Jenis-Jenis Dan Tipe Kanker Melanoma Berdasar Lokasi Asalnya

Melanoma adalah satu tipe kanker kulit ganas yang muncul dari melanosit, bagian sel-sel yang menghasilkan pigmen. Melanoma dapat dikaitkan dengan tahi lalat. Melanosit memproduksi pigmen yang disebut melanin. Melanin memberi warna pada kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga lebih banyak perlindungan. Melanosit sering mengelompok bersama dan membentuk tahi lalat (nevi displastik). Sebagian besar tahi lalat bersifat jinak, tetapi beberapa mungkin berlanjut menjadi melanoma ganas.

Melanoma dibagi menjadi 4 jenis utama, tergantung pada lokasi mereka. Berikut adalah beberapa bentuk melanoma dan apakah mereka tumbuh ke luar atau ke dalam bawah dermis:

Melanoma superfisial

  • Ini sering dimulai sebagai noda gelap pada kulit atau muncul sebagai perubahan pada tahi lalat yang sudah ada sebelumnya. Ini menyumbang 2/3 dari semua melanoma.

Melanoma Nodular

  • Ini biasanya tidak terkait dengan tahi lalat yang sudah ada sebelumnya. Nodul halus muncul, dan seringkali berwarna biru kehitaman – mungkin tumbuh dengan cepat dan menyebar ke kelenjar limfa dengan cepat.

Acral Lentiginous Melanoma

  • Ini terjadi pada telapak tangan, di telapak kaki atau di bawah kuku, dan dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat. Pada orang-orang berkulit gelap itu menyumbang sebagian besar melanoma. Acral Lentiginous Melanoma sering dikenal melanoma kuku.

Lentigo Melanoma Maligna

  • Ini sangat umum pada kulit yang terpapar matahari kronis (berulang) dan biasanya muncul di wajah orang tua.
Jenis-Jenis Dan Tipe Kanker Melanoma Berdasar Lokasi Asalnya
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: