Karsinoma Sebasea

Apa itu Karsinoma sebaceous? Karsinoma sebasea adalah kanker kulit langka terbentuk di kelenjar sebasea yang melumasi kulit (sebum), biasanya di mata. Meskipun dapat berkembang di mana saja di tubuh, paling sering ditemukan pada kelopak mata. Kanker dapat menyebar (bermetastase) di tempat lain di tubuh jika tidak diobati.

Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan karsinoma sebasea adalah antara 60 dan 80, meskipun penyakit ini dapat mempengaruhi semua usia.

Penyebab

Ada beberapa penyebab karsinoma sebaceous dilihat dari beberapa faktor risiko yang dicurigai:

• Paparan sinar matahari tidak terproteksi
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat infeksi HIV
  • Pernah menjalani terapi radiasi sebelumnya ke kepala atau leher

Tanda-tanda dan gejala

Karsinoma sebaceous yang berkembang pada kelopak mata, menyebabkan terbentuknya benjolan, warna kuning, keras dan sering tidak menimbulkan rasa sakit. Terkadang, Anda harus meregangkan kelopak mata untuk melihat sesuatu. Beberapa tanda-tanda dan gejala lain, termasuk:

• Benjolan seperti jerawat
  • Kadang berdarah
  • Sakit tidak segera sembuh atau sering kambuh
  • Ada sisik atau kerak penebalan warna kuning atau kemerahan, di mana kelopak mata bertemu dengan bulu mata

Gejala sebagai indikasi kanker, jika

• Terlihat seperti mata merah atau trimbilan
  • Ada benjolan lain yang mengeluarkan cairan
  • Mata terasa sakit

Mayoritas pertumbuhan karsinoma sebasea di kelopak mata adalah non-kanker atau disebabkan oleh kondisi lain, tetapi penting untuk menemui dokter.

Di tempat lain di tubuh, karsinoma sebasea mungkin tampak seperti benjolan berwarna merah muda atau kuning yang tumbuh lambat, kadang berdarah.

Diagnosa

Jika karsinoma sebasea dicurigai, dokter akan merekomendasikan evaluasi lebih lanjut. Tes mungkin termasuk:

• Pemeriksaan fisik menyeluruh, termasuk kulit dan kelenjar getah bening
  • Biopsi – Mengambil sampel kulit dan memeriksanya di bawah mikroskop.

Jika kanker telah menyebar, dokter merekomendasikan:

• Biopsi jarum untuk organ, kelenjar getah bening atau jaringan di bawah kulit.
  • Tes darah

Pengobatan

Ada beberapa pilihan untuk mengobati karsinoma sebasea:

• Bedah mikrografi Mohs – Teknik bedah secara tepat menghilangkan semua bentuk kanker kulit sambil menjaga jaringan sehat di sekitarnya.
  • Biopsi eksisi – Juga disebut eksisi lokal yang luas, melibatkan operasi pengangkatan tumor dan beberapa jaringan normal di sekitarnya. Jumlah jaringan normal yang diambil (juga disebut margin klinis) tergantung pada ketebalan tumor.
  • Terapi radiasi – Penggunaan radiasi berenergi tinggi untuk menghilangkan atau mengecilkan sel kanker, tumor, dan penyakit non-kanker.

Pendekatan ini dapat digunakan jika kanker telah menyebar, atau sel kanker tak hilang seluruhnya meskipun setelah operasi.

Karsinoma Sebasea
5 (100%) 1 vote[s]