Penyebab Kanker Melanoma

Apa saja penyebab kanker kulit melanoma ? Sinar radiasi UV matahari adalah agen lingkungan utama yang memicu melanoma. Namun, ukuran panjang gelombang sinar matahari yang tepat yang menyebabkan melanoma tidak diketahui.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan faktor risiko tertentu lebih mungkin daripada yang lain untuk mengembangkan melanoma. Faktor risiko adalah segala sesuatu yang meningkatkan peluang seseorang mengembangkan penyakit. Namun, banyak yang mendapatkan penyakit ini tanpa faktor risiko yang diketahui.

Berikut ini adalah faktor risiko untuk penyebab kanker melanoma:

Tahi lalat

  • Nevi displastik (mola, tahi lalat) adalah kondisi umum, dan banyak orang memiliki beberapa tahi lalat abnormal ini. Risiko melanoma paling besar untuk orang yang memiliki sejumlah besar nevi displastik.

Memiliki banyak tahi lalat lebih dari 50

  • Memiliki banyak tahi lalat meningkatkan risiko mengembangkan melanoma.

Kulit cerah

  • Melanoma terjadi lebih sering pada orang-orang yang memiliki kulit cerah berbintik-bintik (orang-orang ini juga biasanya memiliki rambut merah atau pirang dan mata biru) daripada pada orang-orang dengan kulit gelap.
  • Ras Kaukasia mendapatkan melanoma jauh lebih sering daripada orang kulit hitam, mungkin karena kulit cerah lebih mudah rusak oleh matahari.

Riwayat pribadi

  • Orang yang telah diobati untuk melanoma memiliki risiko tinggi melanoma kedua. Beberapa orang mengembangkan lebih dari dua melanoma.
  • Orang yang memiliki satu atau lebih dari kanker kulit umum (karsinoma sel basal atau karsinoma sel skuamosa) berada pada peningkatan risiko melanoma.

Riwayat keluarga melanoma

  • Melanoma kadang terjadi dalam keluarga. Memiliki dua atau lebih kerabat dekat yang pernah mengalami penyakit ini merupakan faktor risiko.
  • Sekitar 10 persen dari semua pasien dengan melanoma memiliki anggota keluarga dengan penyakit ini. Ketika melanoma berjalan dalam keluarga, dokter akan memeriksa semua anggota keluarga secara reguler.

Sistem kekebalan tubuh lemah

  • Orang-orang yang sistem kekebalannya melemah oleh kanker tertentu, atau oleh obat-obatan yang diberikan setelah transplantasi organ, atau oleh virus HIV berada pada peningkatan risiko mengembangkan melanoma.

Paparan terik matahari

  • Orang-orang yang mengalami alergi setidaknya satu sengatan matahari bisa membuat kulit belang saat usia anak-anak atau remaja, mereka berada pada peningkatan risiko melanoma. Karena itu, dokter menyarankan agar orang tua melindungi kulit anak-anak dari matahari. Perlindungan semacam itu dapat mengurangi risiko melanoma di kemudian hari.
  • Sunburns (kulit belang terbakar matahari) di masa dewasa juga merupakan faktor risiko untuk melanoma.

Radiasi ultraviolet (UV)

  • Para ahli percaya bahwa banyak peningkatan melanoma di seluruh dunia terkait dengan peningkatan jumlah waktu yang dihabiskan orang di bawah sinar matahari. Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah mendapatkan radiasi UV dalam jumlah besar dari matahari.
  • Di Amerika Serikat, misalnya, melanoma lebih umum terjadi di Texas daripada di Minnesota, di mana matahari tidak sekuat di sana. Radiasi UV dari matahari menyebabkan penuaan dini pada kulit dan kerusakan kulit yang dapat menyebabkan melanoma.
  • Sumber radiasi UV buatan, seperti sunlamps dan tanning booth, juga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko melanoma. Dokter mendorong orang untuk membatasi paparan mereka terhadap radiasi UV alami maupun radiasi UV buatan.
Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: