Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit sebagian besar menyerang bagian tubuh kita yang sering terkena langsung atau tidak langsung ke matahari. Namun, kanker kulit juga bisa terjadi pada daerah yang jarang terkena sinar matahari, seperti; telapak tangan, area genital, kuku jari, atau bahkan lidah.

Lesi kulit kanker bisa muncul tiba-tiba atau berkembang perlahan. Penampilannya tergantung pada jenis atau tipe kanker itu sendiri.

Bentuk kanker kulit bervariasi tergantung pada jenisnya. Gejala umum muncul termasuk perubahan pada kulit yang tidak sembuh, ulserasi kulit, dan perubahan warna kulit. Di sisi lain, jika Anda memiliki tahi lalat, ada perubahan pada bentuknya, seperti ujung bergerigi dan pembesaran tahi lalat.

Gejala kanker kulit karsinoma sel basal

Ketika karsinoma sel basal terjadi, gejala-gejala tampak seperti benjolan putih pucat, lunak, dan kadang muncul seperti mutiara di kulit kepala, leher, atau bahu yang terkena sinar matahari.

Tanda-tanda kanker kulit ini juga dapat menunjukkan adanya pembuluh darah kecil di dalam tumor. Kulit kering, mengelupas, koreng, dan perdarahan di pusat tumor sering berkembang. Sering disalahartikan sebagai sakit yang tidak sembuh. Jenis kanker kulit ini bisa diobati dengan perawatan yang tepat sehingga dapat sepenuhnya dihilangkan, seringkali tidak meninggalkan jaringan parut.

Gejala kanker kulit karsinoma sel skuamosa

Ciri khas kanker kulit sel skuamosa biasanya menunjukkan merah, bersisik, menebal pada kulit yang terkena sinar matahari. Beberapa gejala ini bisa sperti nodul keras dan berbentuk kutil. Ulserasi dan pendarahan bisa terjadi. Ketika karsinoma sel skuamosa tidak diobati, mungkin berkembang menjadi massa besar. Sel skuamosa adalah kanker kulit paling umum kedua. Itu berbahaya, tapi tidak sebahaya melanoma.

Gejala kanker kulit melanoma

Gejala melanoma sebagian besar adalah lesi coklat sampai hitam. Sayangnya, beberapa gejala melanoma bisa berwarna merah muda, merah atau berdaging; ini disebut melanoma amelanotik. Tanda-tanda peringatan yang mungkin menunjukkan melanoma ganas termasuk perubahan ukuran, bentuk, warna atau ketinggian tahi lalat. Tanda-tanda kanker kulit melanoma lainnya adalah munculnya tahi lalat baru selama masa dewasa atau ada rasa sakit baru, gatal, ulserasi atau pendarahan.

Gejala Kanker Kulit
5 (100%) 1 vote[s]