Benarkah Minum Kopi Hitam Bisa Mencegah Kanker Kulit?

Benarkah Minum Kopi Hitam Bisa Mencegah Kanker Kulit?

Benarkah minum kopi hitam bisa mencegah kanker kulit? Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research mengklaim bahwa minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan kanker kulit jenis karsinoma sel basal. Individu yang minum setidaknya tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah.

Jiali Han, penulis studi dan ahli dermatologi dan epidemiologi di Brigham and Women’s Hospital di Boston, dan Harvard School of Public Health, telah mengevaluasi data tentang 113.000 pria dan wanita, semua yang minum tiga atau lebih cangkir kopi hari, menemukan bahwa tingkat karsinoma sel basal adalah 20 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali, dan bahwa zat aktif yang dimaksud tampaknya kafein.

Bagaimana cara kafein dalam kopi bisa mencegah perkembangan kanker kulit?

“Kafein dapat membantu tubuh menghilangkan sel-sel kulit yang rusak,” kata Dr. Josh Zeichner, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical Center, New York. “Jika sel-sel ini yang rusak bisa disingkirkan, maka akan sedikit memiliki kesempatan untuk membentuk kanker.”

Temuan ini tampaknya berkorelasi dengan studi 2011 dari Universitas Rutgers yang mengidentifikasi hubungan antara kafein dan pencegahan kanker kulit. Menurut penelitian itu, kafein tampaknya menjadi pengobatan topikal yang efektif untuk melindungi kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan berlebihan atas sinar ultraviolet (UV) matahari.

Akan tetapi, efek samping banyak minum kopi dapat menguras kelenjar adrenalin Anda. Penting untuk diingat bahwa banyak konsumsi kopi dapat berbahaya dan merusak kesehatan. Ada banyak cara lain untuk mencegah kanker kulit, termasuk mendapatkan sinar matahari pagi alami dan menambah suplemen vitamin D.

Konsumsi kopi merangsang produksi adrenalin di dalam tubuh, yang dapat menghabiskan banyak kelenjar adrenalin, menyebabkan kelelahan kronis, hipoglikemia (gula darah rendah), alergi, infeksi kronis, dan masalah lainnya.

Zat adiktif pada kopi menyebabkan penundaan kesembuhan sakit kepala di saat tubuh berusaha menyembuhkannnya. Kebanyakan minum kopi hitam berakhir kelelahan karena cadangan energi terkuras, menyebabkan iritasi, kebingungan, perubahan suasana hati/galau, dan masalah lainnya.

Jika Anda tidak tertarik minum kopi, cobalah melengkapi kebutuhan tubuh dengan 2.000 dan 10.000 ui vitamin D3 per hari. Dan dapatkan vitamin D secara alami dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi setidaknya 10 menit, pada jam 8.00 – 9.00.

Benarkah Minum Kopi Hitam Bisa Mencegah Kanker Kulit?
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: