pasien muda sangat cocok diberi transplantasi sel induk (transplantasi sumsum tulang belakang). Hal ini dilakukan dengan menggunakan sel induk sehat dari pendonor

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :