Cara Memahami Beda Antara Sinar UVA Dan UVB, Dan Pengaruhnya Terhadap Kulit

Cara Memahami Beda Antara Sinar UVA Dan UVB, Dan Pengaruhnya Terhadap Kulit

Apa perbedaan antara siar ultraviolet A dan B? Bagaimana sinar UVA dan UVB bisa mengakibatkan kerusakan kulit seperti kanker kulit dan penuaan dini? Mengetahui perbedaan antara sinar UVA dan UVB memberi manfaat untuk belajar tentang pencegahan setiap kerusakan kulit dan dapat membantu Anda mengambil tindakan protektif ketika Anda akan aktifitas di terik matahari.

Paparan radiasi ultraviolet (UV) merupakan faktor risiko utama untuk kanker kulit. Orang yang terkena paparan sinar UV secara kronis beresiko lebih besar terkena kanker kulit. Sinar UV merusak DNA sel-sel kulit dan gejala kanker kulit dimulai ketika kerusakan ini mempengaruhi DNA, gen yang mengontrol pertumbuhan sel kulit.

UVA atau UVB, Manakah Yang Paling Berbahaya?

Ada tiga jenis utama dari sinar ultravioler, yaitu: UVA, UVB, dan UVC. Meskipun UVC memiliki lebih banyak energi daripada ultraviolet lainnya, namun tidak signifikan dalam pengaruhnya dengan kanker kulit karena tidak menembus atmosfer kita. Sedangkan sinar UVA dan UVB, mereka memiliki efek langsung pada kulit kita.

Sinar Yang Menyebabkan Kanker Kulit

Sinar UVA adalah sinar ultraviolet dengan gelombang panjang. Sebagian besar dari kita terpapar sinar UVA sepanjang hidup kita. Meskipun UVA kurang kuat dari UVB, namun sinar UVA 30 hingga 50 kali lebih menembus kulit kita.

UVA dan UVB hadir dengan intensitas yang sama selama siang hari sepanjang tahun dan dapat menembus awan dan kaca. Sinar UVA menembus kulit lebih dalam daripada UVB dan telah diketahui memainkan bagian utama dalam penuaan dini dan kerutan kulit.

Radiasi UVA dan kanker kulit

Sampai saat ini, para ilmuwan percaya UVA tidak menyebabkan kerusakan signifikan terhadap kanker kulit. Tetapi studi selama dua dekade terakhir menunjukkan bahwa UVA mampu merusak sel-sel keratinosit di lapisan sel basal epidermis, di mana sebagian besar gejala melanoma dimulai. Sinar UVA berkontribusi dan bahkan berperan dalam awal mula perkembangan kanker kulit.

Radiasi UVB dan kanker kulit

Sinar UVB adalah sinar ultraviolet B matahari. Sinar ini adalah penyebab utama kulit memerah dan sunburn (terbakar sinar matahari). UVB cenderung merusak lapisan epidermis kulit yang lebih dangkal. UVB memainkan peran kunci dalam perkembangan kanker kulit dan berkontribusi langsung untuk penuaan dini dan kerutan kulit.

Intensitas UVB bervariasi berdasarkan musim, lokasi, dan waktu. Sinar UVB dapat membakar dan merusak kulit Anda sepanjang tahun, terutama di dataran tinggi atau pada daratan dengan permukaan reflektif seperti padang rumput, salju atau padang pasir. Daratan dengan permukaan reflektif akan memantulkan kembali sinar UVB hingga 80%; artinya sinar radiasi ini mengena kulit Anda hingga dua kali.

Tips menangkis radiasi UVA dan UVB

Karena UVA dan UVB berbahaya, Anda membutuhkan perlindungan dari kedua jenis sinar tersebut. Namun, Anda butuh ke dua nya. Untuk memastikan Anda mendapatkan cakupan UVB dan UVA secara efektif, carilah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Gunakan tabir surya yang memiliki beberapa kombinasi, termasuk: avobenzone, ecamsule, oxybenzone, titanium dioxide, dan zinc oxide.

Saat di luar ruangan, cobalah mencari tempat teduh antara pukul 10.00 hingga 16.00. Karena UVA menembus kaca mobil, tambahkan film pelindung UV di kaca jendela samping dan belakang mobil Anda. Film ini mampu memblokir hingga 99,9% radiasi UV. Lihat panduan selengkapnya di: tips mencegah kanker kulit.

Cara Memahami Beda Antara Sinar UVA Dan UVB, Dan Pengaruhnya Terhadap Kulit
5 (100%) 1 vote
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!