Cara Deteksi Sendiri Tanda-Tanda Kanker Melanoma

Deteksi Tanda-Tanda Kanker Melanoma

Sebelum kanker melanoma jinak menjadi kanker ganas, itu berarti ia berada di tahap “in situ”. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencegah sebelum menjadi melanoma ganas atau setidaknya ketika melanoma masih dalam tahap awal. Karena, tanda peringatan kanker kulit cukup jelas jika kita ingin mengamatinya dengan hati-hati.

Pemeriksaan diri atau deteksi diri adalah salah satu awal yang baik untuk melihat beberapa tanda-tanda kanker kulit melanoma seperti: tahi lalat, munculnya kutilan yang tampak mencurigakan dan tanda-tanda lainnya. Melanoma tahap awal jika terdeteksi dini masih bisa diobati pada 95% bisa disembuhkan.

Banyak ahli dermatologist mendorong orang untuk melakukan pemeriksaan kulit secara teratur karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan diri dapat menyelamatkan Anda dari berbagai jenis kanker kulit.

Ketika gejala kanker kulit terdeteksi dini, sebagian besar berhasil diobati. Bahkan kanker kulit melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang paling mematikan, memiliki persentase yang dapat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati lebih awal.

Kapan waktu tepat memeriksa diri sendiri?

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan kanker kulit adalah setelah mandi atau saat mandi. Pastikan ketika Anda memeriksa kulit di ruangan dengan banyak cahaya, gunakan cermin besar dan cermin genggam. Sebaiknya mulai dengan belajar di mana adanya tanda lahir, termasuk tahi lalat, dan tanda-tanda lainnya.

Memeriksa diri sendiri untuk peringatan dini kanker kulit ini berarti memeriksa kulit Anda sendiri setiap tiga hingga enam bulan. Ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan abnormal atau perubahan tidak biasa dalam ukuran, warna, bentuk atau tekstur kulit Anda yang mungkin bisa jadi itu adalah tanda kanker kulit melanoma. Penting bagi Anda atau keluarga Anda untuk melihat dengan hati-hati seluruh tubuh karena tanda-tanda dan gejala kanker kulit dapat terjadi di mana saja.

Bagaimana cara tahu bahwa itu tanda-tanda kanker melanoma?

Periksa perubahan apa pun di seluruh tubuh Anda, meliputi:

  • Adanya atau munculnya tahi lalat baru (apakah terlihat berbeda dari tahi lalat lainnya).
  • Lihat, apakah muncul lapisan kerak warna merah atau lebih gelap yang memiliki diameter lebih dari 3 milimeter.
  • Periksa, adakah benjolan baru muncul berwarna daging.
  • Lihat perubahan ukuran, bentuk, warna, atau nuansa tahi lalat.
  • Adakah keluhan seperti sakit yang tidak segera sembuh dalam waktu normal.

Area tubuh mana saja yang harus diperiksa?

Pastikan untuk memeriksa diri tubuh sendiri dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jangan lupa untuk memeriksa punggung, kulit kepala, area genital, dan di antara bokong Anda.

  • Lihatlah wajah, leher, telinga, dan kulit kepala Anda. Gunakan sisir atau hair dryer untuk menggerakkan rambut agar Anda bisa melihatnya, atau meminta bantuan keluarga atau teman Anda untuk memeriksanya, mungkin sulit untuk memeriksa kulit kepala Anda sendiri.
  • Lihatlah bagian depan dan belakang tubuh Anda di cermin. Kemudian, angkat lengan dan lihat sisi kiri dan kanan Anda.
  • Tekuk siku Anda. Perhatikan baik-baik kuku, telapak tangan, lengan bawah (termasuk bagian bawah), dan lengan atas.
  • Periksa punggung, depan, dan sisi kaki Anda. Juga lihat di sekitar area genital Anda dan di antara bokong Anda.
  • Duduk dan teliti kaki Anda, termasuk kuku jari kaki Anda, telapak kaki Anda, dan ruang di antara jari-jari kaki Anda.

Lakukan deteksi sendiri kanker kulit ini kira-kira 8 hingga 10 menit. Waktu 10 menit itu dapat menyelamatkan hidup Anda. Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan kulit diri adalah pada saat mandi atau setelah mandi. Jika Anda khawatir tentang tanda-tanda dini segala bentuk kanker kulit, konsultasikan dengan perawatan kesehatan setempat atau ahli dermatologist sesegera mungkin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Mengapa Kanker Kulit Di Kepala Lebih Berbahaya? Cari Tahu Alasannya! Bisakah kanker kulit muncul di kulit kepala? Ya, tentu saja bisa karena semua bentuk kanker kulit dapat terjadi pada setiap bagian tubuh yang memiliki sel melanosit (sel penghasil pigmen) dan itu termasuk kulit kulit kepala […]
  • Apa Yang Terjadi Jika Tahi Lalat Menjadi Gatal, Nyeri Dan Berdarah? Haruskah Anda khawatir jika tahi lalat menjadi gatal, berdarah atau nyeri? Apa yang menyebabkan tahi lalat menjadi gatal, berdarah dan sering menyakitkan? Tahi lalat gatal dan berdarah sebenarnya kanker kulit dengan pembuluh darah […]
  • Cara Memahami Ciri-Ciri Melanoma Dengan ABCDE Skin Ca Ingin tahu bagaimana gambaran ciri-ciri melanoma? Tahi lalat, benjolan, noda atau ada luka aneh yang tidak biasa, atau ada perubahan pada penampilan atau perasaan di kulit Anda, mungkin merupakan tanda melanoma atau jenis kanker kulit […]
  • Kanker Kulit Melanoma Insiden melanoma adalah sangat jarang terjadi di antara semua jenis kanker kulit, tetapi ini adalah yang paling serius dan paling mematikan. Kanker kulit ganas melanoma menyebabkan kematian 75% dari semua kasus kanker kulit. Kanker […]
  • Memahami Perbedaan Karsinoma Sel Basal Dan Karsinoma Sel Skuamosa Banyak orang bertanya, apakah perbedaan antara Karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal, dan bagaimana cara membedakannya. Karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal adalah dua jenis kanker kulit yang dibedakan berdasar asal […]