Ancaman Tersembunyi Bahan Kimia Tatoo Menyebabkan Kanker Kulit

Ancaman Tersembunyi Bahan Kimia Tatoo Menyebabkan Kanker Kulit

Dewan Kanker Di Australia telah memperingatkan bahwa tato dapat menutupi kanker kulit dan mencegah diagnosis dini, dan bahwa beberapa tinta tato sebenarnya mengandung zat-zat kimia yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Banyak kesalahpahaman diantara orang-orang bahwa tato dapat melindungi kulit dari kanker. Mereka keliru dan percaya bahwa tinta bertindak sebagai perisai fisik antara sel-sel kulit dan radiasi UV, mereka beropini bahwa cat pewarna tatoo mirip dengan tabir surya.

Pada kenyataannya, tinta tato tidak melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, tinta dapat menutupi tahi lalat yang mencurigakan dan membuat mereka jauh lebih sulit untuk dilihat, mengarah ke diagnosis tertunda karena ada beberapa perubahan tidak bisa terlihat, sehingga indikasi kanker kulit sulit ditemukan dengan mudah. Diagnosis tertunda bisa menyebabkan prognosis yang lebih buruk untuk pasien.

“Warna pigmen tato di kulit Anda mungkin membuat sulit bagi seorang dokter untuk secara akurat mendeteksi kanker, menunda diagnosis melanoma atau kanker kulit lainnya, termasuk karsinoma sel basal atau sel skuamosa” kata Manager Cancer Council NSW, Shayne Connell.

Kekhawatiran juga muncul tentang racun tinta tato bisa berjalan di dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa nanopartikel dari tinta tato, termasuk kromium dan nikel, dapat melakukan perjalanan di dalam tubuh dan terakumulasi di dalam kelenjar getah bening, dimana ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Meskipun belum ada kasus kanker kulit yang dilaporkan yang secara langsung disebabkan oleh tato, bukti menunjukkan bahwa beberapa tinta tato mengandung karsinogen. Karsinogen adalah pemicu kanker. Komponen berbahaya tersebut termasuk barium, tembaga, merkuri, amina dan berbagai zat pewarna.

Orang-orang yang memiliki tato dianjurkan untuk terus mengawasi kulit di bawah tato mereka dan menemui dokter jika mereka melihat adanya lesi baru atau perubahan di kulit mereka. Untuk mengetahui lebih detail, silakan baca halaman terkait waspada kanker kulit di ABCDE kanker kulit.

Ancaman Tersembunyi Bahan Kimia Tatoo Menyebabkan Kanker Kulit
5 (100%) 2 votes
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!