Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Kulit / Gejala Penyebaran Kanker Kulit Stadium 4 Ke Paru-Paru, Hati, Tulang Dan Otak

Gejala Penyebaran Kanker Kulit Stadium 4 Ke Paru-Paru, Hati, Tulang Dan Otak

(0)

Apa itu kanker kulit stadium 4? Ini adalah kanker kulit ganas tahap akhir terutama jenis melanoma; dimana sel-sel kanker memiliki kemampuan untuk menyebar ke luar dari lokasi kulit aslinya. Sel kanker kulit stadium akhir ini bisa menyebar melalui aliran darah atau sistem getah bening. Penyebaran sel kanker ini disebut metastasis.

Dimanakah kanker kulit bisa menyebar? Sel-sel kanker bisa menyebar atau bermetastasis ke organ tubuh lebih jauh termasuk paru-paru, kulit, hati, dan otak. Metastasis juga dapat terbentuk di tulang, saluran pencernaan, jantung, pankreas, ginjal, limpa, tiroid, dan kelenjar adrenal.

Gejala kanker kulit stadium 4

Ketika melanoma menyebar melalui aliran darah, tanda dan gejala akan tergantung pada sistem organ yang terlibat dan berapa banyak tumor telah tumbuh di sana. Gejala kanker kulit metastatik mungkin awalnya tidak ada rasa nyeri dan mungkin tidak ada gejala yang menunjukkan suatu masalah sedang berlangsung di situs yang terkena.

Ketika sel kanker menyebar melalui sistem limfatik, kelenjar getah bening akan membengkak atau ada serangkaian nodul di kulit bisa menjadi presentasi bahwa itu adalah gejala kanker kulit stadium 4. Ini juga biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Beberapa gejala umum pada kanker kulit stadium 4, termasuk:

• Gejala metastasis tumor ke dalam hati dapat menyebabkan penurunan berat badan, mual, hati bengkak, dan menguningnya kulit atau retina mata.
  • Gejala kanker menyebar kelenjar getah bening dapat menyebabkan pembengkakan ekstremitas dan pembesaran kelenjar.
  • Gejala kanker menyebar di paru-paru dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan dahak berdarah.
  • Gejala kanker menyebar ke otak dapat menyebabkan sakit kepala, migrain, dan kejang-kejang.
  • Gejala kanker menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, osteoporosis atau patah tulang.
  • Gejala kanker menyebar ke daerah lain pada kulit bisa membuat nodul berwarna abu-abu kebiruan atau ada daging tumbuh lain tergantung pada jumlah melanin dan kedalaman kanker di kulit.

Beberapa tes yang digunakan untuk mendiagnosis kanker kulit stadium 4, atau mendiagnosis apakah kanker telah bermetastatik meliputi:

• biopsi
  • tes darah
  • x-ray dada
  • USG
  • CT scan
  • MRI
  • pemindaian positron emission tomography (PET)

Pengobatan dan Perawatan Kanker Kulit Stadium 4

Kanker kulit tahap akhir atau melanoma metastatik dapat diobati sebagai berikut:

• Pembedahan – Operasi pengangkatan lesi, bila memungkinkan, operasi jaringan subkutan atau kelenjar getah bening.
  • Kemoterapi – menggunakan obat anti kanker
  • Elektrokemoterapi – menggunakan arus listrik untuk meningkatkan efektifitas obat kemoterapi.
  • Terapi adjuvant – Infus imuno-stimulan untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien yang diberikan bersama dengan perawatan lain.
  • Terapi radiasi – Radiasi untuk menargetkan sel kanker.
  • Imunoterapi – ini adalah pengobatan kanker kelas baru yang telah terbukti memperbaiki hasil pada melanoma metastatik.
  • Obat topikal – Solusi topikal atau salep krim dapat diresepkan untuk metastasis melanoma kulit dengan spektrum lebih kecil.
  • Perawatan paliatif – adalah perawatan yang berfokus pada kenyamanan, pengendalina rasa sakit dan dukungan untuk pasien.

Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker kulit stadium 4

Untuk tahap 4 (kanker telah bermetastasis jauh), kelangsungan hidup lima tahun adalah 10% -25% tergantung pada jenis kelamin dan faktor demografi lainnya. Statistik kelangsungan hidup untuk penderita kanker kulit stadium akhir ini secara umum didasarkan pada “five-year survival” (kelangsungan hidup lima tahun).

Untuk melanoma metastatik, tingkat kelangsungan hidup penderita adalah sangat bervariasi tergantung dengan banyak faktor, termasuk usia pasien, tingkat kesehatan secara keseluruhan, lokasi tumor, dan hasil pemeriksaan biopsi terbaru.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :