Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Kulit / Benarkah Kanker Kulit Bisa Menular? Baca Penjelasan Berikut Ini!

Benarkah Kanker Kulit Bisa Menular? Baca Penjelasan Berikut Ini!

/
/
/
img
4.1
(87)

Stop kekuatiran tentang penularan kanker. Kanker kulit tidak menular dan tidak dapat ditularkan meskipun Anda bersentuhan langsung dengan penderita kanker kulit. Kanker kulit, atau melanoma, atau apa pun bentuk kanker, sel-sel kanker berada di dalam sel-sel individu itu sendiri.

Belum ada bukti yang cukup untuk mendukung bahwa bersentuhan langsung atau hal-hal seperti berbagi makanan, minuman atau menghirup udara satu ruangan yang sama dengan penderita, akan dapat tertular kanker. Jika Anda masih khawatir terkait hal tersebut, klarifikasikan keraguan Anda dengan dokter kulit atau penyedia layanan kesehatan setempat.

Sel-sel kanker jauh berbeda dari agen infeksi seperti bakteri dan virus. Sel kanker pada dasarnya adalah sel yang mengalami gangguan pertumbuhan dan mengalami pembelahan lepas kendali. Jika sel kanker dari satu orang masuk ke orang lain, sistem kekebalan orang itu akan mengenali lalu menghancurkannya.

Satu keadaan langka di mana kanker dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui ransplantasi organ atau jaringan. Seseorang yang menerima organ atau jaringan dari donor dari penderita kanker di masa lalu mungkin memiliki sedikit peningkatan risiko mengembangkan kanker terkait transplantasi itu sendiri.

Bisa jadi, adanya sel kanker di jaringan transplantasi karena obat penekan kekebalan yang diambil oleh penerima transplantasi. Obat semacam itu akan mengurangi kemampuan sistem kekebalan dan kemungkinan akan menolak jaringan yang baru ditanam, kemungkinan juga menurunkan sistem pertahanan tubuh terhadap kanker.

Bahkan jika seorang wanita hamil menderita kanker, kemungkinan bahwa kanker akan menular ke janin. Beberapa kanker dapat menyebar dari ibu ke janin melalui plasenta (organ yang menghubungkan ibu ke janin). Seperti halnya kasus langka di mana leukemia dan kanker kulit melanoma telah menyebar ke plasenta dan janin.

Namun secara umum, kanker kulit itu tidak menular, karena kanker bukan akibat infeksi bakteri dan virus. Namun ada virus penyebab kanker, termasuk HPV, yang terkait dengan kanker serviks, kanker rahim, kanker mulut, tenggorokan. Dan ada bakteri penyebab kanker, yaitu Helicobacter pylori, menimbulkan kanker lambung. Infeksi virus hepatitis C dapat menyebabkan kanker hati

Vaksin HPV dapat mengurangi risiko kanker yang terkait dengan virus, dan orang positif HIV yang terinfeksi oleh sarkoma, berisiko tinggi untuk kanker getah bening, yaitu kanker yang berkembang di sel yang melapisi kelenjar getah bening atau pembuluh darah, disebut kanker sarkoma Kaposi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.1 / 5. Vote count: 87

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :