Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Darah / Apa Leukemia Limfoblastik Kronik CLL Bisa Diobati Dan Disembuhkan?

Apa Leukemia Limfoblastik Kronik CLL Bisa Diobati Dan Disembuhkan?

(0)

Apakah leukemia kronik CLL bisa sembuh? Leukemia kronik CLL sulit untuk bisa sembuh dengan perawatan standart namun mereka bisa mendapatkan hidup lebih lama. Kebanyakan, pasien tidak perlu memulai pengobatan segera setelah diagnosis, namun butuh pemeriksaan rutin yang dikenal sebagai “watch and wait” atau “active monitoring”.

Ada kriteria jelas mengenai kapan pengobatan harus dimulai. Pengobatan dilakukan bila ada bukti tahap maju penyakit atau saat gejala menyebabkan distress.

Meskipun CLL tidak dapat disembuhkan dengan perawatan standar; ada kemungkinan pengecualian yaitu transplantasi sel punca (stem cell) pada sejumlah kecil penderita usia muda yang memiliki tubuh fit. Meskipun tidak dapat disembuhkan, banyak pasien CLL hidup bertahan lama.

Pengobatan standar

Pengobatan utama untuk Leukemia Limfoblastik Kronik – CLL, adalah:

1. Kemoterapi – Obat pembunuh sel kanker
2. Terapi biologis – Perawatan dengan menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel leukemia, dikenal sebagai antibodi monoklonal
3. Terapi radiasi – Terkadang diberikan secara lokal untuk meringankan gejala yang disebabkan oleh pembengkakan limpa.
4. Transplantasi sel induk – Sebagian kecil pasien usia lebih muda / lebih bugar dapat diberi transplantasi sel induk sehat dari pendonor

Kemoterapi

Kemoterapi adalah agen pembunuh sel kanker dan menghentikan laju sel untuk membelah. Kemoterapi biasanya diberikan dalam bentuk siklus pengobatan. Satu siklus pengobatan terdiri dari serangkaian dosis yang diikuti dengan tahap istirahat untuk memberi waktu pemulihan sel sehat

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai kombinasi obat. Meskipun beberapa pasien dengan penyakit CLL stadium awal dapat diobati dengan obat tunggal.

Rincian pengobatan akan bervariasi tergantung pada tahap CLL, usia dan tingkat kebugaran fisik secara umum. Pasien akan diberi kesempatan untuk mendiskusikan pilihan pengobatan dan informasi rinci tentang rencana perawatan sebelum memulai pengobatan.

Efek samping pengobatan bervariasi antara berbagai jenis pengobatan dan kondisi pasien yang berbeda antara satu dengan yang lain. Tanyakan pada dokter Anda tentang informasi manfaat pengobatan dan efek sampingnya.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :