Apakah Leukemia Kronik CML Bisa Diobati Dan Disembuhkan?

Ada 4 metode pengobatan untuk kesembuhan Leukemia Mieloid Kronik (CML), yaitu: kemoterapi, terapi tertarget, terapi radiasi, dan transplantasi stem sel.

Jika Anda dirawat untuk apapun jenis leukemia, Anda mungkin diminta mempertimbangkan untuk mengambil bagian dalam percobaan klinis. Uji klinis adalah penelitian laboratorium untuk menetukan jenis pengobatan terbaik.

Semua pasien CML memulai pengobatan segera setelah diagnosis, kecuali untuk pasien usia lanjut atau lemah yang mungkin tubuh kurang layak untuk mentolerir pengobatan.

Tirosin kinase

CML tidak bisa disembuhkan dengan perlakuan standar; dengan kemungkinan pengecualian transplantasi sel punca pada sejumlah kecil pasien muda dan / atau lebih fit.

Meskipun sulit untuk dipulihkan, kelas baru obat yang disebut tirosin kinase (TK) telah mengubah pengobatan CML dari sulit menjadi bisa. Sebagian besar pasien CML sekarang mendapat kelangsungan hidup yang lama dengan kualitas hidup yang baik.

Ada tiga jenis tirosin kinase yang saat ini digunakan di negara Inggris, yaitu imatinib (Glivec), nilotinib (Tasigna) dan dasatinib (Sprycel).

Dasar pengobatan CML

Pengobatan utama untuk penyembuhan Leukemia Mieloid Kronik – CML adalah:

1. Kemoterapi – Obat pembunuh sel
2. Terapi yang ditargetkan – Perawatan dengan melemahkan sel leukemia spesifik sebagai target terapi. Dalam kasus CML, target terapi adalah protein yang dihasilkan oleh gen BCR-ABL
3. Terapi radiasi – Biasanya hanya digunakan sebagai bagian dari transplantasi sel punca
4. Transplantasi sel induk/stem sel – Sebagian pasien CML usia muda bisa diberi transplantasi sel induk (transplantasi sumsum tulang belakang) dari sel induk sehat pendonor

Leukemia kronik CML bisa sembuh

Sekarang, terapi yang ditargetkan dikombinasi dengan tirosin kinase merupakan pengobatan yang paling banyak digunakan untuk CML. Perawatan ini telah mengubah pandangan pasien CML yang ragu dengan pengobatan medik.

Sebelum tirosis kinase (TK) diperkenalkan, kelangsungan hidup rata-rata setelah diagnosis sekitar tujuh tahun. Sekarang peluang hidup untuk pasien CML diharapkan lebih lama, mungkin sebagian besar, pasien CML akan memiliki harapan hidup normal atau mendekati normal.

Kemoterapi adalah agen pembunuh sel kanker, dan menghentikan sel kanker bereplikasi memperbanyak salinannya. Kemoterapi biasanya diberikan sebagai ‘siklus’ pengobatan. Satu siklus pengobatan terdiri dari serangkaian dosis kemoterapi diikuti dengan istirahat agar sel sehat pulih kembali.

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai kombinasi obat. Ada berbagai obat dan kombinasi yang dapat digunakan untuk pasien yang CML tidak menanggapi pengobatan dengan tirosin kinase (TK).

Pasien akan diberi kesempatan untuk mendiskusikan pilihan pengobatan dan informasi rinci mengenai rencana perawatan mereka sebelum dimulai. Efek samping pengobatan bervariasi antara berbagai jenis pengobatan dan kondisis pasien yang berbeda.

Sebelum diperkenalkannya TK, transplantasi sel induk adalah pengobatan pilihan untuk mereka pasien yang fit dan memiliki donor cocok.

Perawatan ini sekarang diperuntukkan bagi pasien fit muda yang memiliki saudara kandung yang sepenuhnya cocok (saudara laki-laki atau perempuan) yang dapat menyumbangkan sel induk sehat. Pasien CML akan diberi informasi rinci tentang kemungkinan efek samping sebelum perawatan dimulai.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!