Apakah Leukemia Mieloid Akut Bisa Disembuhkan?

Leukemia AML Bisa Sembuh

Leukemia AML bisa disembuhkan dengan perawatan standar, terutama untuk pasien yang lebih muda dengan kondisi lebih fit. Untuk pasien yang lebih tua atau kurang fit akibat usia, juga bisa menerima respons pengobatan awal yang baik, namun kemungkinan bisa kambuh kembali karena kelemahan fisiknya.

Uji klinis untuk menentukan jenis pengobatan

Jika Anda dirawat untuk Leukemia Mieloid Akut, Anda mungkin diminta untuk menjalani uji klinis sebelum dokter menentukan jenis pengobatan. Uji klinis adalah penelitian ilmiah untuk menemukan pengobatan terbaik; Anda dapat menemukan lebih banyak informasi di dokter yang menangani penyakit Anda.

Hampir semua pasien dengan AML akan segera memulai perawatan. Pengecualian utama adalah jika pasien dengan bentuk AML parah, ditambah masalah medis lainnya dan tidak cukup fit untuk menerima perawatan.

Jenis-jenis pengobatan AML

Pengobatan utama AML adalah:

– Kemoterapi, ayitu obat pembunuh sel kanker
– Terapi radiasi, biasanya hanya diberikan sebagai bagian dari transplantasi sel induk (stem sel)
– Transplantasi sel induk – Pasien akan mendapat transplantasi sel induk (sumsum tulang) yang diambil dari sel induk sehat dari pendonor. Transplantasi stem sel hanya dilakukan tubuh tidak menanggapi pengobatan dengan kemoterapi

Kemoterapi

Kemoterapi adalah obat untuk membunuh sel kanker dan menghentikan sel kanker untuk membagi, bereplikasi, atau membelah memperbanyak salinan dirinya.

Kemoterapi biasanya diberikan dalam sebuah siklus pengobatan. Satu siklus pengobatan akan terdiri dari serangkaian dosis kemoterapi diikuti dengan fase istirahat agar sel sehat kembali pulih dari pengaruh kemo itu sendiri.

Kemoterapi intratektal

Sel AML dapat ditemukan di cairan di sekitar otak dan tulang belakang, disebut cairan CSF (cairan serebrospinal). Jika ini terjadi, maka kemoterapi mencakup suntikan ke cairan ini yang disebut kemoterapi intratekal.

Kombinasi kemoterapi dan obat

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai kombinasi obat. Jika pasien dengan APL (leukemia promyelocytic akut) diberi kemoterapi AML standar, ada risiko perdarahan hebat.

Hal ini bisa dihindari dengan memberi obat yang disebut retinoin atau asam retinoat yang membuat sel APL menjadi matang dan mati secara alami.

Terkadang obat berbasis arsenik digunakan sebagai gantinya, biasanya sebagai pengobatan lini kedua. Pengobatan retinoin dan arsenik kadang diberikan bersamaan dengan kemoterapi standar.

Rincian pengobatan akan bervariasi tergantung pada jenis spesifik AML, usia dan kondisi kebugaran secara umum. Pasien akan diberi kesempatan untuk mendiskusikan pilihan pengobatan dan informasi rinci mengenai rencana perawatan sebelum dimulai. Efek samping pengobatan bervariasi antara jenis pengobatan dan kondisi pasien satu sama lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apakah Leukemia Kronik CML Bisa Diobati Dan Disembuhkan? Ada 4 metode pengobatan untuk kesembuhan Leukemia Mieloid Kronik (CML), yaitu: kemoterapi, terapi tertarget, terapi radiasi, dan transplantasi stem sel. Jika Anda dirawat untuk apapun jenis leukemia, Anda mungkin diminta mempertimbangkan […]
  • Levofloksasin, Antibiotik Untuk Neutropenia Pada Leukemia Anak-Anak Leukemia menandakan makna bahwa sel darah yang belum matang bermutasi menjadi sel kanker. Sel-sel mentah ini tidak bekerja sebagaimana mestinya dan mereka menyingkirkan sel darah sehat di sumsum tulang. Peneliti Rumah Sakit St. Jude […]
  • Vaksinasi HPV Beri Perlindungan Anak Dari Kanker Darah Leukemia Vaksinasi HPV adalah vaksin untuk perlindungan terhadap virus menular yang disebut HPV atau human papilloma virus. Jika dibiarkan terus berkembang, virus dapat menyebabkan kanker serviks, kanker anal, leukemia, kanker tenggorokan dan […]
  • Apa Leukemia Limfoblastik Kronik CLL Bisa Diobati Dan Disembuhkan? Apakah leukemia kronik CLL bisa sembuh? Leukemia kronik CLL sulit untuk bisa sembuh dengan perawatan standart namun mereka bisa mendapatkan hidup lebih lama. Kebanyakan, pasien tidak perlu memulai pengobatan segera setelah diagnosis, […]
  • Leukemia Mieloid Akut Leukemia Mieloid Akut (AML) adalah bentuk kanker darah, yang mempengaruhi sel darah putih yang dikenal sebagai sel myeloid, salah satu bentuk leukemia cepat berkembang. Sel darah terbentuk di sumsum tulang, yang merupakan jaringan […]