Etiologi: Penyebab Kanker Kulit Dan Hal-Hal Yang Memicu Resiko

Etiologi: Penyebab Kanker Kulit Dan Hal-Hal Yang Memicu Resiko

Apakah Anda bertanya, apa penyebab kanker kulit? Banyak orang mengatakan bahwa sinar ultraviolet dari matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit. Namun, jawaban ini benar-benar bukan jawaban yang adil dan akurat. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui, memungkinkan Anda berisiko memiliki kanker kulit, diantaranya

Over-exposure radiasi sinar UV

Perlu dijelaskan bahwa matahari adalah teman kita dan seluruh kehidupan bumi membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Namun, over-exposure atau paparan tingkat tinggi sinar ultraviolet (UV) inilah yang menyebabkan kerusakan pada kulit kita.

Sinar UV cahaya berupa radiasi, panas dan tak terlihat. UV menyebabkan kulit terbakar dan gelap. Overexposure radiasi inilah yang merusak materi genetik pembentuk gen kulit. Gen-gen ini mengendalikan pertumbuhan dan keseluruhan kesehatan sel-sel kulit kita. Ketika kerusakan cukup parah, sel-sel normal akan mulai tumbuh tak terkendali.

Riwayat keluarga

Gen keturunan dapat menjadi penyebab kanker kulit. Beberapa kasus kanker kulit dapat turun temurun dan berjalan dalam keluarga. Dalam kasus-kasus tersebut, kanker kulit disebabkan oleh gen abnormal diturunkan ke anak-anak dari orang tuanya.

Gen membuat orang tua dan anak-anak terlihat wajah agak mirip. Gen-gen juga membuat mereka cenderung untuk mewarisi penyakit yang sama. Dalam kasus-kasus itu, kanker kulit disebabkan oleh gen abnormal yang diturunkan oleh sebuah keluarga.

Lemahnya Sistem kekebalan Anda

Berada dalam kesehatan buruk dan memiliki sistem kekebalan lemah kurang memberikan perlawanan terhadap risiko kanker dan penyakit lainnya.
Imunitas lemah merupakan faktor lebih kuat untuk sebuah penyakit. Risiko kanker kulit meningkat untuk mereka yang memiliki kulit cerah seperti kulit putih, rambut merah, mata biru dan gangguan pigmentasi kulit.

Mereka yang memiliki kulit gelap memiliki perlindungan lebih dan tahan terhadap sinar matahari. Ini bukan berarti kami mengatakan bahwa orang berkulit gelap tidak bisa atau tidak mungkin bisa terkena kanker kulit. Siapapun bisa terkena kanker kulit.

Kultur budaya

Sebagian besar dari 1 juta kasus kanker kulit non-melanoma, terdiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat terkait dengan matahari. Kasus melanoma meningkat dan merupakan penyebab kematian sebagian besar akibat kanker kulit.

Di negara-negara Asia seperti Jepang dan Cina, negara-negara ini memiliki tingkat kanker kulit yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Negara-negara seperti Maladewa, Bangladesh, Indonesia dan Somalia; gaya pakaian tradisional mereka melindunginya dari radiasi UV matahari. Jarang sekali orang indonesia yang berbaring di pantai.

Australia adalah negara dengan tingkat tinggi akan kanker kulit. Mereka telah berusaha meningkatkan kesadaran akan paparan UV dan waspada kanker kulit, terutama di kalangan anak muda.

Paparan sinar X

Over-exposure X Rays dan terapi radiasi dapat menjadi penyebab kanker kulit pada beberapa orang. Paparan bahan kimia tertentu juga bisa menjadi penyebab.

Pekerja secara kontinyu terpapar radium, insektisida, ter batubara, dan beberapa karsinogen lainnya akan sedikit lebih tinggi untuk risiko kanker kulit non-melanoma.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Memahami Beda Antara Sinar UVA Dan UVB, Dan Pengaruhnya Terhadap Kulit Apa perbedaan antara siar ultraviolet A dan B? Bagaimana sinar UVA dan UVB bisa mengakibatkan kerusakan kulit seperti kanker kulit dan penuaan dini? Mengetahui perbedaan antara sinar UVA dan UVB memberi manfaat untuk belajar tentang […]
  • 7 Faktor Penting Yang Menyebabkan Anda Berisiko Tinggi Terkena Melanoma. Siapa pun dapat mengembangkan kanker kulit melanoma, yang berarti semua warga Indonesia yang sering terpapar radiasi sinar ultraviolet, terutama UVB, mereka harus menggunakan pelindung matahari dan mendapatkan pemeriksaan kulit secara […]
  • Penyebab Karsinoma Sel Basal Apa saja faktor resiko penyebab Kanker Sel Basal. Beberapa penyebab karsinoma sel basal di bawah ini mewakili berbagai faktor risiko yang diketahui untuk kanker kulit sel basal. Di bawah ini adalah deskripsi dari empat penyebab karsinoma […]
  • Apa Saja Penyebab Keratosis Aktinik Keratosis aktinik atau keratosis matahari bisa terlihat terutama pada mereka yang sering bekerja di luar ruangan, pelaut, pegolf, pemain ski dan mereka semua yang mendapat paparan matahari tingkat tinggi (untuk kulit putih) Berikut ini […]
  • 5 Macam Radiasi UV Yang Menyebabkan Anda Berisiko Kanker Kulit Sekitar 99 persen kanker kulit non-melanoma (karsinoma sel basal dan sel skuamosa) dan 95 persen melanoma disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet (UV). Sementara, sumber radiasi UV yang paling umum adalah matahari. Namun, ada sumber […]