Penyebab Karsinoma Sel Basal

Penyebab Karsinoma Sel Basal

Apa saja faktor resiko penyebab Kanker Sel Basal. Beberapa penyebab karsinoma sel basal di bawah ini mewakili berbagai faktor risiko yang diketahui untuk kanker kulit sel basal. Di bawah ini adalah deskripsi dari empat penyebab karsinoma Sel Basal.

1. Paparan Terhadap Faktor Karsinogenik, termasuk

  • Sinar ultraviolet – Kanker sel basal lebih terkait dengan paparan sinar matahari yang intermiten dan sunburns (belang akibat sinar UV) terutama pada masa kanak-kanak dan remaja.
  • Radiasi pengion seperti radioterapi juga dapat meningkatkan kanker kulit.
  • Bahan kimia seperti arsenik meningkatkan risiko kanker kulit. Paparan biasanya kronis (terus menerus) meski pada konsentrasi rendah.

2. Sindrom Genetik

Ada sejumlah sindrom genetik yang meningkatkan risiko kanker kulit Sel Basal, termasuk xeroderma pigmentosa, yaitu cacat dalam perbaikan DNA. Kondisi ini terkait dengan sensitivitas matahari (alergi), dan risiko kanker kulit non-melanoma hampir 5.000 kali lipat dari populasi normal. Karsinoma sel basal meningkat pada sindrom karsinoma sel basal nevoid serta sindrom Gorlin.

3. Luka kronis

Luka kronis (berulang-ulang) yang tidak diobati seperti bisul kronis dan luka bakar termal, atau luka tak diobati lainnya memiliki peningkatan risiko karsinoma sel basal.

4. Imunosupresi

Individu yang mengalami imunosupresi seperti setelah transplantasi ginjal atau jantung memiliki risiko sepuluh kali lipat untuk kanker sel basal.

Bagikan Pada Temanmu!