(0)

Apa itu Karsinoma sel Merkel? Kanker kulit sel Merkel atau kanker kulit neuroendokrin, adalah jenis penyakit langka di mana sel kanker tumbuh atau tepat di bawah kulit dan di folikel rambut . Karsinoma sel Merkel biasanya muncul sebagai gumpalan kulit yang keras, tidak nyeri, dan berkilau.

Karsinoma sel Merkel tumbuh dengan cepat dan sering bermetastasis (menyebar) ke bagian tubuh yang lain. Ketika penyakit itu menyebar, ia cenderung menyebar ke kelenjar getah bening regional (di dekatnya) dan mungkin juga menyebar ke hati, tulang, paru-paru, dan otak.

Karsinoma sel Merkel sangat sensitif terhadap terapi radiasi, dan dengan demikian, sebagian besar pasien akan menjalani pengobatan dari radiasi adjuvant ke lokasi tumor primer setelah reseksi, tergantung pada stadium kanker itu sendiri.

Tanda-tanda dan gejala

Beberapa gejala dan tanda-tanda kanker kulit sel merker sebagai berikut:

• Karsinoma sel Merkel biasanya muncul sebagai benjolan kulit yang keras, tidak nyeri, dan berkilau.
  • Benjolan atau tumor ini bisa berwarna merah, merah muda, atau biru dan ukurannya bervariasi dari kurang dari seperempat inci hingga lebih dari dua inci.
  • Karsinoma sel Merkel biasanya ditemukan di daerah yang terkena sinar matahari pada kepala, leher, lengan, dan kaki.

Faktor Risiko/penyebab

Kanker kulit sel merker disebabkan beberapa faktor resiko, seperti

• Usia di atas 65 tahun
  • Jenis kulit putih pucat
  • Sejarah paparan sinar matahari yang luas
  • Stress imun kronis (penekanan kekebalan)
  • Stadium kanker kulit sel merker

Stadium atau tahap perkembanga kanker

Setelah kanker sel Merkel telah didiagnosis, penting untuk mengetahui stadium penyakit untuk merencanakan perawatan terbaik. Berikut tahapan digunakan untuk karsinoma sel Merkel:

• Stadium 1: Dimensi tumor primer kurang dari atau sama dengan 2 cm tanpa keterlibatan kelenjar getah bening.
  • Stadium 2: Tumor primer lebih besar dari 2 cm, belum ada keterlibatan kelenjar getah bening.
  • Stadium 3: Kelenjar getah bening regional terpengaruh
  • Stadium 4: Tumor telah bermetastasis ke tempat yang jauh di luar kelenjar getah bening regional dan / atau organ internal (visceral) keterlibatan.
  • Kanker rekurensi/berulang: Rekurensi berarti bahwa kanker telah kambuh (kembali) setelah diobati, mungkin kembali di bagian tubuh yang sama atau di bagian lain dari tubuh.

Pengobatan

Beberapa jenis perawatan untuk kanker kulit sel merker, yang biasa digunakan:

• Kemoterapi – untuk mengecilkan atau membunuh sel kanker dan mengurangi penyebaran kanker ke bagian tubuh yang lain.
  • Cryosurgery – Prosedur membekukan sel kanker menggunakan suhu yang sangat dingin dengan alat logam kecil yang ditempatkan di tumor.
  • Bedah mikrografi Mohs – Teknik bedah tingkat lanjut yang secara tepat menghilangkan semua bentuk kanker kulit tapi menjaga jaringan sehat di sekitarnya untuk menjaga penampilan.
  • Terapi radiasi – Penggunaan radiasi berenergi tinggi untuk mengecilkan sel kanker, tumor, dan penyakit non-kanker.
  • Operasi – Ada beberapa jenis operasi untuk pengobatan kanker kulit sel Merkel, termasuk operasi eksisi, bedah mikrografi Mohs, dan cryosurgery.

Pencegahan

Tidak ada teknik yang diketahui untuk mencegah kanker sel merker kecuali meminimalkan faktor risiko seseorang. Menghindari paparan matahari kronis yang berlebihan sepanjang hidup seseorang dianjurkan dalam pencegahan berbagai kanker kulit.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0