Apa Yang Terjadi Jika Tahi Lalat Menjadi Gatal, Nyeri Dan Berdarah?

Apa Yang Terjadi Jika Tahi Lalat Menjadi Gatal, Nyeri Dan Berdarah?

Haruskah Anda khawatir jika tahi lalat menjadi gatal, berdarah atau nyeri? Apa yang menyebabkan tahi lalat menjadi gatal, berdarah dan sering menyakitkan? Tahi lalat gatal dan berdarah sebenarnya kanker kulit dengan pembuluh darah abnormal atau gangguan integritas kulit. Tahi lalat yang gatal mungkin disebabkan kondisi seperti eksim dan dermatitis.

Namun bisa jadi, itu mungkin juga disebabkan karena ujung saraf teriritasi oleh sel kanker. Demikian pula, tahi lalat yang menyakitkan meski tanpa luka atau cidera kecil bisa jadi dia mungkin menyimpan sel kanker. Mintalah bantuan medis atau dermatologist jika gejala ini tidak hilang setelah 2 minggu.

  • Apa itu tahi lalat?

Tahi lalat terdiri dari kumpulan sel hidup yang disebut melanosit. Kumpulan melanosit ini biasanya berada di batas antara lapisan atas kulit, yang disebut Epidermis, dan lapisan bawah yang disebut Dermis. Ketika sebuah tahi lalat berkembang, ia tumbuh di antara struktur kulit yang ada tersebut.

  • Apa saja yang ada di dalam tahi lalat?
    • Pembuluh darah – memberikan nutrisi dan penghilangan kotoran.
    • Serabut saraf kecil – memungkinkan kita untuk memiliki sensasi rasa.
    • Sel-sel sistem kekebalan tubuh – membantu menangkis setiap penyusup seperti bakteri.
    • Kelenjar minyak – terdiri dari kelenjar keringat dan folikel rambut.
  • Apa itu Melanosit?

Melanosit adalah sel yang memproduksi pigmen. Mereka menghasilkan melanin, memberikan warna alami pada kulit kita. Ketika melanosit mendapatkan radiasi UV, seperti sinar matahari, sel-selnya akan memproduksi lebih banyak melanin dalam upaya untuk memberikan perlindungan dari radiasi UV tersebut.

  • Apa yang menyebabkan tahi lalat berdarah?

Kadang, luka kecil atau trauma bisa membuat kulit atau tahi lalat berdarah. Ini mungkin terjadi secara tidak sengaja seperti pemotongan rambut saat cukur. Sayang, jika tahi lalat yang berdarah dengan cidera kecil, ini memberitahu kita bahwa permukaan kulit telah melemah atau pembuluh darah di bawah kulit sangat rapuh. Perubahan atau pertumbuhan kanker dapat menyebabkan perubahan pada struktur kulit.

  • Apa yang menyebabkan tahi lalat menjadi gatal?

Gatal adalah sensasi yang ditransmisikan oleh ujung saraf kecil di dalam lapisan kulit. Kondisi kulit paling umum yang menyebabkan tahi lalat terasa gatal adalah penyakit kulit seperti dermatitis dan reaksi alergi, dan kadang gigitan serangga.

Namun, pertumbuhan abnormal dalam mol atau melanoma juga dapat mengaktifkan serabut saraf gatal ini. Oleh karena itu, jika tahi lalat mulai gatal tanpa sebab yang diketahui, saatnya Anda untuk waspada. Jika gatal berlangsung selama lebih dari 2 minggu maka Anda harus segera minta pentunjuk medis.

  • Apa yang menyebabkan tahi lalat menjadi nyeri?

Mirip dengan rasa gatal, nyeri atau sakit disinyalkan oleh serabut saraf di kulit. Setiap cedera pada tahi lalat bisa menyebabkan sakit. Kondisi ini harus ditangani dengan sangat cepat dalam beberapa hari.

Jika tidak ada cedera yang diketahui dan rasa sakit berlanjut lebih 2 minggu, maka Anda harus menjalani pemeriksaan oleh dokter Kulit atau dermatologist terlatih.

  • Apa yang menyebabkan tahi lalat berubah menjadi merah?

Mol atau bercak merah adalah hasil dari peningkatan suplai darah ke tahi lalat. Sekali lagi ini mungkin sebagai akibat trauma. Namun mungkin itu pertanda pertumbuhan pembuluh darah abnormal untuk menjadi kanker kulit.

Merah adalah warna yang memprihatinkan dalam tahi lalat, karena biasanya tidak ditemukan pada warna tahi lalat normal. Tentu saja ada bintik-bintik merah seperti “haemangioma”, ini bukan tahi lalat sebenarnya, akan tetapi itu bisa jadi pertumbuhan pembuluh darah non- kanker.

Jika Anda memiliki tahi lalat yang telah menjadi merah, gatal, berdarah, dan menyakitkan, itu adalah gejala yang tidak boleh Anda abaikan. Itu mungkin gejala melanoma. Carilah penilaian dermoscopy oleh dokter kulit terlatih, sesegera mungkin.

Apa Yang Terjadi Jika Tahi Lalat Menjadi Gatal, Nyeri Dan Berdarah?
5 (100%) 1 vote
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!