Melanoma Subungual

kanker kuku jari

Melanoma Subungual adalah tipe kanker kulit yang didefinisikan sebagai kanker melanoma kuku, paling sering di jempol kuku kaki atau tangan. Kanker melanoma kuku adalah satu-satunya kanker di jaringan di bawah pangkal kuku, dikenal sebagai matriks kuku. Dalam komunitas medis, itu juga disebut sebagai Melanoma Subungual Ganas, Melanoma Nail Matrix atau Nail Matrix Melanoma.

Melanoma Subungual atau kanker kuku biasanya menjadi lebih parah karena sering salah didiagnosis sebagai infeksi jamur saja sehingga perlu mengkonfirmasinya dengan biopsi karena ini penting terkait rencana perawatan dan prognosis.

Ciri-ciri dan gejala melanoma kuku

kanker kuku melanoma subungual

Melanoma subungual biasanya menyerang jempol kuku, ditandai sebagai sebagai garis-garis hitam longitudinal (tegak lurus pada kutikula). Sekitar setengah dari garis-garis ini berwarna coklat, biru, atau hitam, sementara separuh lainnya tidak berpigmen.

• Ada beberapa corak warna yang bervariasi pada kuku yang terkena dan area yang paling dekat dengan kutikula agak tampak lebih lebar dari biasanya.
  • Kuku bisa menjadi rapuh dan retak / pecah sementara akarnya masih tetap menempel pada ujung jari.
  • Bengkak dan pendarahan sedikit meski ada nodul di sekitar area yang terkena. Daerah dengan nodul di bawah kuku dapat mengeluarkan cairan, darah atau nanah.
  • Penyebab dan Faktor Risiko melanoma kuku

Melanoma Subungal belum diketahui pasti terkait apa yang menjadi penyebab utamanya. Namun, penyebab potensial mungkin termasuk:

• Trauma ke dasar kuku itu sendiri
    • Infeksi bakteri atau jamur pada dasar kuku
    • Sistem kekebalan tubuh lemah karena obat-obatan imunosupresi atau penyakit tertentu
    • Riwayat keluarga melanoma

Penelitian ilmiah saat ini menunjukkan bahwa sinar matahari tampaknya tidak menjadi faktor resiko untuk kanker melanoma kuku.

Pengobatan: amputasi kanker kuku

Di masa lalu, amputasi seluruh jari kaki atau jari tangan dianggap sebagai pengobatan pilihan kanker kuku melanoma subungual. Saat ini, banyak kanker melanoma subungual diperlakukan lebih konservatif dengan hanya pengangkatan tumor lokal.

Ketika kuku diamputasi, seringkali hanya melibatkan sendi pertama yang terdekat dengan kuku. Untuk kuku kaki, amputasi ke sendi kedua lebih sering dilakukan.

Namun, tinjauan literatur medis pada tahun 2014 menunjukkan bahwa terapi lanjutan dapat dikombinasi dengan amputasi lengkap. Karena, amputasi lengkap saja tidak terbukti meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Beberapa jenis terapi lanjutan untuk kanker kuku melanoma subungual, termasuk:

• Kemoterapi, diberikan secara sistemik melalui vena atau langsung ke tumor
    • Terapi radiasi, digunakan terutama sebagai pengobatan paliatif untuk mengurangi rasa sakit
    • Imunoterapi, bentuk terapi kanker yang lebih baru untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel-sel kanker
    • Terapi tertarget, obat yang dapat menargetkan mutasi BRAF yang terjadi pada 50 persen kanker kuku melanoma subungual

Pencegahan kanker melanoma kuku

Pemeriksaan rutin pada dasar kuku harus sering dilakukan dengan memulai memperhatikan perubahan warna. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa individu berkulit hitam lebih rentan terhadap kanker melanoma subungual.

Mengetahui faktor risiko, menghindari cedera, dan; tentu saja, gaya hidup sehat semua memainkan peran penting dalam pencegahan. Meskipun yang paling sering terkena adalah kuku jari dan jempol kaki; namun setiap kuku dapat menjadi target untuk melanoma. Dianjurkan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan profesional dan dermatologist setidaknya sekali per tahun.