Jenis-Jenis Vitamin Untuk Mencegah Kanker Kulit Menurut Beberapa Studi

Jenis-Jenis Vitamin Untuk Mencegah Kanker Kulit Menurut Beberapa Studi

Kanker kulit, dalam bentuk apapun, adalah salah satu jenis kanker yang tidak bisa dianggap remeh namun biasanya memiliki prognosis yang baik, jika terdeteksi dini dan mendapat pengobatan sejak dini. Sementara, melanoma terbukti mengancam jiwa, karena fakta mengatakan bahwa sel kanker dapat menyebar dengan mudah ke bagian lain dari tubuh.

Secara historis, orang-orang telah dikonseling untuk menggunakan tabir surya, pakaian pelindung, topi dan tindakan lain untuk menghindari paparan sinar UV, sebab dapat menyebabkan perkembangan kanker kulit menjadi lebih maju.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kadar tinggi vitamin tertentu juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit – dan banyak peneliti sekarang ini mengatakan bahwa paparan sinar matahari tidak seburuk yang diperkirakan.

Vitamin D dan kanker kulit

Vitamin yang dipermasalahkan di sini adalah vitamin D. Vit D ini diperlukan oleh tubuh manusia untuk kesehatan, hanya sedikit makanan alami yang mengandung ini dan kebanyakan orang setuju bahwa paparan sedang terhadap sinar matahari adalah cara terbaik untuk mendapatkan cukup tingkat vitamin D ini.

Ketika sinar matahari mengenai kulit, reaksi terjadi dimana vitamin D diaktifkan sehingga memungkinkan tubuh bisa menggunakannya dengan mudah. Penelitian telah menemukan bahwa memiliki tingkat vitamin D yang cukup dalam tubuh tidak hanya mengurangi risiko melanoma, tetapi juga mencegah munculnya bentuk-bentuk kanker lainnya.

Paparan sinar UV jelas terkait dengan beberapa bentuk kanker kulit. Akan tetapi, menghindari total terhadap sinar matahari juga tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Apa yang terbaik adalah mendapatkan paparan ukuran sedang setiap hari atas sinar UV antara jam 7.00 – 9.00 untuk menjaga kadar vitamin D yang cukup dan untuk mengambil keuntungan dari perlindungan yang dapat diberikan vitamin ini ketika datang alasan untuk mencegah resiko kanker kulit.

Vitamin B3 dan kanker kulit

Penelitian terbaru yang keluar dari Australia menemukan bahwa vitamin B3 juga dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit, terutama bagi mereka yang paling rentan terhadap resiko.

Dalam penelitian terbaru ini, 386 pasien dengan riwayat karsinoma sel basal atau sel skuamosa diberi 1000mg vitamin B3 setiap hari. Pada akhir penelitian, mereka yang telah mengambil B3 ditemukan memiliki 23 persen penurunan risiko kanker. Selain itu. pasien mengalami penurunan lesi pra-kanker hingga 20 persen.

Dengan demikian tampak bahwa ketika datang gejala kanker kulit, vitamin tertentu dapat memainkan peran penting dalam mencegahnya. Dan juga, setidaknya beberapa paparan sinar matahari tingkat sedang menjadi sangat bermanfaat untuk kasus ini. Sangat disarankan untuk menghindari penggunaan tempat tidur tanning, atau menghindari paparan sinar matahari tatkala jam 10.00 hingga 14.00, karena ini adalah waktu dimana intensitas sinar UV paling tinggi.


Sumber:

http://www.cancer.govhttp://www.cbsnews.comhttp://www.skincancer.org

Jenis-Jenis Vitamin Untuk Mencegah Kanker Kulit Menurut Beberapa Studi
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: