7 Faktor Penting  Yang Menyebabkan Anda Berisiko Tinggi Terkena Melanoma.

7 Faktor Penting Yang Menyebabkan Anda Berisiko Tinggi Terkena Melanoma.

Siapa pun dapat mengembangkan kanker kulit melanoma, yang berarti semua warga Indonesia yang sering terpapar radiasi sinar ultraviolet, terutama UVB, mereka harus menggunakan pelindung matahari dan mendapatkan pemeriksaan kulit secara teratur.

Berikut adalah tujuh faktor yang menyebabkan Anda berisiko lebih tinggi terkena melanoma.

1. Anda memiliki banyak tahi lalat

Jika Anda memiliki sejumlah besar tahi lalat, Anda memiliki peningkatan risiko melanoma. Namun terkadang, sangat jarang, kanker melanoma juga dapat berkembang dengan hanya satu tahi lalat saja di tubuh Anda.

Jika Anda memiliki sejumlah besar tahi lalat, penting untuk mendapatkan pemeriksaan kulit seluruh tubuh secara teratur sehingga dokter dapat melacak perubahan apa pun, diagnosis dini sangat penting bagi hidup Anda. Semakin lama Anda menderita melanoma tidak terdiagnosa , semakin sulit diobati.

2. Anda memiliki riwayat pribadi kanker kulit

Riwayat kanker kulit sebelumnya akan meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan kanker kulit lebih lanjut. Seringkali insiden ini ditandai dengan mudah rusaknya kulit yang terkena sinar matahari.

3. Riwayat melanoma dalam anggota keluarga Anda

Sebagian besar kanker kulit dapat dikaitkan dengan paparan sinar UV, namun beberapa melanoma muncul pada kulit secara tersembunyi dan lebih mungkin disebabkan oleh gen yang diwariskan.

Jika seorang anggota keluarga didiagnosis dengan melanoma pada usia dini atau dengan beberapa melanoma, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapat melanoma.

4. Riwayat terbakar sinar matahari (sunburn)

Mendapatkan hanya lima sunburns akan menggandakan risiko kanker kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit putih cerah, atau kulit Anda sangat rentan terhadap pembakaran matahari, Anda akan memiliki peningkatan risiko untuk kanker kulit.

Tak hany kulit putih, orang dengan jenis kulit hitam pun juga bisa terkena kanker kulit, misalnya, penyanyi Bob Marley, ia meninggal karena melanoma di jari kakinya.

Ingat bahwa tidak semua gejala melanoma dimulai dari tahi lalat; melanoma juga dapat muncul pada kulit yang tidak memiliki tanda-tanda umum sekalipun.

5. Anda sering menggunakan solarium

Tingkat radiasi UV yang dipancarkan dari tempat tidur solarium (tanning bed) dapat mencapai enam kali lebih kuat daripada paparan terik matahari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan solarium sebelum usia 35 tahun memiliki risiko melanoma 59 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidak menggunakan solarium.

6. Bekerja di luar ruangan atau menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari

Jika Anda seorang pekerja di luar ruangan atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari untuk semua hari atau sebagian dari hari, Anda akan terkena tingkat tinggi sinar UV yang bertanggung jawab untuk 90 persen dari semua kanker kulit.

Dengan UV, terutama ultraviolet B, maka semua jenis kulit beresiko dan kerusakannya permanen. Sangat penting untuk menjaga kebiasaan dengan menggunakan perlindungan sinar matahari jika Anda bekerja di luar ruangan.

7. Anda memiliki tahi lalat namun terlihat berbeda dengan yang lain

Apakah Anda memiliki tahi lalat pada kulit Anda yang terlihat berbeda dari semua tahi lalat yang Anda miliki? Apakah tahi lalat menimbulkan rasa sakit, gatal atau berdarah?

Melanoma sering memiliki penampilan yang tidak biasa dibandingkan dengan tahi lalat umumnya di kulit Anda. Jika Anda melihat tahi lalat yang menonjol atau mengalami perubahan, penting untuk segera memeriksanya ke dokter kulit atau dermatologist.

Deteksi dini kanker kulit menawarkan kesempatan terbaik untuk suksesnya pengobatan, jadi pastikan Anda memeriksakan kulit secara teratur! Untuk mengetahui cara memeriksa, apakah tahi lalat atau melanoma, silakan pelajari halaman berikut: ciri-ciri melanoma.

7 Faktor Penting Yang Menyebabkan Anda Berisiko Tinggi Terkena Melanoma.
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: