Memahami Perbedaan Karsinoma Sel Basal Dan Karsinoma Sel Skuamosa

Memahami Perbedaan Karsinoma Sel Basal Dan Karsinoma Sel Skuamosa

Banyak orang bertanya, apakah perbedaan antara Karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal, dan bagaimana cara membedakannya. Karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal adalah dua jenis kanker kulit yang dibedakan berdasar asal lokasi kanker.

Ke dua nya diklasifikasikan sebagai kanker kulit “non-melanoma”, terbentuk di lapisan atas dan tengah epidermis.Tanda-tanda yang mungkin dari kanker kulit nonmelanoma ini termasuk perubahan yang tidak biasa pada kulit, seperti area nodul kecil, terangkat membentuk benjolan atau tonjolan, tekstur halus kadang kasar, merah dan bersisik.

Karsinoma sel basal

Ini jenis kanker kulit yang paling umum. Sekitar 8 dari 10 kanker kulit adalah karsinoma sel basal. Ketika dilihat di bawah mikroskop, sel-sel kanker terlihat di lapisan terendah epidermis, yang disebut lapisan sel basal.

Kanker ini biasanya berkembang di daerah yang terkena sinar matahari, terutama daerah kepala dan leher. Kanker ini cenderung tumbuh perlahan, tidak bersifat metastastik. Sangat jarang kanker sel basal menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tetapi jika kanker sel basal dibiarkan tanpa perawatan, ia dapat tumbuh ke daerah terdekat dan menyerang tulang atau jaringan lain di bawah kulit.

Jika tidak diangkat sepenuhnya, karsinoma sel basal dapat kambuh (kembali) di tempat yang sama pada kulit. Orang-orang yang memiliki kanker kulit sel basal juga lebih mungkin untuk mendapatkan yang baru di tempat lain.

  • Penyebab. Karsinoma sel basal terjadi ketika salah satu sel basal kulit mengembangkan mutasi pada DNA-nya. Sebagian besar karsinoma sel basal dianggap disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dan tempat tidur tanning.
  • Gejala. Gejala karsinoma sel basal kadang-kadang menyerupai fitur kondisi kulit non-kanker, seperti psoriasis atau eksim. Jenis kanker kulit ini muncul sebagai pertumbuhan atau lesi yang tidak terkontrol dan abnormal kulit. Karsinoma sel basal sering terlihat seperti luka terbuka, bercak merah, pertumbuhan merah muda, benjolan mengkilap, atau bekas luka.
  • Pengobatan. Ada beberapa pilihan perawatan karsinoma sel basal yang tersedia untuk pasien, termasuk: bedah mikrografi Mohs, bedah eksisi, bedah elektro, cryosurgery dan operasi laser. Untuk pilihan pengobatan lain: Radioterapi Superfisial, atau SRT.

Karsinoma sel skuamosa

Sekitar 2 dari 10 kanker kulit adalah karsinoma sel skuamosa. Sel-sel kanker terlihat seperti sel-sel skuamosa abnormal yang terlihat di lapisan luar kulit.

Kanker ini biasanya muncul di area tubuh yang terkena sinar matahari seperti wajah, telinga, leher, bibir, dan punggung tangan. Mereka juga dapat berkembang di bekas luka atau luka kulit kronis. Mereka kadang-kadang mulai dalam keratosis aktinik. Kurang sering, mereka terbentuk di kulit area genital.

Kanker sel skuamosa lebih cenderung tumbuh ke lapisan kulit yang lebih dalam dan bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh daripada bentuk kanker sel basal, namun masih jarang terjadi.

  • Penyebab. Dalam kebanyakan kasus, karsinoma sel skuamosa adalah hasil dari paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari atau tempat tidur tanning. Penyebab lain mungkin termasuk: kulit putih, riwayat sunburns, riwayat pribadi lesi kulit prakanker, atau sistem kekebalan yang melemah.
  • Gejala. Gejala karsinoma sel skuamosa sering muncul sebagai kulit bersisik, teriritasi, atau daging tumbuh mirip dengan kutil.
  • Pengobatan. Perawatan karsinoma sel skuamosa tergantung pada ukuran, lokasi dan agresivitas tumor. Pilihan pengobatan tradisional – termasuk operasi Mohs, yaitu operasi yang melibatkan sayatan memotong jaringan sehat, menyebabkan pemulihan panjang dan bekas luka yang mengubah penampilan.
Memahami Perbedaan Karsinoma Sel Basal Dan Karsinoma Sel Skuamosa
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: